contoh job description staff keuangan

Contoh Job Description Staff Keuangan Yang Perlu Diketahui


Notice: Undefined index: titleWrapper in /var/www/html/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/modules/schema/blocks/toc/class-block-toc.php on line 103

Contoh job description staff keuangan sangat perlu diketahui bagi para pekerja. Karena jenis pekerjaan ini memiliki posisi yang sangat penting di sebuah perusahaan, maka dari itu jangan sesekali salah dalam pengertiannya.

Karena fakta yang telah terjadi adalah apabila perusahaan salah dalam pemilihan orang yang bekerja dibidang ini. Maka hasil yang akan didapatkan adalah kegagalan di perusahaan tersebut.

Mengingat pentingnya jenis pekerjaan ini untuk dilakukan, maka dari itu akan lebih baik jika dipahami mulai dari pengertian, tugas, dan segala hal di dalamnya. Dengan begitu akan mengurangi tingkat kesalahan yang mungkin terjadi.

Bagaimana Pengertian Staff Keuangan?

Sebelum membahas mengenai contoh job description staff keuangan sebelum itu, pahami dulu pengertian dari staff keuangan itu sendiri. Sebagai orang yang hendak bekerja dibidang ini harus memahami mulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian dari staff keuangan adalah seperti namanya yakni keuangan, maka pekerjaannya adalah mengenai keuangan juga. Jadi pekerja yang ada di bidang ini akan menangani keuangan suatu perusahaan tertentu.

Karena memegang keuangan, oleh sebab itu pemilihan dari jenis pekerjaan ini perlu dilakukan secara hati-hati. Jangan sampai salah dalam memilih pekerja, karena seperti yang telah dijelaskan di awal bisa menjadi awal kehancuran dari perusahaan.

Melihat pentingnya peran seorang staff keuangan di perusahaan, maka sudah jelas bahwa jenis pekerjaan ini tidak bisa diabaikan dan harus dipilih sesuai dengan kualitas dan spesifikasi yang sesuai dengan standar.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Akuntansi Selain Menjadi Akuntan

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Agar tidak salah dalam pemilihannya, maka selain memahami contoh job description staff keuangan. Anda juga perlu mengetahui bagaimana kemampuan yang kiranya harus dimiliki.

Kemampuan ini harus dimiliki dan dikuasai bagi mereka yang hendak memulai menjadi staff keuangan. Meskipun sebenarnya kemampuan ini bisa didapatkan dan dimiliki oleh siapapun asalkan ada keinginan untuk mempelajarinya.

Setidaknya memiliki kemampuan yang cukup itu bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi pekerja yang hendak melamar menjadi staff keuangan. Karena itu bisa menjadi bukti kualitas diri yang sebenarnya.

–          Kemampuan dibidang akuntansi

–          Kemampuan dibidang matematika dan statistik

–          Kemampuan pemecahan masalah

–          Kemampuan microsoft excel

–          Kemampuan manajemen data, dll

Dengan memiliki beberapa kemampuan yang telah diuraikan tersebut, itu akan memudahkan dalam memulai jenis pekerjaan ini. Namun jangan khawatir jika belum memilikinya, karena beberapa kemampuan itu masih bisa didapatkan dengan mempelajarinya.

Baca juga: Ciri-Ciri Perusahaan dengan Keuangan Sehat dan Strateginya

Contoh Job Description Staff Keuangan

Apabila memiliki kemampuan tersebut, dengan begitu mengetahui contoh job description staff keuangan akan menjadi pelengkap yang cukup baik. karena jika memiliki seluruh informasi tersebut bisa memudahkan dalam memulai jenis pekerjaan ini.

Dengan mengetahui bagaimana contoh dari job staff keuangan, maka bisa menjadi gambar yang sesuai. Terutama bagi Anda yang memang belum pernah memulai jenis pekerjaan ini sebelumnya.

Dengan mengetahui bagaimana contohnya, pastinya itu akan memudahkan bagi orang yang hendak memulai karir di bidang ini. Pastinya hal ini juga berlaku bagi mereka yang akan memulai menjadi staff keuangan.

1. Pemeriksaan dan Pembuatan Laporan Keuangan

Sebagai staff keuangan, sudah pasti jika ditanya mengenai contoh job description staff keuangan tidak jauh dari pemeriksaan dan pembuatan laporan keuangan itu sendiri. Karena ini merupakan hal penting dan juga dasar dari jenis pekerjaan ini.

Sebagai orang yang akan melakukan pemeriksaan dan pembuatan laporan keuangan harus dilakukan dengan baik dan sempurna. Tentunya harus meminimalisir segala kesalahan yang bisa saja terjadi.

2. Melakukan Pembayaran Tagihan

Pekerjaan ini juga mewajibkan untuk melakukan pembayaran tagihan tertentu. Pada intinya segala hal yang berkaitan dengan keuangan harus dilakukan oleh staf keuangan.

Jadi bagaimana pengeluaran dan pemasukan dari perusahaan semuanya secara keseluruhannya harus ada catatannya. Dengan begitu tidak akan ada kesalahan dan dana hilang yang bisa merugikan perusahaan.

3. Melakukan Budgeting Dan Analisis

Terakhir adalah melakukan aktivitas budgeting dan analisis. Tentunya hal ini menjadi contoh job description staff keuangan selanjutnya yang harus dimiliki oleh setiap pekerja yang akan menekuni bidang ini.

Keduanya harus dilakukan dengan baik dan memastikan tidak adanya kesalahan juga penting dilakukan. Karena dengan begitu bisa menciptakan peluang perusahaan menjadi lebih baik lagi dalam manajemen keuangannya.

Baca juga: 8 Jenis Metode Analisis Data Seorang Analyst yang Dapat Anda Ketahui

Maka dari itu setelah mengetahui pengertian, lalu kemampuan yang harus dimiliki juga. Jangan sampai lupa juga untuk memahami bagaimana contoh job description staff keuangan itu sendiri agar tidak salah penerjemahan.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!