Cara Mencari Karyawan Online

Cara Mencari Karyawan Online untuk Perusahaan Anda. Ini 4 Cara Jitunya!

Di era digital ini, terlebih setelah pandemi muncul, kegiatan perekrutan memang lebih condong ke arah online recruitment dibandingkan dengan offline.

Di sinilah HRD ataupun pelaku bisnis harus menyusun strategi khusus dalam pemaksimalan cara mencari karyawan online. 

Pencarian kandidat tentu bukan sesuatu yang mudah. Banyak cara untuk menyebarkan informasi mengenai lowongan kerja yang sedang dibuka oleh perusahaan/usaha Anda.

Namun berikut adalah 4 cara mencari karyawan online yang paling efisien menurut Pintarnya.

Cara Jitu Mencari Karyawan Melalui Online

1. Menggunakan akun media sosial perusahaan Anda

Lewat akun media sosial, jangkauan ke masyarakat umum akan semakin mudah, terlebih  jika sejak awal perusahaan Anda telah membangun follower di akun-akun tersebut.

Kanal yang dapat Anda manfaatkan adalah antara lain:

  1. Instagram
  2. Facebook
  3. LinkedIn

Jangan lupa saat menginfokan lowongan kerja, Anda juga memanfaatkan hashtag atau tagar yang relevan seperti #loker #lowongankerja #lowongankerjajabodetabek #lowongankerjakasir.

Manfaatkan tagar sesuai dengan area perusahaan dan lowongan yang sedang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan akun media sosial personal atau karyawan internal perusahaan Anda.

Semakin luas jangkauannya, semakin mudah mendapatkan kandidat yang tepat.

2. Menitipkan loker di akun media sosial komunitas

    Salah satu cara mencari karyawan online adalah dengan memanfaatkan akun media sosial komunitas yang memang bertujuan untuk menyebarkan informasi lowongan kerja.

    Jangkauan follower akun-akun ini biasanya mencapai lebih dari 1juta pengikut. Namun tentu cara mencari pekerja online yang satu ini tidak gratis.

    Ada biaya tertentu untuk pemasangan iklan loker yang Anda butuhkan. Harganya pun beragam, tergantung seberapa populer akun tersebut.

    Baca juga: 3 Contoh Job Description Telemarketing dan Skillnya

    3. Melalui situs/website resmi perusahaan

    Cara mencari pekerja online yang satu ini merupakan cara yang paling dianggap kredibel oleh pencari kerja. Mengapa begitu?

    Karena pencari kerja lebih yakin akan keabsahan lokernya, sebab terpasang langsung di kanal resmi dengan berbagai informasi lengkap mengenai perusahaan Anda.

    Tentu untuk mencoba cara yang satu ini, perusahaan harus mengeluarkan upaya lebih dalam memperbaiki atau menambahkan fitur info loker dan lamaran langsung di situs.

    Tim IT/Web Developer perusahaan Anda harus meluangkan waktu untuk menambahkan fitur tersebut.

    Baca juga: Cara membuat iklan lowongan kerja untuk menemukan karyawan yang pas

    4. Pasang loker di job platform tepercaya

    Cara paling efektif untuk mencari karyawan online adalah dengan memanfaatkan Job Platform tepercaya dengan jangkauan pencari kerja yang luas serta sistem yang mudah digunakan.

    Nilai plus apabila Job Platform tersebut diawasi oleh KOMINFO dan juga menggunakan teknologi terkini.

    Memasang loker di Pintarnya tidak hanya memberikan jangkauan sekadar di website/aplikasi Pintarnya, namun juga ke lebih dari 2 juta pencari kerja di seluruh jangkauan akun sosial media Pintarnya.

    Selain itu, Pintarnya menggunakan sistem automasi CV berbasis AI (Artificial Intelligence) di mana Anda dapat langsung mendapatkan rekomendasi kandidat yang spesifik sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan Anda. 

    Pintarnya memberikan layanan rekrutmen menyeluruh, mulai dari pencarian kandidat, assessment test, hingga pengecekan latar belakang.

    Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!