10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Cara Mencari Karyawan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UMKM)

Pencarian kandidat atau perekrutan calon karyawan merupakan hal yang krusial, tidak hanya untuk perusahaan besar, namun juga untuk pemilik bisnis berskala kecil atau UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi UMKM untuk menemukan cara mencari karyawan untuk usaha kecil, dikarenakan sumber daya manusia dan biaya yang terbatas. 

Lalu bagaimana cara mencari karyawan berkualitas untuk memulai bisnis kecil atau UMKM? Berikut 5 langkah mudah mencari karyawan untuk Anda pelaku bisnis atau pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)!

  1. Pastikan anggaran bisnis Anda

Sebelum memulai pencarian kandidat untuk bisnis atau usaha Anda, pastikan terlebih dahulu anggaran untuk karyawan baru ini telah dihitung dengan matang. Jangan sampai dengan perekrutan karyawan baru ini, justru malah menghambat atau merugikan perputaran uang di bisnis Anda.

Setelah memastikan anggaran sudah terkunci dengan baik, maka Anda dapat langsung memprioritaskan lowongan mana saja yang diperlukan segera dan yang masih bisa ditunda.

  1. Pasang loker di platform tepercaya

Jika Anda telah memastikan lowongan pekerjaan apa saja yang Anda butuhkan, Anda dapat melanjutkan untuk menjabarkan deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab untuk jabatan tersebut. Ketika sudah ditetapkan, Anda bisa langsung memasang  iklan loker tersebut di platform tepercaya, yang diawasi oleh KOMINFO dan tanpa dipungut biaya seperti Pintarnya. Cukup isi data yang diperlukan, Anda langsung akan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

  1. Cari tahu hak dan kewajiban pekerja

Dalam mencari karyawan untuk usaha kecil, Anda perlu memahami hak dan kewajiban pekerja yang sesuai dengan undang-undang atau aturan pemerintah agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan. Pahami hal-hal seputar Upah Minimum Regional (UMR), BPJS kesehatan/ketenagakerjaan, asuransi, cuti, upah lembur, dan lain sebagainya.

  1. Persiapkan wawancara sematang mungkin

Wawancara merupakan tahap yang penting dalam menentukan kecocokan kandidat dengan usaha/perusahaan Anda. Siapkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu Anda lebih mengenali kandidat. Selain itu juga Anda dapat mengetahui kebenaran pengalaman kerja kandidat serta apakah kepribadiannya cocok dengan visi dan misi usaha Anda. (Cek di sini untuk mempersiapkan wawancara – hyperlink to artikel wawancara)

  1. Lakukan pelatihan saat karyawan baru memulai kerja

Untuk meminimalisir kemungkinan kesalahan dalam bekerja ataupun miskomunikasi dalam keseharian usaha Anda, pastikan Anda mempersiapkan pelatihan saat karyawan yang baru Anda pekerjakan memulai kerja di bisnis/usaha Anda. Ajarkan koordinasi sehari-hari dan tanggung jawab karyawan paling tidak dalam waktu 1 minggu pertama mereka memulai kerja.

Itulah 5 langkah cara mencari karyawan untuk usaha kecil, yang ditujukan untuk Anda pelaku bisnis atau pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menurut Pintarnya. Semoga berhasil dan semoga bisnis Anda sukses ke depannya!

Tip: Jika Anda bingung ingin memasang loker di mana, Pintarnya for Employers memberikan kemudahan tidak hanya untuk perusahaan, namun juga untuk pelaku bisnis, pemilik usaha maupun UMKM melalui platform yang intuitif dan mudah digunakan. Anda dapat memasang iklan lowongan pekerjaan untuk mencari karyawan untuk bisnis kecil atau UMKM Anda, GRATIS, tanpa dipungut biaya. Pasang loker sekarang di sini!

Bagikan Artikel: