10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

man and woman smiling inside building

4 Cara Mencari Pekerja untuk Bisnis atau Perusahaan Anda

Apakah perusahaan Anda sedang membuka banyak lowongan pekerjaan dan membutuhkan tenaga kerja baru? Apakah Anda kesulitan dalam mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan/bisnis Anda?

Berikut adalah 4 cara mencari pekerja terbaik untuk bisnis atau perusahaan Anda menurut Pintarnya!

  1. Sosial Media

Di era digital ini, tentu sosial media berperan penting dalam strategi pemasaran, baik untuk mengiklankan jasa atau produk yang perusahaan Anda tawarkan, maupun untuk membangun citra dan persona perusahaan. Dengan luasnya jangkauan yang sosial media tawarkan, maka menggunakan platform ini sebagai salah satu cara mencari pekerja yang efisien.

Anda dapat memasang iklan untuk lowongan pekerjaan Anda di berbagai platform sosial media seperti:

  • LinkedIn
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter

Jangkauan pencari kerja akan sangat tinggi, namun kualitas pelamar/kandidat tidak dapat diperkirakan.

  1. Job Fair

Salah satu cara untuk mencari pekerja yang paling mudah dilakukan adalah dengan berpartisipasi dalam sebuah Job Fair yang ada di kota Anda. Tentu mendaftarkan perusahaan untuk mengikuti Job Fair membutuhkan biaya. Namun eksposur terhadap para pencari kerja juga sangat besar, jadi seimbang dengan biaya yang telah Anda keluarkan. Pengunjung Job Fair dapat mencapai jumlah puluhan ribu, tergantung lokasi dan penyelenggara acaranya.

  1. Website Perusahaan

Jika bisnis/perusahaan Anda memiliki situs/website resmi, membuat laman khusus untuk menginformasikan lowongan pekerjaan yang perusahaan Anda butuhkan langsung di situs resmi Anda merupakan salah satu cara mencari pekerja yang efisien. Selain kredibilitasnya lebih terjamin, pencari kerja juga dapat langsung mencari tahu informasi dasar, latar belakang, dan sejarah dari perusahaan atau bisnis Anda.

Tentu dalam pemasangan laman khusus ini membutuhkan effort lebih dari tim IT atau web developer perusahaan Anda. Namun ini merupakan salah satu cara sourcing yang paling efisien, karena data pelamar bisa langsung masuk ke sistem situs Anda.

  1. Job Seeking Platform

Kini, tidak hanya ada marketplace untuk produk dan jasa, namun telah tersedia marketplace untuk lowongan pekerjaan, di mana pencari kerja dapat langsung mencari dan melamar kerja yang telah diiklankan oleh pemilik usaha/perusahaan dalam satu platform. Salah satunya adalah Pintarnya.

Tak hanya untuk pemasangan lowongan kerja, pemilik usaha/perusahaan dapat juga dengan mudah menyaring pekerja yang telah melamar melalui sistem otomasi berbasis AI (artificial intelligence) melalui platform Pintarnya for Employers yang intuitif dan mudah digunakan. Pintarnya juga menawarkan layanan rekrutmen lengkap lainnya selain pencarian kandidat, yaitu:

  • Assessment Test: Perusahaan dapat memastikan kemampuan kerja dan kapabilitas kandidat melalui tes penilaian yang komprehensif, dan dapat diintegrasikan dengan kebutuhan perusahaan.
  • Background Check: Layanan pengecekan latar belakang dan data personal kandidat untuk menjamin kualitas dan keabsahan data kandidat.

Cara mencari pekerja untuk bisnis atau perusahaan Anda yang paling efisien? Bergabung bersama Pintarnya dan nikmati efisiensi proses rekrutmen kandidat bersama kami!

Bagikan Artikel: