contoh job description telemarketing

3 Contoh Job Description Telemarketing dan Skillnya

Sudah tahu apa saja contoh job description telemarketing? Beberapa orang mungkin merasa kebingungan dengan kata telemarketing, karena kata tersebut cukup asing didengarkan. Tetapi jika kamu sudah berkecimpung di dunia perusahaan, tentu pekerjaan telemarketing sudah bukan hal yang asing.

Setiap perusahaan memiliki berbagai macam cara untuk membantu meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menggunakan strategi telemarketing. Sekalipun saat ini sudah di serba digital, tetapi telemarketing sering dianggap menjadi strategi yang ampuh ketika digunakan dalam pemasaran.

Beberapa perusahaan masih menggunakan strategi telemarketing agar bisnisnya tetap berjalan lancang kedepannya. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang telemarketing, paling tidak harus memahami apa tugasnya  sehingga bisa lebih maksimal dalam pekerjaan.

Mengenal Apa itu Telemarketing?

Dalam marketing merupakan salah satu strategi marketing yang menawarkan produk maupun jasa kepada para pelanggan melalui telepon. Seseorang yang melakukan strategi ini akan disebut sebagai telemarketer. Telemarketing digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk maupun jasa kepada para pelanggan melalui panggilan telepon.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa strategi pemasaran menggunakan telemarketing sebenarnya memiliki kesan mengganggu pelanggan. Hal ini tentu bisa mengganggu Jika dilakukan melalui panggilan spam. 

Namun hal ini bisa dihindari jika Anda dapat mengidentifikasi calon pembeli secara potensial dan menawarkan produk maupun jasa kepadanya secara detail, tentu para pembeli bisa menyukai dan membeli produk yang Anda tawarkan. Produk maupun jasa bisa saja terjual jika Anda memahami dengan baik contoh job description telemarketing.

Memahami Contoh Job Description Telemarketing

Jika tertarik untuk menjadi seorang telemarketer, kamu harus memahami terlebih dahulu tanggung jawab dan tugas dari telemarketing dengan baik. 

Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kualitas kerja dan meningkatkan penjualan perusahaan. Berikut ini beberapa job description dalam marketing yang harus dipahami;

1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Job description pertama yang harus dimiliki oleh telemarketing adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Kemampuan berkomunikasi menjadi tugas utama seorang telemarketer dan harus diaplikasikan kepada para pelanggan.

Komunikasi dalam telemarketing Sebenarnya cukup luas, mulai dari menerima pesanan, menjawab pertanyaan dari para pelanggan, mengatasi kekhawatiran pelanggan terkait produk yang ditawarkan, serta memberikan saran kepada pelanggan.

Contoh job description telemarketing yang satu ini penting dimiliki. Jika tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, maka akan sulit untuk menjalankan tugas sebagai seorang telemarketer. 

2. Melakukan Follow Up

Contoh job description telemarketing selanjutnya yang wajib dilakukan oleh telemarketing adalah melakukan follow up. Follow up merupakan tugas yang harus dilakukan secara maksimal. Caranya dengan menanyakan kepada pelanggan terkait keinginan untuk membeli produk maupun jasa yang ditawarkan.

Tidak semua pelanggan langsung memutuskan untuk membeli produk barang maupun jasa yang ditawarkan. Sebagai seorang telemarketing memang harus memahami hal tersebut dan lebih sabar. Namun tetap melakukan follow up untuk mengetahui apakah minat pelanggan terhadap produk tersebut masih ada atau tidak.

3. Menerima Feedback

Contoh job description telemarketing selanjutnya adalah menerima feedback di mana setiap pelanggan tentu memiliki kritik maupun saran yang ingin disampaikan terkait produk. Sebagai seorang telemarketer ternyata kamu memiliki tugas untuk menerima feedback tersebut dengan baik. 

Setelah semua feedback dari para pelanggan ditampung dengan baik, setelah itu serahkan kepada atasan untuk menjadi bahan pengembangan produk. Perusahaan bisa meningkatkan kualitas produk dari beberapa feedback yang ditampung oleh telemarketer.

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Telemarketing

Tidak hanya mengetahui contoh job description telemarketing, tetapi kamu juga harus memiliki beberapa kemampuan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, seperti berikut;

  1. Memiliki kemampuan untuk problem solving kuat agar bisa mengatasi semua masalah pelanggan dengan baik.
  2. Telemarketing harus memiliki multitasking dimana mampu menjalankan tugas sehari-hari, seperti mengecek email, membuat catatan, serta melakukan panggilan secara bersamaan.
  3. Telemarketing juga memiliki kemampuan listening yang baik. Setidaknya Anda akan mendengarkan cerita yang baik dan memahami apa yang diinginkan oleh konsumen.

Berbagai macam skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi telemarketing. Menjadi telemarketing memang tidak mudah namun, hal tersebut bisa dipelajari. Paling tidak kamu sudah memahami apa saja contoh job description telemarketing yang bisa menjadi acuan untuk proses pembelajaran. 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!