ciri-ciri perusahaan dengan keuangan sehat

Ciri-Ciri Perusahaan dengan Keuangan Sehat dan Strateginya

Sebagai pengusaha Anda harus tahu ciri-ciri perusahaan dengan keuangan sehat agar bisa semakin berkembang. Sebuah bisnis tentu punya alur kas maupun laporan financial secara jelas dan benar.

Dari laporan itulah nantinya bisa dilihat bagaimana perkembangan usaha serta laba yang didapatkan. Walaupun di sebuah perusahaan perputaran uang pastinya terus terjadi dan tiap bulan harus membayar tagihan dan gaji.

Tentunya semua itu harus dilakukan tepat waktu, namun belum tentu juga bisnis yang dijalankan tersebut keadaan finansialnya sedang baik. Penting kiranya mengetahui bagaimana kondisi keuangan sebuah perusahaan yang dikelola.

Anda harus tahu apakah strategi yang dipakai sudah tepat atau harus mengubah mencari cara baru agar keuntungan makin besar. Selain itu pengusaha juga bisa mengembangkan strategi apabila sudah pas langkah sebelumnya.

Ciri-Ciri Perusahaan dengan Keuangan Sehat

Para investor tentunya juga ingin tahu bagaimana kondisi finansial sebuah bisnis sebelum menanamkan sahamnya di sana. Lantas apa saja ciri finansial sebuah perusahaan yang sehat? Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan

Pendapatan stabil tiap bulannya merupakan finansial sehat dalam perusahaan. Hal itu hanya terjadi apabila pemasukkannya tidak lebih dari pengeluaran, namun permasalahannya income besar pasti outcome-nya juga tinggi.

Sehingga Anda harus pintar membuat strategi supaya pengeluaran bisa setingkat labanya. Apabila profit naik sampai 4% selama kurun waktu tertentu, maka pastikan pengeluaran juga tidak lebih 4% pada waktu itu.

  1. Punya dana cadangan

Untuk ciri-ciri perusahaan dengan keuangan sehat selanjutnya ini memang membuat seseorang jadi makin siap. Mungkin Anda sekarang percaya diri dengan usaha yang sedang dijalankan, terutama untuk masa depan perusahaan nantinya.

Hal tersebut ditandai dengan naiknya jumlah customer, mendapatkan dana dari para investor, serta profit meningkat. Namun meskipun demikian, tidak ada yang bisa benar-benar menjamin bagaimana keadaan bisnis nantinya.

Misalnya saja tiba-tiba ada klien yang membatalkan kontrak dan ini akan mengubah keadaan bisnisnya. Jadi finansial perusahaan dikatakan sehat apabila sudah punya dana cadangan untuk dipakai saat tidak terduga

  1. Saldo uang tunai berkembang

Umumnya keuntungan yang didapatkan akan diinvestasikan keusahanya supaya lebih berkembang. Namun Anda juga harus tahu jika itu membuat saldo uang tunai jadi berkurang walaupun aset tambah.

Jika terus terjadi, maka ketika memerlukan uang tiba-tiba, pasti menghutang dan harus dilunasi. Ini akan membuat bisnis tidak bertahan lama, jadi ciri-ciri perusahaan dengan keuangan sehat ialah saldo tunai bertambah.

  1. Ratio hutang rendah

Anda harus memperhatikan dua rasio dalam bisnis yakni rasio hutang terhadap aset dan utang terhadap ekuitas. Jadi pastikan ratio utang kecil dan menjaga kedua ratio tersebut dalam rentang 1:2.

Strategi Atur Keuangan Bisnis Ampuh

Tentunya agar tidak rugi dan bangkrut, maka beberapa strategi mengatur finansial harus diperhatikan. Beberapa ini bisa membantu Anda untuk menjaga supaya keuangan perusahaan tetap sehat.

  1. Buat laporan Keuangan

Mencatat laporan kas dengan rapi ini mempermudah menelusuri apa saja yang membuat boros atau pengeluaran terbanyak. Laporan keuangan ini juga dapat dijadikan panduan untuk mengambil keputusan mengenai finansial dalam bisnis.

  1. Tentukan porsi finansial

Setelah tahu ciri-ciri perusahaan dengan keuangan sehat, strategi yang baiknya dilakukan ialah dengan menentukan porsinya. Artinya Anda harus bagi semua jumlah pemasukan untuk keperluan perusahaan, jadi harus tahu porsi kebutuhannya.

  1. Pembukuan rapi

Ini bisanya digunakan perusahaan besar karena pengelolanya juga ahli. Jika ada pembukuan, maka semua transaksi akan tercatat, baik pemasukan atau pengeluaran agar keuangan perusahaan dapat selalu terpantau

  1. Kurangi risiko

Ini bisa dilakukan dengan hindari hutang karena ada beban bunga yang harus dibayar per bulannya. Jika ini berlanjut, maka profit perusahaan tidak bisa dikelola karena harus membayar hutang. 

  1. Kas terkontrol

Ini merupakan strategi penting, kas dan profit berbeda, di mana kas ini merupakan uang yang dimiliki sekarang. Anda harus tahu apa ciri-ciri perusahaan dengan keuangan sehat agar bisa menerapkan strateginya.

Apabila sebuah perusahaan masih berhutang untuk memenuhi biaya operasionalnya atau kebutuhan lain. Itu artinya sedang tidak sehat kondisinya dan harus diperbaiki secepat mungkin dengan memanajemen keuangan.

Tanda perusahaan yang sehat finansialnya memang harus diketahui semua orang, baik karyawan atau pemilik usaha sendiri. Jadi pastikan bisnis yang Anda jalankan sudah memenuhi ciri-ciri perusahaan dengan keuangan sehat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.