propek kerja jurusan kuliah akuntansi

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Akuntansi Selain Menjadi Akuntan

Prospek kerja jurusan kuliah akuntansi sering dipertanyakan banyak orang, khususnya bagi Anda yang baru saja lulus SMA sehingga ingin melanjutkan pendidikannya menuju jenjang lebih tinggi. Salah satu jurusan diminati banyak orang untuk kuliah saat ini adalah akuntansi.

Banyak orang beranggapan jika berkuliah disini hanya dapat bekerja sebagai akuntan saja, sesuai dengan nama jurusannya. Namun seiring berkembannya zaman terdapat berbagai prospek pekerjaan di bidang tersebut selain akuntan, sehingga memiliki jenjang tersendiri.

Walaupun materi perkuliahan didalamnya selalu berkutat pada dunia akuntan, namun Anda tidak hanya dapat bekerja menjadi akuntan saja. melainkan masih terdapat jenjang karier yang begitu luas, terlebih jika Anda memutuskan untuk berkuliah didalam jurusan akuntansi ini.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Akuntansi

Di dalam jurusan tersebut terdapat berbagai materi perkuliahan yang bersinggungan secara langsung didalam dunia keuangan, walau begitu kaitan materi pembelajarannya hampir sama dan menyerupai dengan manajemen keuangan. Namun terdapat beberapa perbedaan.

Jika berkuliah didalam manajemen keuangan, mahasiswa akan dilatih untuk berfokus pada bagian kesehatan laporan keuangan setiap perusahaan. Namun didalam akuntansi sendiri, mahasiswa lebih berfokus pada bidang perhitungan keuangan seperti pajak milik perusahaan.

Karena bersinggungan dengan hal cukup vital dalam berjalannya sebuah perusahaan, banyak orang berminat untuk melanjutkan studinya didalam bidang tersebut. Karena hal itulah yang menyebabkan banyak orang membutuhkan prospek kerja jurusan kuliah akuntansi terbaru.

1. Internal Auditor

Prospek bekerja didalam perkuliahan akuntansi tidak selalu menjadi akuntan saja, Anda juga bisa menjadi seorang internal auditor. Dimana auditor memliki peranan serta fungsi penting untuk mengatur berjalannya perusahaan, supaya perusahaan tersebut tetap menjadi sehat.

Didalam pekerjaan ini Anda sebagai auditor biasanya diminta untuk mengaudit beragam laporan di perusahaan, umumnya adalah laporan keuangan dan kegiatan dari perusahaan itu. Oleh sebab itu hal ini menjadi prospek kerja jurusan kuliah akuntansi selain akuntan.

Namun jika Anda memilih untuk menjadi internal auditor, terdapat beberapa perbedaan dari pada menjadi seorang auditor pada umumnya. Perbedaan mendasar terletak didalam pihak yang berkaitan, dimana Anda hanya perlu mengaudit pihak internal dari perusahaan saja.

2. Assitant Controller

Prospek kerja jurusan kuliah akuntansi tidak hanya mengenai akuntan saja, selain akuntan terdapat pekerjaan lain yang mungkin jarang didengar oleh banyak orang. Yaitu menjadi assistant controller, dimana tugasnya berkaitan erat dengan pembuatan laporan keuangan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Bisnis, Calon Entrepreneur Wajib Tahu!

Didalam dunia manajemen perusahaan, seorang financial assistant controller memiliki fungsi utama sebagai pendukung. Dimana assistant controller diwajibkan untuk selalu memberikan dukungan keuangan terhadap sebuah manajemen, sehingga keuangannya menjadi sehat.

Didalam salah satu prospek kerja jurusan kuliah akuntansi ini memiliki detail pekerjaan cukup unik, dimana Anda nantinya akan diminta untuk membuat budgeting serta laporan keuangan kepada klien. Sehingga harus memastikan kegiatan akuntansi dapat berjalan dengan lancar.

3. Konsultan Perpajakan

Didalam perkuliahan selain mempelajari berbagai macam materi akuntansi, didalamnya juga terdapat materi yang berkaitan dengan bidang perpajakan. Sehingga secara tidak langsung Anda juga dapat bekerja dalam bidang perpajakan, yang dibutuhkan oleh semua perusahaan.

Untuk menjadi seorang konsultan lebih baik untuk melanjutkan studi S2 terlebih dahulu, namun jika hanya mengambil studi S1 juga tidak masalah. Karena didalam salah satu prospek kerja jurusan kuliah akuntansi tersebut sangat mementingkan proses problem solving.

Jika bekerja sebagai seorang konsultan, Anda harus bisa memecahkan berbagai permasalahan perusahaan. Oleh sebab itu jika bekerja sebagai konsultan dapat dijadikan freelance untuk bekerja kapanpun dimanapun, namun bayarannya terbilang cukup tinggi untuk setiap kasus.



4. Aktuaris

Jika selama berkuliah Anda ahli dalam mata kuliah statistik, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bekerja sebagai aktuaris. Aktuaris sendiri merupakan salah satu prospek kerja jurusan kuliah akuntansi selain akuntan, namun jarang diketahui oleh banyak orang saat ini.

Hal tersebut dikarenakan tanggung jawab utama dari seorang aktuaris berkaitan dengan risiko perusahaan, dimana untuk mengukurnya harus menggunakan dasar ilmu statistik yang kuat. Sehingga dapat menemukan risiko sebelum perusahaan mulai berinvestasi.

Sebagai seorang aktuaris Anda akan memiliki tanggung jawab supaya dapat menentukan bagaimana kebijakan perusahaan, berkaitan dengan profitabilitas keberhasilan jika perusahaan memilih keputusan tersebut.

Baca juga: Prospek Kerja Administrasi Bisnis Paling Populer Serta Diminati

Selain beberapa pekerjaan diatas masih terdapat prospek lainnya seperti menjadi seorang analyst serta pegawai negeri, oleh sebab itu banyak orang memilih berkuliah disini karena memiliki prospek kerja jurusan kuliah akuntansi cukup luas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!