10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

black camera recorder

Cara Menjadi Crew Event Organizer yang Paling Efektif

Cara menjadi crew event organizer sekarang banyak dicari. Itu karena, menjadi bagian dari EO sendiri adalah harapan banyak orang. Perlu diketahui, dunia event organizer ini sangat cocok untuk mereka yang masih berusia muda.

Itu karena, menjadi event organizer akan membuat Anda bertemu dengan orang baru yang bisa memberi Anda pengalaman dan ilmu baru. Tetapi ingat, menjadi crew event organizer tidak semudah yang dibayangkan. Persaingan di dalamnya sangat ketat.

Jika Anda tidak memiliki rencana matang, besar kemungkinan Anda akan tersingkir sebelum benar-benar sukses sebagai seorang event organizer. Perlu diingat juga, masuk ke dunia event organizer tidak bisa dilakukan secara asal.

Anda perlu memiliki persiapan yang matang supaya hasilnya lebih maksimal. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara untuk menjadi crew event organizer yang perlu dipahami terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Melamar Menjadi SPG Wardah, Pelajari dan Pahami!

Cara Menjadi Crew Event Organizer

Jika Anda belum mengetahui cara tersebut, ulasan ini akan sangat membantu. Di sini akan dijabarkan secara lebih rinci mengenai beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ketika akan menjadi event organizer.

Perlu diingat, setiap poin yang dijelaskan di bawah ini adalah satu kesatuan. Oleh karena itu, Anda melakukan kesalahan besar jika hanya memerhatikan beberapa poin yang dijelaskan. Berikut ulasannya secara lebih lanjut.

1. Sebar CV

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan dalam cara menjadi crew event organizer berkaitan dengan CV. Intinya Anda perlu menyebar CV ke banyak tempat sekaligus. Perlu diketahui, penyebaran CV ini akan terasa sebagai aktivitas yang tidak berguna.

Tetapi ingat, ini menjadi tahap awal agar Anda bisa dilirik oleh salah satu event organizer. Dalam tahap awal ini, Anda tidak perlu melihat mana event organizer yang membuka lowongan. Catat saja alamat email dari setiap event organizer.

Setelah itu, kirim cv ke setiap alamat email tersebut. Tetapi Anda juga tetap perlu memberi perhatian khusus apabila ada info mengenai event organizer potensial yang membuka lowongan. Di sini CV perlu disesuaikan dulu dengan event organizer tersebut.

2. Crew Freelance

Ketika mengirim CV ke event organizer, Anda pasti mencantumkan posisi yang diinginkan. Dalam cara menjadi crew event organizer, adalah kesalahan jika langsung meminta posisi sebagai full time crew. Perlu diketahui, persaingan full time crew sangat ketat.

Oleh karena itu, Anda yang belum memiliki pengalaman pasti kesulitan untuk bisa menjadi bagian dari full time crew tersebut. sebagai tahap awal, ada baiknya Anda meminta posisi sebagai crew freelance. Nantinya posisi ini pasti lebih mudah didapat.

Anda sebenarnya boleh saja mengirim CV dan mencantumkan posisi full time crew. Hanya saja, pastikan CV Anda sudah mendukung posisi tersebut.

3. Fisik dan Mental

Hal selanjutnya yang penting untuk diperhatikan dalam cara menjadi crew event organizer berkaitan dengan fisik dan mental. Perlu diketahui, terdapat analisis yang menyebutkan kalau 7 dari 10 orang crew event organizer baru tidak ingin melakukan pekerjaan itu lagi.

Kondisi ini wajar mengingat event organizer tidak seindah yang dibayangkan. Ketika seseorang sudah tergabung sebagai crew, dibutuhkan fisik yang kuat supaya tugas-tugas di dalamnya bisa diselesaikan. 

Sebenarnya mental juga dibutuhkan untuk menghadapi setiap tekanan yang datang. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan fisik dan mental. Jika keduanya tidak siap, Anda pasti menjadi satu dari 7 orang yang berhenti dari profesi ini.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Pekerjaan Operator Gudang. Berikut Penjelasannya!

4. Penghasilan

Penghasilan ketika menjadi crew freelance tidak sebesar yang dibayangkan. Bahkan angka yang akan didapat relatif kecil. Dalam cara menjadi crew event organizer, hal ini perlu dipahami dari awal.

Jangan sampai sudah memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi dari segi penghasilan. Tetapi Anda sebenarnya tidak perlu risau terkait hal ini. Itu karena, penghasilan tersebut akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

5. Banyak Belajar

Dunia event organizer bukan hanya tempat untuk berkarir. Ini juga tempat untuk mempelajari berbagai hal baru. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk terus belajar ketika sedang berperan sebagai crew freelance.

Nantinya hal yang dipelajari tersebut akan menambah nilai Anda sebagai crew. Bukan tidak mungkin, nilai ini akan meningkatkan posisi Anda menjadi crew full time dan menambah penghasilan yang didapat.Kunci dari menjadi crew event organizer adalah kesabaran dan ketekunan. Jangan sampai menyerah hanya karena datangnya satu atau dua masalah. Jangan lupa juga untuk menerapkan cara menjadi crew event organizer di atas.

Bagikan Artikel: