Jangan Anggap Remeh Pekerjaan Operator Gudang

Operator Gudang: Tanggung Jawab, Gaji Dan Jenjang Karir

Operator gudang menjadi salah satu pekerjaan yang paling dicari saat ini, Selain banyak pabrik yang membuat posisi tersebut semakin dibutuhkan, Pekerjaan operator gudang saat ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya gaji yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut juga tidak bisa dibilang kecil. Ingin tahu lebih lengkap terkait profesi operator gudang? Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Operator Gudang?

Seorang operator gudang adalah orang yang melakukan tugas pergudangan, penyimpanan dan penanganan material di gudang atau pusat distribusi, biasanya di bawah instruksi dari manajer gudang.

Tanggung jawab pekerja gudang termasuk memilih dan mengemas barang untuk pengiriman, memproses pengiriman masuk dan keluar (misalnya menyortir, memuat dan menurunkan barang), menyiapkan dan memverifikasi dokumen pengiriman dan memastikan produk disimpan di lokasi yang benar dan dalam kondisi baik.

Tanggung Jawab Operator Gudang

Sebagai operator gudang, Anda tentu memiliki beberapa tanggug jawab yang wajib Anda lakukan agar operasional gudang berjalan dengan baik. Berikut beberapa tanggung jawab utama dari seorang operator gudang.

1. Briefing pagi

Briefing pagi atau meeting pagi menjadi salah satu tugas utama yang penting dilakukan oleh operator gudang. Selain untuk memastikan semua perencanaan yang akan dilakukan di hari tersebut, briefing pagi juga menjadi sangat penting untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin dapat terjadi karena kurangnya koordinasi

2. Receiving

Receiving merupakan salah satu tugas utama seorang operator gudang. Dalam tanggung jawab tersebut, seorang operator gudang wajib menjadi orang pertama yang menerima masuknya segala barang ke area gudang. 

Untuk skala gudang yang besar, Barang yang berdatangan pun akan bervariasi dan dapat berasal dari banyak pihak. Mulai dari vendor hingga produk return dari produksi yang dikembalikan.

Untuk itu, tugas dan tanggung jawab pertama seorang operator gudang yang dapat dikerjakan adalah memproses semua barang yang tiba di gudang tersebut untuk kemudian diperiksa sesuai dengan faktur dan kesesuaian dokumen pengiriman barang tersebut.

Baca juga: Contoh CV Operator Produksi



3. Checker

Tugas dan tanggung jawab dari operator lainnya adalah Checker. Checker memiliki tugas untuk menerima dan memeriksa barang yang sebelumnya telah disiapkan terlebih dahulu oleh picker sebelum barang tersebut masuk proses pengiriman. 

Fungsi utama dari checker sendiri adalah untuk memastikan apakah semua barang yang akan dikirim sudah sesuai dengan pesanan atau belum. Untuk itu, seorang operator gudang juga wajib memiliki ketelitian tinggi agar tidak terjadi kesalahan pada proses checker tersebut.

Selain itu, untuk penerimaan barang, seorang checker juga wajib memeriksa untuk memastikan semua barang yang diterima tidak mengalami kerusakan. Pasalnya barang yang rusak akan ditolak dan dikembalikan sesuai dengan prosedur perusahaan. 

Setelah pengiriman barang diterima, pekerja gudang menandatangani kuitansi dan dokumen administrasi lainnya dan kemudian menurunkan barang dari kendaraan pengiriman, menyortirnya ke area penyimpanan yang sesuai di gudang (dengan bantuan operator gudang lainnya jika dibutuhkan).

4. Stacker

stacker adalah salah satu tugas operator gudang yang intinya untuk menyusun display barang dan menghafalkan semua nama-nama barang yang terdapat di gudang. Pada dasarnya pekerjaan stacker serupa dengan seorang merchandiser pada usaha ritel, Namun untuk pekerjaan gudang seorang stacker biasanya dibutuhkan untuk industri fast moving atau garmen.

5. Picker

Tugas operator gudang di posisi Picker adalah mengambil sekaligus menyiapkan semua barang yang telah dipesan sebelum barang tersebut dikirim ke klien yang telah memesannya. Demi mempercepat proses pekerjaan tersebut, seorang picker wajib melakukan koordinasi yang baik dengan seorang stacker.

Hal ini wajib dilakukan karena stacker akan dengan lebih mudah mengetahui atau bahkan menghafal apa nama barang yang dibutuhkan oleh picker dan juga dimana lokasi barang tersebut.

Namun tidak perlu khawatir, karena dewasa ini, banyak operator gudang yang menggunakan teknologi perangkat lunak manajemen gudang, seperti pemindai kode batang, pembaca RFID (Radio Frequency IDentification) dan teknologi serupa lainnya untuk merekam informasi produk.

Setelah pengambilan dan pengepakan selesai, Operator gudang bertanggung jawab untuk memindahkan barang keluar ke dok pemuatan dan mempersiapkannya untuk pengiriman.

6. Dispatcher

Tugas dan tanggung jawab terakhir dari seorang operator gudang adalah Dispatcher. Dispatcher merupakan operator gudang yang berfungsi untuk menjadi transporter pada aktivitas gudang tersebut. Sederhananya, Dispatcher merupakan bagian dari pengiriman atau delivery barang barang gudang yang diorder oleh pelanggan.

Tugas tambahan dari operator gudang satu ini adalah memastikan bahwa barang keluar siap pada waktu yang dijadwalkan, mengoordinasikan penjemputan dengan pelanggan dan pengirim barang, dan membantu pembuatan paket. Staff gudang juga diharuskan untuk memeriksa apakah isi pengiriman keluar sesuai dengan dokumen terkait (misalnya faktur dan dokumen pengiriman).

Baca juga: Manajemen Gudang Lebih Mudah Dengan Strategi Ini!

Apakah Operator Gudang Masih Dibutuhkan Hingga Saat ini?

Sebagian besar iklan pekerjaan untuk posisi pekerja gudang berada di departemen logistik, perusahaan ritel dan grosir besar (misalnya makanan, elektronik, pakaian dan alas kaki, barang konsumsi, furniture). Perusahaan semacam itu biasanya memiliki gudang besar atau pusat distribusi yang mereka gunakan untuk menyimpan barang yang akan dijual melalui toko fisik atau online, melalui situs e-commerce.

Pekerja gudang juga dipekerjakan oleh perusahaan manufaktur yang memiliki gudang untuk menyimpan bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi (misalnya perusahaan pengerjaan logam dan teknik, bisnis makanan dan minuman, perusahaan kimia dan farmasi, produsen otomotif dan banyak lainnya). Mereka juga dapat menemukan pekerjaan dengan perusahaan yang menyediakan layanan logistik dan transportasi pihak ketiga.

Pekerjaan sebagai staf gudang adalah pekerjaan yang menuntut kekuatan fisik yang sering kali melibatkan pengangkatan, pemindahan, pemuatan, dan pembongkaran barang-barang berat. Selain itu, orang yang bekerja di bidang logistik sering kali berada di bawah tekanan untuk memberikan peningkatan dalam tingkat layanan dan efisiensi. Jam kerja pekerja gudang sering mengikuti pola 2 atau 3 shift tergantung pada persyaratan produksi atau kriteria lainnya. Posisi yang menawarkan jadwal fleksibel, seperti lowongan untuk pekerja gudang paruh waktu, juga dapat ditemukan.



Skill Dan Keterampilan Yang Wajib Dimiliki Operator Gudang

Pekerja gudang membutuhkan keterampilan berikut:

  • Pengetahuan tentang aspek organisasi, administrasi dan keuangan dari manajemen Gudang
  • Pengetahuan tentang logistik gudang dan prosedur penyimpanan dan penanganan
  • Kemampuan untuk memproses dokumentasi gudang (misalnya faktur pengiriman, daftar pengambilan, daftar harga pembelian dan penjualan)
  • Kemampuan untuk mengoperasikan truk forklift
  • Kemampuan organisasi
  • Keandalan dan presisi
  • Bersedia bekerja shift dengan pendekatan jam kerja yang fleksibel
  • Kebugaran fisik dan stamina yang baik

Aspek kunci lain dari pekerjaan seorang staf gudang termasuk berhubungan dan berkoordinasi dengan pengemudi pengiriman, pengangkut dan kurir, memastikan buku log selalu diperbarui dan melakukan kontrol inventaris dalam koordinasi dengan kantor pembelian.

Pekerja gudang sering diminta untuk memindahkan barang di antara rak gudang, area bongkar muat dan kendaraan pengiriman. Untuk alasan ini, persyaratan utama pekerjaan ini adalah kemampuan untuk mengoperasikan truk forklift dan palet dongkrak secara manual maupun elektrik dengan aman dan efisien. Saat menggunakan forklift dan/atau kendaraan penanganan material lainnya, staf gudang harus mematuhi peraturan keselamatan dan pencegahan kecelakaan yang berlaku untuk memastikan keselamatan mereka sendiri dan rekan kerja mereka.

Pekerja gudang sering kali diharuskan memiliki lisensi operator forklift yang valid yang menunjukkan kemampuan mereka mengemudikan truk forklift dengan aman dan efisien (ini adalah persyaratan yang sangat umum untuk pekerjaan pekerja gudang/operator forklift) atau SIM untuk truk, van dan kendaraan barang lainnya.

Terakhir, personel gudang yang pekerjaannya mencakup penyimpanan dan penanganan produk kimia dan/atau zat berbahaya mungkin memerlukan izin yang memungkinkan mereka bekerja dengan jenis barang tertentu.

Jenjang karir Pekerja Gudang

Pekerja gudang biasanya memulai karir mereka di bidang logistik dengan periode pelatihan di tempat kerja. Ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan keakraban dengan tugas dan praktik pergudangan umum. Pekerja gudang yang berpengalaman dapat maju ke peran seperti manajer atau team leader.

Sementara peluang pertumbuhan profesional lebih lanjut termasuk ke peran administrasi atau kantor (misalnya, sebagai juru tulis di departemen pembelian atau pengadaan) atau maju menjadi manajer gudang (atau manajer logistik).

Rata Rata Gaji Operator Gudang

Kisaran gaji operator gudang di Indonesia sangat beragam. Hal tersebut menyesuaikan dengan daerah dan besar kecilnya perusahaan tempat Anda bekerja. Umumnya, semua operator gudang akan digaji sesuai dengan besaran UMK daerah gudang tersebut berada. Saat ini rata-rata operator gudang di Indonesia sebesar Rp3,8 juta per bulan.

Berikut rincian gaji operator gudang di banyak kota

KotaGaji
BandungRp5.359.967
KarawangRp5.066.314
Bekasi Rp4.974.009
JakartaRp4.187.440
TangerangRp3.789.808
BogorRp3.573.357
SurabayaRp3.486.078
MakassarRp3.219.642

Baca juga: Ini Yang Harus Kamu Pelajari Sebagai Seorang Kasir!

Kesimpulan

Ternyata pekerjaan sebagai staf gudang bukanlah pekerjaan yang bisa diremehkan karena ternyata tidak semua orang bisa sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Untuk itu,  jika kamu tertarik dan ingin memperdalam wawasan kamu untuk mengetahui beberapa pekerjaan lain ataupun mengetahui tips untuk menjadi yang terbaik dalam pekerjaanmu, kamu bisa menggunakan layanan dari Pintarnya dengan cara mengakses web kami melalui www.pintarnya.com dan juga bisa mengunduh aplikasi Pintarnya melalui Google Play Store pada smartphone kamu.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!