Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

exited ethnic waitress working with cash desk in cozy cafeteria

Ini Yang Harus Kamu Pelajari Sebagai Seorang Kasir!

Bekerja sebagai seorang kasir tidak selalu mudah seperti kelihatannya. Kasir harus menangani uang, pertanyaan pelanggan, dan mengetahui seluk beluk produk yang mereka jual. Seseorang yang menduduki peran ini juga dapat disebut sebagai asisten toko, asisten penjualan, atau operator kasir. Selain menerima uang tunai untuk transaksi penjualan, ia juga dapat memainkan beberapa peran sekunder lainnya, seperti melayani pertanyaan pelanggan dan memastikan bahwa toko memiliki persediaan yang baik dan rapi.

Kasir adalah salah satu kelas pekerja yang paling umum ditemukan di toko ritel seperti supermarket, food court, toko baju. Faktanya, setiap gerai ritel menggunakan layanan kasir untuk transaksi pembayaran dan pencatatan penjualan yang akurat. Oleh karena itu multitasking adalah sebuah keharusan jika kamu berpikir untuk melamar pekerjaan sebagai seorang kasir. Dan tentunya, seperti pepatah Practice make perfect!. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal dan tips yang perlu dipelajari oleh setiap pekerja kasir.

Cara Menjadi Kasir Profesional

Bersikaplah Ramah

Kasir adalah orang pertama dan terakhir yang akan berhadapan dan berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Meskipun pekerjaan ini tampak biasa dan cenderung monoton, tetapi  justru kasir memiliki peranan yang krusial dalam hal pelayanan konsumen yang mewakili ‘wajah’ perusahaan. Maka sangatlah penting bagi kasir untuk selalu menyapa pelanggan dengan ramah dan siap sedia membantu pelanggan ketika mereka membutuhkan bantuanmu. Tentu saja ini tidak hanya membuat mereka senang, tetapi juga membuatmu semakin bersemangat dengan bertemu banyak orang yang berbeda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membangun koneksi dan hubungan dengan pelanggan sehingga mereka akan terus kembali berbelanja ke toko kamu. Maka, jadilah yang terbaik!

Sangatlah Berhati-hati

Kasir memiliki tanggung jawab yang berat dalam menangani uang. Dengan begitu banyaknya integrasi metode pembayaran baru, ini bisa menjadi tugas yang rumit. Pelanggan dapat membayar barang secara tunai, debit, atau bahkan melalui e-commerce dan QR code. Tentu semua metode pembayaran ini memiliki proses yang berbeda jadi sangat penting untuk memahami semua platform untuk membantu pelanggan dengan baik. Pastikan untuk selalu menghitung kembali uang kembalian sebelum kamu memberikannya kepada pelanggan. Dan jika mengalami kendala janganlah ragu untuk meminta bantuan dari manajer atau atasanmu. 

Tampilah Secara Profesional

Ketika berhadapan langsung dengan pelanggan cobalah untuk tampil rapi dan bersih. Memiliki kuku yang bersih, bau yang wangi, rambut yang disisir, dan pakaian yang rapi akan membuatmu tampak lebih profesional dan positif saat bekerja. Percayalah bahwa pelanggan akan menghargaimu sebagaimana kamu menghargai dirimu sendiri. Tampil profesional juga akan bisa meningkatkan kualitas dirimu dan juga perusahaan tempat kamu bekerja. Dan tentunya pegawai dengan pakaian rapi dan attitude yang profesional akan mendapatkan nilai lebih dari manajer ataupun owner toko.

Baca juga: Cara menemukan pekerjaan yang tepat

Kenali Produknya

Meskipun kamu seorang kasir, pelanggan mungkin akan bertanya tentang letak dan harga barang-barang tertentu di toko. Cobalah untuk membiasakan diri dengan mengetahui produk apa yang paling laris di minggu ini ataupun menghafal perbedaan dari tiap produk yang dijual. Semakin banyak pengetahuanmu tentang toko ataupun produk, maka semakin besar kemungkinan untuk bekerja secara cepat dan efisien. Dan tentu saja jika kinerjamu bagus, kamu akan mendapatkan nilai positif di mata atasanmu!

Baca juga: Skill Yang Wajib Dikuasai oleh Pramusaji

Meminta Maaf Meskipun Itu Bukan Salahmu

Dalam pekerjaan apapun, segala sesuatunya terkadang tidak berjalan sesuai rencana. Yap, tentu saja karena segala sesuatunya akan selalu memiliki risiko. Sama halnya jika barang pecah atau tumpah, atau jika mesin kasir tidak berfungsi, maka pastikan untuk meminta maaf kepada pelanggan. Kamu adalah wakil dari perusahaan jadi meskipun kecelakaan itu bukanlah salahmu, meminta maaf dapat menenangkan pelanggan dan membuat mereka merasa diperhatikan.

Tetap Tenang Jika Menghadapi Kesulitan

Cobalah untuk tidak menunjukkan tanda-tanda stres atau kepanikan saat kesulitan terjadi. Misal jika kamu melakukan kesalahan dalam menginput barang ataupun gagal memproses pembayaran, cobalah untuk tetap tenang dan mencari solusinya. Jika kamu tampak bingung dan panik maka pelangganmu juga ikut panik, dan itu justru akan memperburuk situasi. Yakinkan pelanggan bahwa masalah dapat segera teratasi. Dan jangan lupa untuk meminta bantuan manajer atau atasanmu jika kamu merasa tidak bisa lagi mengatasinya.

Keterampilan Numerik yang Kuat

Pekerjaan kasir melibatkan penanganan uang setiap hari. Jadi, keterampilan numerik yang kuat diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini dengan sempurna. Kasir yang baik haruslah seseorang yang tidak takut dengan angka.

Meskipun kasir tampak seperti pekerjaan yang biasa-biasa saja namun ternyata peranan dan tanggung jawabnya sangatlah krusial bagi citra perusahaan dan toko. Kasir mengharuskan kamu untuk pandai dalam mengorganisir keuangan, produk, sekaligus pelanggan. Untuk itu bekerja sebagai kasir merupakan pekerjaan yang hebat yang belum tentu banyak orang bisa lakukan.

Jika kamu baru saja mendapat pekerjaan sebagai seorang kasir atau sudah bekerja sebagai kasir, maka keterampilan yang dibahas di atas wajib kalian miliki. Demikian pula, jika kamu adalah pemilik atau manajer toko yang ingin mempekerjakan kasir baru, ini adalah kualitas yang harus kalian perhatikan pada pelamar sebelum mempekerjakannya.

Contoh CV Kasir ATS

Sudah siap menjadi kasir teladan?

Oleh karena itu jika kamu tertarik dan ingin memperdalam wawasan kamu dalam mengetahui cara untuk mencari pekerjaan atau mencari tips untuk menjadi yang terbaik dalam pekerjaanmu, kamu bisa menggunakan layanan dari Pintarnya dengan cara mengakses web kami melalui pranala link berikut www.pintarnya.com dan juga bisa mengunduh aplikasi Pintarnya melalui Google Play Store pada smartphone kamu.

Bagikan Artikel:

About The Author