10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

a person writing on white paper using pencil

Persiapan Psikotes Kerja, Anti Cemas & Anti Ribet!

Banyak pekerjaan sekarang yang mewajibkan kandidat karyawannya untuk menjalankan psikotes sebagai salah satu persyaratan. Biasanya, tahap ini dilakukan sebelum interview. Tapi tidak jarang juga dijadikan formalitas setelah lolos interview terakhir.

Pastikan kondisi fisik dan mentalmu sedang baik

Saat mengerjakan psikotes, kondisi fisik dan mentalmu itu akan mempengaruhi hasil akhirnya, lho. Pastikan kondisi kesehatanmu fit paling tidak 3 hari sebelum psikotes. Minum vitamin, jaga kesehatan, dan hindari begadang sebelum hari tes.

Jangan lupa juga untuk sarapan sebelum psikotesnya, karena jika kamu mengerjakan psikotes dengan keadaan perut kosong, kamu tidak akan bisa konsentrasi dan fokus mengerjakan psikotesnya.

Tingkatkan kepercayaan dirimu

Sebelum hari ujian psikotes, jangan sampai kamu berkecil hati atau takut gagal. Ubah pola pikirmu dan pastikan kamu tenang dan santai saat mengerjakan tesnya. Tidak perlu takut salah, fokus ke pertanyaan yang kamu bisa jawab terlebih dahulu. Dengan sisa waktu yang ada, baru beralih ke pertanyaan-pertanyaan yang lebih sulit.

Jika sudah tidak tahu mau menjawab apa, pilih yang menurutmu paling mendekati. Pastikan semua jawaban terisi dan tidak ada yang terlewatkan.

Cek contoh-contoh soal psikotes

Sebelum psikotes, kamu bisa melihat banyak sekali contoh-contoh soal psikotes di online maupun offline. Kamu juga bisa pergi ke toko buku untuk mencari buku contoh soal psikotes, jika kamu lebih menyukai mengerjakan langsung di buku fisik.

Jangan lupa untuk latihan semampu kamu sebelum mengikuti psikotes. Kamu juga bisa latihan psikotes dengan Layanan Pintarnya di sini.

Persiapkan alat yang dibutuhkan

Biasanya sebelum hari dijadwalkannya ujian psikotes, pihak perusahaan atau penyelenggara akan mengumumkan lokasi, hari, jam, dan persyaratan serta larangannya. Biasanya, akan dibutuhkan:

  • Pensil 2B
  • Penghapus
  • Pulpen hitam/biru Larangannya pun biasanya tidak boleh menggunakan gadget atau handphone saat ujian berlangsung. Alat bantu seperti kalkulator juga seringkali tidak boleh dipergunakan di dalam ruangan psikotes.

Semangat! Semoga sukses dalam menghadapi ujian psikotesnya. Semoga beruntung dan lulus ke tahap rekrutmen selanjutnya.

Jangan lupa untuk cek Pintarnya, agar bisa mengembangkan skill, cari cuan, dan cari loker sesuai keinginan kamu!

Bagikan Artikel: