10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

person holding apple magic mouse

3 Cara Melamar Kerja yang Patut Kamu Coba

Di era digital ini, semakin mudah bagi pencari kerja untuk menemukan info lowongan kerja dari manapun mereka berada. Persaingan kerja pun semakin ketat sehingga kamu harus jeli dan berusaha lebih untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Banyak cara melamar kerja di perusahaan-perusahaan baik kecil maupun besar, namun berikut ini adalah 3 cara melamar kerja yang patut kamu coba.

Cara melamar kerja lewat E-mail Cara yang satu ini merupakan salah satu yang terbilang cukup mudah. Kamu cukup mencari situs resmi ataupun profil sosial media dari perusahaan yang kamu minati.

Apabila mereka mencantumkan info lowongan kerja, kamu bisa langsung melamar kerja lewat email, namun pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

  • Subyek: Lowongan Kerja – [Nama Kamu] – [Jabatan yang kamu inginkan]
  • Jangan lupa gunakan struktur Pembuka – Isi – dan Penutup di badan email kamu
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Cantumkan juga CV (Curriculum Vitae) terkini milikmu (pastikan CV kamu sudah ATS-friendly atau sesuai dengan struktur preferensi dari Applicant Tracking System)
  • Cantumkan cover letter yang sesuai

Namun jika mereka tidak mencantumkan lowongan kerja, kamu juga dapat mengirimkan email dengan hal-hal di atas ditambahkan dengan kalimat pembuka yang menanyakan apakah perusahaan tersebut sedang membutuhkan talenta baru dalam bisnis mereka. Hal tersebut meningkatkan kesempatan kamu untuk mengetahui loker apa saja yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan yang kamu tuju.

Lamar loker di Job Fair Cara melamar kerja lewat Job Fair mungkin salah satu cara yang paling digemari. Selain karena dalam 1 acara terdapat ratusan lowongan kerja dari puluhan perusahaan yang berasal dari berbagai industri, kamu juga bisa networking atau menemukan kenalan baru dari berbagai macam latar belakang yang berbeda.

Meski digemari, acara Job Fair juga memiliki 1 kelemahan: keramaiannya. Ya, biasanya Job Fair mengundang banyak peminat sehingga jumlah pengunjungnya seringkali membludak. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengunjung apabila area Job Fair penuh sesak.

Sebelum menghadiri Job Fair, jangan lupa untuk:

  • Gunakan baju yang rapi dan sopan
  • Cetak/print CV (Curriculum Vitae) kamu, minimal 12 lembar dan masukkan ke amplop masing-masing
  • Sertakan juga cover letter yang sudah dicetak beserta CV kamu

Lamar lowongan kerja di aplikasi Pintarnya Cara melamar kerja yang satu ini lebih simpel dan menghemat waktu kamu, tidak perlu repot pergi keluar rumah. Cukup download aplikasi Pintarnya, buat akun dan lengkapi data. Semua gratis tidak dikenakan biaya.

Data yang kamu isi otomatis diubah menjadi Kartu CV & CV Pintar, sehingga kamu dapat melamar kerja dengan praktis dan mudah. Kamu bisa temukan ratusan loker berkualitas yang diupdate setiap harinya, serta dijamin aman, terlebih lowongan kerja yang telah terverifikasi dan mendapatkan label AMAN dari Pintarnya.

Aplikasi Pintarnya juga memiliki fitur di mana kamu bisa membuat cover letter secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu bingung mencari kata-kata untuk membuat cover letter saat kamu melamar loker yang kamu inginkan.

Download aplikasi Pintarnya di Playstore dan temukan kemudahan cara melamar kerja!

Bagikan Artikel: