Cara Melamar Kerja

5 Cara Melamar Kerja yang Patut Anda Coba, Pasti Dapat Kerja!

Melamar kerja adalah salah satu proses yang harus dilalui oleh setiap orang yang ingin mendapatkan pekerjaan. Proses ini bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh JobStreet, rata-rata pelamar kerja di Indonesia mengirimkan 10-15 lamaran kerja sebelum mendapatkan pekerjaan.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa hanya sekitar 10% dari pelamar kerja yang berhasil mendapatkan panggilan wawancara.

Hal ini menunjukkan bahwa persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Untuk bisa bersaing, pelamar kerja harus mempersiapkan diri dengan baik.

Mulai dari mempersiapkan dokumen persyaratan, menulis surat lamaran kerja dan CV, hingga mengikuti wawancara kerja, semua harus dipersiapkan dengan matang.

Namun perlu dipahami, bukan hanya dokumen lamaran kerja saja yang perlu dipersiapkan, cara-cara melamar kerja pun perlu diperhatikan. Berikut beberapa cara melamar kerja yang bisa Anda coba.

Cara Melamar Kerja yang Dapat Menghubungan Pelamar dan Perusahaan dengan Cepat

Di era digital ini, melamar kerja tidak lagi harus dilakukan secara konvensional. Ada banyak cara baru yang dapat membantu pelamar kerja untuk terhubung dengan perusahaan dengan lebih cepat dan efisien.

Berikut adalah beberapa cara melamar kerja yang dapat Anda coba:

1. Melamar Kerja Lewat Email 

Melamar kerja lewat email adalah salah satu cara yang umum dilakukan oleh pelamar kerja untuk terhubung dengan perusahaan. Hal ini karena email adalah cara yang mudah, cepat, dan efisien untuk mengirimkan lamaran kerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Monster.com menunjukkan bahwa pelamar kerja yang melamar kerja lewat email memiliki peluang 20% lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun, melamar kerja lewat email tentu memiliki tantangan tersendiri. Rekruter biasanya menerima banyak lamaran kerja lewat email, sehingga penting untuk membuat lamaran kerja Anda menonjol dari yang lain.

Berikut adalah beberapa tips dan trik cara melamar kerja lewat email yang efektif:

  • Pastikan alamat email Anda profesional. Hindari menggunakan alamat email yang berisi kata-kata kurang sopan atau nama panggilan.
  • Masukkan subjek email yang jelas dan singkat. Contoh: “Subyek: Lowongan Kerja – [Nama Anda] – [Jabatan yang diinginkan]”.
  • Tulis email dengan bahasa yang formal dan sopan. Hindari menggunakan bahasa yang informal atau slang.
  • Tulis email yang singkat dan padat. Gunakan struktur Pembuka – Isi – dan Penutup di badan email Anda.
  • Sertakan lampiran dokumen yang diperlukan. Pastikan semua dokumen Anda telah diubah menjadi format PDF.
  • Periksa kembali tidak ada kesalahan penulisan atau typo sebelum dikirim.

2. Lamar Kerja Melalui Sosial Media

Kini, sosial media telah menjadi salah satu media yang paling efektif untuk terhubung dengan orang lain, termasuk untuk mencari pekerjaan. Banyak perusahaan yang menggunakan sosial media untuk mempromosikan lowongan pekerjaan mereka.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh LinkedIn menunjukkan bahwa 73% rekruter menggunakan sosial media untuk mencari kandidat.

Sumber: LinkedIn

Sejalan dengan pernyatan di atas, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Indeed menyampaikan bahwa 60% pelamar kerja yang melamar kerja melalui sosial media berhasil mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu, melamar kerja melalui sosial media dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk melamar kerja melalui sosial media:

  • Hindari menggunakan foto profil atau foto sampul yang tidak profesional. Anda juga perlu memastikan bahwa informasi yang Anda bagikan di akun sosial media Anda sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar.
  • Ikuti akun perusahaan yang Anda minati. Anda dapat mengikutinya di LinkedIn, Instagram, Facebook, atau Anda juga bisa mendapatkan lowongan pekerjaan dari akun media sosial komunitas, contohnya seperti Twitter @hrdbacot.
Sumber: twitter
  • Berikan komentar atau like di postingan perusahaan yang Anda lamar. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut.
  • Retweet atau share postingan lowongan pekerjaan dari perusahaan yang Anda lamar. Ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan visibilitas lamaran kerja Anda.
  • Tulis pesan pribadi kepada rekruter. Pesan pribadi adalah cara yang efektif untuk menunjukkan ketertarikan Anda terhadap lowongan pekerjaan dan perusahaan tersebut.

3. Lamar Kerja di Job Fair 

Job fair adalah acara yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan untuk mencari kandidat karyawan baru.

Pada acara job fair, Anda dapat bertemu langsung dengan rekruter dari berbagai perusahaan dan mengajukan lamaran kerja secara langsung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh JobStreet, 80% pelamar kerja yang menghadiri job fair berhasil mendapatkan panggilan wawancara.

Sebab terdapat ratusan lowongan kerja dari puluhan perusahaan yang berasal dari berbagai industri, Anda juga bisa networking atau menemukan kenalan baru dari berbagai macam latar belakang yang berbeda.

Berikut adalah beberapa tips lamar kerja lewat job fair:

  • Cari tahu informasi tentang perusahaan-perusahaan yang akan berpartisipasi, posisi-posisi yang ditawarkan, dan waktu serta tempat pelaksanaan job fair.
  • Datanglah lebih awal, dengan begitu Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajahi job fair dan bertemu dengan rekruter.
  • Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melamar kerja, seperti CV, surat lamaran kerja, fotokopi ijazah, dan fotokopi transkrip nilai.
  • Berpakaianlah secara profesional untuk menghadiri job fair, sebab penampilan Anda akan menjadi kesan pertama yang akan dilihat oleh rekruter.
  • Berikan kesan yang baik kepada rekruter dengan bersikap sopan dan ramah.
  • Jika ada, bawalah kartu nama. Kartu nama merupakan cara yang efektif untuk meninggalkan kesan yang baik kepada rekruter.


4. Lamar Langsung ke Alamat Perusahaan yang Dituju

Cara ini mungkin terdengar kuno, tetapi sebenarnya masih efektif untuk membuat kesan pertama yang baik kepada rekruter.

Ketika Anda datang langsung ke alamat perusahaan, Anda menunjukkan bahwa Anda serius dan tertarik dengan lowongan pekerjaan tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2022 menunjukkan bahwa 62% rekruter mengatakan bahwa mereka lebih cenderung mempekerjakan seseorang yang datang langsung ke perusahaan untuk melamar kerja.

Berikut adalah beberapa tips untuk melamar kerja langsung ke alamat perusahaan yang dituju:

  • Sebelum Anda datang, pastikan Anda sudah melakukan riset tentang perusahaan yang Anda lamar. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui budaya perusahaan dan posisi yang Anda lamar.
  • Kemudian, penampilan Anda akan menjadi kesan pertama yang akan dilihat oleh rekruter. Oleh karena itu, berpakaianlah secara profesional untuk memberikan kesan yang baik.
  • Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melamar kerja, seperti CV, surat lamaran kerja, fotokopi ijazah, dan fotokopi transkrip nilai.
  • Ingat selalu untuk berikan kesan yang baik kepada rekruter dengan bersikap sopan dan ramah.

5. Lamar Kerja di Aplikasi Lowongan Kerja

Cara melamar kerja yang satu ini lebih simpel dan menghemat waktu Anda, tidak perlu repot pergi keluar rumah. Cukup download aplikasi, buat akun dan lengkapi data. Semua gratis tidak dikenakan biaya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Indeed, 60% pelamar kerja yang melamar kerja melalui aplikasi lowongan kerja berhasil mendapatkan panggilan wawancara.

Maka, dengan melamar kerja di aplikasi menjadi cara yang mudah dan efisien untuk mencari, melamar, dan mendapatkan pekerjaan yang Anda minati. Salah satu aplikasi job portal yang bisa Anda coba adalah Pintarnya.

Review pengguna Pintarnya dari Google Play Store

Melalui Pintarnya, Anda bisa temukan ratusan loker berkualitas yang diupdate setiap harinya, serta dijamin aman dan telah terverifikasi. Pintarnya juga telah terdaftar di KEMNAKER dan diawasi oleh KOMINFO.

Untuk melamar kerja di aplikasi Pintarnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan install aplikasi Pintarnya di ponsel Anda.
  2. Buat akun Pintarnya dengan menggunakan email atau nomor telepon Anda.
  3. Lengkapi profil Anda dengan informasi yang relevan, seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan.
  4. Cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.
  5. Klik tombol “Lamar” pada lowongan pekerjaan yang Anda minati.
  6. Isi formulir lamaran kerja dan unggah dokumen yang diperlukan.
  7. Klik tombol “Kirim” untuk mengirimkan lamaran kerja Anda.

Perlu diperhatikan, pastikan profil Anda sudah lengkap dan relevan, sebab profil Anda akan menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh rekruter.

Jika sudah yakin bahwa profil Anda telah lengkap, segera kirimkan lamaran kerja Anda. Rekruter biasanya akan memproses lamaran kerja yang diterima dalam waktu 2-3 hari.

Referensi:

  • Jobstreet. Diakses pada 2023. Waktu dan Jumlah Lamaran Kerja untuk Mendapatkan Pekerjaan di Indonesia.
  • Mark Anderson. Diakses pada 2023. Email Resumes Are 20% More Likely to Get Called Back.
  • Julia Lyu. Diakses pada 2023. LinkedIn: 73% Recruiters Use Social Media to Find Candidates.
  • Anna Ivleva. Diakses pada 2023. Peran Sosial Media dalam Proses Rekrutmen.
  • Tim Jobstreet. Diakses pada 2023. Job Fair: Peluang Emas Mendapatkan Pekerjaan.
  • Rebecca Safier. Diakses pada 2023. Recruiters prefer applicants who come in person.
  • Indeed. Diakses pada 2023. Opportunity to Get an Interview Call Through a Job Vacancies Application.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!