10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

man in white long sleeve shirt holding a serving tray

Skill Yang Wajib Dikuasai oleh Pramusaji [Update 2022]

Pekerjaan pramusaji atau lebih dikenal sebagai waitress bisa jadi menantang karena mereka berurusan dengan pelanggan dari latar belakang yang berbeda, dan mereka dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, memiliki keterampilan yang tepat dapat membantu mereka mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam pekerjaan dan dapat memberikan kinerja yang unggul. 

Pekerjaan pramusaji memiliki berbagai tugas seperti menyapa tamu dan merekomendasikan makanan dan minuman kepada mereka; mencatat, menjawab pertanyaan, dan menyajikan makanan minuman; membantu menjaga restoran tetap bersih dan nyaman; berkoordinasi dengan staf dapur untuk mengirimkan pesanan; hingga menangani komplain.

Baca juga: Ini Yang Harus Kamu Pelajari Sebagai Seorang Kasir!

Apa Minimal Pendidikan Sebagai Seorang Pramusaji/Waitress?

Umumnya, pendidikan yang dibutuhkan untuk pramusaji bervariasi bergantung pada kelas restoran atau hotel yang merekrut. Untuk sekelas kafe atau restoran kecil biasanya membutuhkan pramusaji dengan pendidikan minimal SMP atau SMA/SMK. Namun untuk restoran atau hotel berbintang membutuhkan pramusaji dengan pendidikan minimal adalah D3 atau D4 jurusan Perhotelan. Karena memang restoran dan hotel berbintang membutuhkan pekerja yang lebih profesional dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang Food and Beverage.

Skill Apa Saja Yang Wajib Dimiliki Oleh Pramusaji?

Tanpa perlu melihat latar belakang pendidikan, seorang pramusaji baik lulusan SMP, SMA, ataupun Diploma wajib memiliki keterampilan yang baik. Keterampilan pramusaji adalah keterampilan yang diperlukan dalam memastikan kepuasan pelanggan, mulai dari menerima pesanan pelanggan secara akurat, menangani makanan dengan aman, dan memberikan layanan pelanggan yang luar biasa. Keterampilan ini mencakup kombinasi hard skill dan soft skill yang diperlukan dalam melakukan tanggung jawab pekerjaan secara maksimal. Beberapa hard skill meliputi mengoperasikan sistem penjualan/sistem pemesanan, prosedur penanganan makanan yang aman, dan kemampuan menghitung uang dan menghitung kembalian. Soft skill sebagai pramusaji meliputi komunikasi, prioritas atau layanan pelanggan.

1. Keterampilan Berkomunikasi

Pelayan atau pramusaji membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan staf dapur, berinteraksi dengan pelanggan, dan berkoordinasi dengan sesama pramusaji sebagai kerja tim.

2. Keterampilan Resolusi Konflik

Mungkin ada kalanya kamu tidak sengaja mencatat pesanan dengan tidak benar. Akibatnya, staf dapur menjadi bingung, makanan tertunda, atau hal lain yang akhirnya membuat pelanggan kecewa dan kesal. Pramusaji yang profesional memiliki keterampilan untuk tetap tenang dalam meredakan situasi yang sedang tidak kondusif. Bahkan ketika pelanggan marah, seorang pramusaji harus mengatasinya dengan kepala dingin dan melakukan permintaan maaf untuk memperbaiki situasi. Pelayan dan pramusaji harus dapat menggunakan logika dan penalaran untuk menemukan cara alternatif untuk memecahkan masalah. Mereka yang memiliki keterampilan ini dapat dengan mudah memikirkan solusi cepat untuk masalah yang kompleks.

Hal ini bisa menjadi nilai tambah yang besar jika pramusaji dapat memahami sepenuhnya keluhan pelanggan dan menggunakan taktik untuk membantu menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin timbul. Agar mereka dapat memahami pelanggan, pertama-tama mereka harus menggunakan pendekatan, seperti tetap memperlakukan pelanggan dengan baik dan sopan, serta selalu mendengarkan apa yang mereka butuhkan.

3. Kekuatan Fisik

Stamina fisik seorang pramusaji sangat penting, karena mereka harus menghabiskan hampir sepanjang hari berdiri dan membawa barang-barang berat seperti nampan, makanan dan minuman, membersihkan meja, menata meja dan kursi, dan melakukan aktivitas lain yang melibatkan kekuatan fisik.

Baca juga: Cara Melamar ke PT. Adira Semesta Industry

4. Layanan Pelanggan

Kamu membutuhkan keterampilan layanan pelanggan sebagai pramusaji untuk tersenyum, menyapa dengan ramah, dan melakukan kontak mata dengan pelanggan. Keterampilan ini juga memungkinkan pramusaji untuk memperhatikan permintaan order, memahami ketika pelanggan mengisyaratkan pengurangan pesanan, dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan dengan ekspresi yang jelas dan lengkap. Dengan keterampilan layanan pelanggan yang baik, pramusaji dapat mencatat pesanan dengan cepat dan mengirimkannya secara akurat ke setiap pelanggan.

5.  Memperhatikan Hal-Hal Secara Detail dan Teliti

Seorang pramusaji harus dapat mengingat secara detail semua pesanan yang dibuat, dan memastikan bahwa pelanggan mendapatkan apa yang mereka pesan. Memperhatikan dan melakukan hal dengan detail akan menghilangkan kemungkinan hambatan yang akan terjadi.

6.  Kerja Tim

Sebagai pelayan atau pramusaji, kamu perlu berkolaborasi dengan rekan kerjamu untuk membantu mereka melakukan pekerjaan mereka. Ini kebanyakan terjadi ketika restoran sedang sibuk sehingga membutuhkan banyak pekerja untuk membantu melayani pelanggan

7.  Daya Ingat

Selain mengingat makanan dan minuman yang dipesan, kamu juga diminta untuk mengingat banyak item menu. Sehingga kamu bisa merekomendasikan menu yang sesuai dengan selera mereka, ataupun agar kamu bisa menjawab pertanyaan mereka tentang makanan dan minuman khususnya tentang rasa, bahan, ataupun kandungan bahan alergen. Daya ingat yang kuat tentunya akan memudahkan pekerjaan kamu, termasuk ketika kamu berkoordinasi dengan staf di dapur, jumlah menu yang dipesan dari setiap item, ataupun permintaan khusus lainnya dari pelanggan.

8. Tetap Tampil Bersih dan Profesional

Pastikan untuk berpakaian rapi, tangan yang bersih, dan terlihat profesional setiap kali melayani pelanggan. Ketika pelanggan memiliki keluhan, jangan berdebat dengan mereka. Jika mereka salah tentang pesanan dan tidak mau mengalah, hubungi manajer untuk membantu menyelesaikan masalah.

Jika kamu ingin menjadi seorang pramusaji yang kompeten dan profesional, keterampilan ditulis dalam artikel ini dapat digunakan sebagai standar dalam mengembangkan diri kamu di masa depan. Dan jika kamu ingin mengetahui topik lain seputar dunia pekerjaan, kamu bisa menggunakan layanan dari Pintarnya dengan cara mengunjungi website kami melalui pranala www.pintarnya.com dan juga mengunduh aplikasi Pintarnya melalui Google Play Store di ponsel pintar kamu.

Bagikan Artikel: