Keterampilan Yang Perlu Dicantumkan pada CV Saat Melamar Pekerjaan Sebagai Kurir

Keterampilan Yang Perlu Dicantumkan pada CV Saat Melamar Pekerjaan Sebagai Kurir

Dewasa ini, aktivisme berbelanja online menjadi semakin marak terlebih saat pandemi Covid-19. Hal ini membuat kurir menjadi pekerjaan yang di cari banyak orang. Untuk itu, dalam melamar pekerjaan sebagai kurir, Anda perlu menyiapkan beberapa hal. Tentu saja, karena aktivisme tersebut menawarkan kemudahan bagi kita dalam menjangkau produk yang dapat dipesan dari mana saja mulai dari pakaian, sepatu, tas, hingga keperluan rumah tangga. Hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop, kamu bisa berbelanja secara online tanpa harus keluar rumah.

Meningkatnya minat masyarakat terhadap pembelian barang secara online juga berdampak pada permintaan jasa kurir. Pada akhirnya banyak perusahaan maupun instansi di bidang pengiriman membuka lowongan kurir yang bertanggung jawab untuk mengirimkan barang online ini kepada orang-orang di penjuru daerah lainnya. Karena kurir tidak memerlukan sekolah dan pelatihan khusus, ada baiknya untuk memastikan bahwa kamu memiliki keterampilan yang sesuai sebelum mulai melamar pekerjaan ini. Kami menyiapkan daftar keterampilan yang penting untuk dicantumkan dalam resume saat melamar sebagai kurir.

Baca juga: Contoh Portofolio Lamaran Kerja untuk Berbagai Posisi

Keterampilan #1: Keterampilan Mengemudi Dengan Aman

Sebagai seorang kurir, yang dibutuhkan tidak hanya keahlian dalam mengemudikan mobil ataupun motor. Melainkan kamu juga perlu memastikan bahwa kamu bisa mengemudi dengan aman. Pastikan bahwa kamu bisa mengantarkan barang dengan selamat sampai tujuan, dan pastikan bahwa kamu adalah pengemudi yang patuh dan mengerti etika dalam berkendara. Kamu juga perlu menuliskan bahwa kamu memiliki pengetahuan tentang Undang-Undang lalu lintas serta kemampuan dalam membaca rambu lalu lintas. Keahlian itu bisa membuat perekrut menilaimu dengan cara yang berbeda dari pelamar lainnya, karena yang kamu tawarkan bukan hanya keahlian tetapi kamu juga berani memastikan bahwa kamu bisa berkendara dengan aman dan selamat karena kamu telah memahami etika dalam berkendara. 

Keterampilan #2: Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan adalah salah satu keterampilan yang paling penting untuk dicantumkan. Karena kamu mengantar paket ke rumah orang dan kemungkinan besar kamu akan berinteraksi secara langsung dengan mereka. Dan tentu saja setiap hal tidak selalu berjalan mulus. Akan ada saat dimana kamu menemukan masalah pengiriman yang mengharuskan kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut kepada pihak penerima. Karena itu kamu harus bisa bersikap ramah dan siap memecahkan masalah apapun. Keterampilan ini yang tidak banyak dicantumkan oleh pelamar kurir lainnya.

Baca juga: Cara Daftar Driver Maxim Motor

Keahlian #3: Kemampuan untuk Multitasking

Sebagai kurir, kamu harus bisa melakukan banyak tugas karena kamu akan melakukan lebih dari satu hal sekaligus. Kamu akan diminta untuk menemukan alamat pengantaran, menemukan paket yang tepat, dan mengirimkannya ke rumah yang tepat. Jika masalah muncul dengan sebuah paket, kamu harus menangani masalah tersebut sambil memberikan pelayanan yang baik dan tetap menjaga ketepatan waktu. Kamu juga akan menempuh jarak yang jauh setiap harinya, jadi kamu harus yakin bahwa kamu dapat menangani banyak hal.

Keterampilan #4: Ketepatan waktu

Saat mengirimkan paket, kamu harus mematuhi jadwal yang ketat. Kamu akan memiliki sejumlah paket yang perlu dikirimkan saat itu juga atau pada hari-hari tertentu. Jika kamu kesulitan untuk menjadi tepat waktu, maka kamu perlu mengasah keterampilan ini sebelum melamar pekerjaan sebagai kurir. Kabar baiknya adalah bahwa dengan sedikit latihan, kamu bisa belajar untuk tepat waktu. Keterampilan ini juga akan berguna di bidang lain dalam hidupmu. Dan tentunya menjadi tepat waktu akan memungkinkan bagi kamu untuk membuat perekrut tertarik dengan kamu.

Keterampilan #5: Keterampilan Komunikasi Verbal dan Tulis yang  Baik

Kamu mungkin menghabiskan sebagian besar hari di belakang kemudi, tetapi kamu masih harus memiliki keterampilan komunikasi verbal yang sangat baik. Kamu akan tetap berhubungan dengan pengiriman sepanjang hari sehingga sangat penting untuk memiliki keterampilan berkomunikasi dengan benar.

Keterampilan menulis juga penting untuk karir ini. Kurir diharapkan mengisi formulir dan membuat laporan setiap hari. Kamu harus melakukannya secara akurat setiap kali. Memiliki keterampilan komunikasi yang tepat akan membuat bagian pekerjaan ini lebih mudah dan juga memastikan kamu membuat kesalahan sesedikit mungkin.

Keterampilan #6: Detail dan Teliti

Tentu saja kurir yang baik  adalah kurir yang mampu memperhatikan detail besar atau kecil. Karena kamu perlu merencanakan rute kamu setiap hari, perhatian terhadap sesuatu yang detail pasti akan berguna. kamu juga perlu memperhitungkan gangguan apapun yang mungkin bisa menghambatmu. Selain itu, memastikan kendaraanmu telah memiliki perawatan yang cukup dan dalam kondisi kerja yang baik adalah hal lain yang perlu kamu perhatikan. Bayangkan ketika kamu lalai dan abai terhadap kondisi kendaraanmu, justru itu bisa menjadi penghambat dalam bekerja.

Karir sebagai kurir adalah pekerjaan menjanjikan yang mungkin cocok untuk kamu. Semoga kamu beruntung jika kamu memutuskan untuk mengejar pekerjaan ini!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.