10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh portofolio lamaran kerja

Contoh Portofolio Lamaran Kerja untuk Berbagai Posisi

Banyak pelamar yang bingung bagaimana contoh portofolio lamaran kerja. Portofolio adalah lampiran dokumen yang menyertai aplikasi dan berisi kumpulan pekerjaan atau proyek yang telah Anda buat. 

Portofolio dirancang untuk membantu perusahaan mengevaluasi Anda sebagai pelamar dalam hal keterampilan dan kemampuan kerja Anda. Anda juga dapat meyakinkan perusahaan untuk melamar dengan portofolio Anda. 

Contoh portofolio yang baik adalah yang sederhana, menarik, dan mudah ditemukan oleh perekrut. Jika Anda ingin membuat portofolio, lampirkan ke resume Anda dalam format PDF sehingga Anda dapat melihat pekerjaan dan latar belakang Anda dalam satu dokumen. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Portofolio yang Baik Bagi Jobseeker

6 Contoh Portofolio Lamaran Kerja Untuk Berbagai Posisi

Untuk melamar sebuah posisi di perusahaan, tentu akan bersaing dengan banyak orang. Semakin baik portofolio yang Anda sajikan, maka HRD sebuah perusahaan akan semakin tertarik dengan kualifikasi Anda

1. Portofolio Desainer Grafis 

Portofolio adalah sarana promosi diri untuk lamaran kerja. Saat melamar posisi desain grafis, Anda harus menyertakan pekerjaan, proyek, testimonial dari klien desain sebelumnya, atau hasil karya desain yang pernah Anda kerjakan di kantor sebelumnya. 

Anda harus menunjukkan keterampilan dan bakat desainer. Rancangan pekerjaan atau proyek desain dianggap sesuai dengan standar yang diinginkan kantor. Selain itu, portofolio desainer grafis harus jujur ​​jika karya ini bukan hasil menjiplak atau mengadaptasi karya orang lain. Banyak contoh portofolio lamaran kerja posisi ini yang bisa kamu coba untuk belajar membuatnya.

2. Portofolio Penulis Konten 

Penulis konten juga membutuhkan portofolio untuk melamar pekerjaan. Portofolio ini dapat berisi artikel yang diterbitkan. Ini memberikan gambaran umum tentang penulis konten. Untuk membuktikan keterampilan menulis, Anda harus menyertakan berbagai bukti karya. 

Contoh portofolio lamaran kerja posisi ini dapat menyertakan tautan ke artikel yang diterbitkan serta foto utama artikel. Jika Anda tidak memiliki pengalaman, Anda dapat menulis artikel atau mempresentasikan dokumen yang berhubungan dengan posisi yang di lamar.

Baca juga: Inilah Cara Menulis Objective dalam CV Mudah

3. Portofolio Arsitek 

Untuk menjadi seorang arsitek, Anda memerlukan portofolio untuk melamar pekerjaan. Portofolio seorang arsitek adalah media untuk menggambarkan keterampilan dan atribut melalui pekerjaan yang dilakukan. 

contoh portofolio lamaran kerja Arsitek menunjukkan kepada perusahaan yang melamar apakah Arsitek cocok untuk proyek yang direncanakan perusahaan. Selain itu, media juga menunjukkan kesediaan arsitek untuk melakukan proyek masa depan untuk peluang proyek yang serupa. 

4. Portofolio Pengembang Web 

Pengembang web adalah pekerjaan yang merancang, membangun, dan memelihara situs web. Portofolio ini dapat Anda gunakan untuk melamar ke perusahaan pengembang perangkat lunak, perusahaan teknologi, atau kantor yang membutuhkan pengembang web. 

Sebagai pengembang web, tunjukkan situs web yang Anda buat atau rancang sebagai portofolio. Anda dapat menjelaskan dalam PDF apa yang ada di situs, bagaimana situs itu dibuat, dan apa yang dilakukan situs tersebut. 

5. Portofolio Copywriter 

Copywriter adalah penulis yang berfokus pada pemasaran verbal dalam konten. Jika Anda melamar pekerjaan copywriting, Anda perlu tahu contoh portofolio lamaran kerja untuk membuatnya terlihat menarik bagi perusahaan tempat Anda melamar. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat portofolio copywriter, antara lain: B. Buat website atau lampirkan copywriting Anda dalam format PDF. Hasil copywriting dapat berupa postingan dari akun yang Anda edit saat menjadi copywriter. 

Saat menelusuri situs web, Anda dapat melihat permainan kata di situs web dan gambar yang digabungkan dengan kata-kata. Jangan lupa sertakan detail kontak Anda agar kami dapat dengan mudah menghubungi kantor yang Anda lamar. 

Baca juga: [Wajib Tahu] Keterampilan Yang Perlu Dicantumkan pada CV Saat Melamar Pekerjaan Sebagai Kurir

 6. Portofolio Desain Interior 

Desain interior adalah kegiatan yang berkaitan dengan penyediaan ruang untuk memenuhi persyaratan untuk mencapai kenyamanan, kepuasan kebutuhan fisik dan emosional, dan keselamatan pemakainya. 

Desainer interior juga diwajibkan untuk menyerahkan portofolio saat melamar pekerjaan. Portofolio ini berisi desain untuk ruang yang telah Anda rancang, termasuk deskripsi desain dan pilihan warna interior yang berhubungan dengan fungsi ruang. 

Portofolio desain yang terdaftar harus mencakup seluruh ruangan, merinci elemen desain seperti furnitur dan ruangan. Semakin detail yang bisa Anda tunjukkan, tentu akan memiliki nilai tambah dari HRDDemikian penjelasan singkat mengenai gambaran portofolio untuk beberapa posisi. Untuk Anda yang sedang bingung membuat portofolio, semoga artikel contoh portofolio lamaran kerja berikut bisa bermanfaat dan membantu dalam mendapatkan pekerjaan impian

Bagikan Artikel: