10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menulis objective dalam cv

Inilah Cara Menulis Objective dalam CV Mudah

Cara menulis objective dalam CV bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan. Ketika melamar pekerjaan, CV atau Curriculum Vitae memang harus dicantumkan. Surat tersebut juga dikenal dengan nama Daftar Riwayat Hidup.

Daftar Riwayat Hidup atau CV bisa ditulis menggunakan tangan secara langsung atau manual atau diketik. Hal tersebut tergantung permintaan dari masing-masing lowongan pekerjaan yang akan Anda lamar.

Baca juga: Cara Menulis Skill dalam CV yang Benar dan Menarik

Cara Menulis Objective dalam CV dengan Baik

Menulis objective dalam CV terkadang masih terasa membingungkan bagi sebagian orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang belum memahami secara pasti langkah-langkah penulisan CV yang baik dan benar.

Bagaimanapun juga, Anda Harus memahami dengan betul cara menulis Objective dalam CV. Hal ini tentunya akan dipertimbangkan oleh pemilik perusahaan tempat Anda Melamar kerja. Jadi, jangan sampai salah menulis ya.

Untuk melakukan cara untuk menulis Objective dalam CV dengan benar, inilah langkah-langkah yang perlu Anda Lakukan.

Baca juga: Berikut Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja

1. Menyebutkan karakteristik yang Anda Miliki

Untuk cara menulis Objective dalam CV yang pertama adalah dengan menyebutkan karakteristik yang Anda Miliki. Anda Bisa menyebutkan setidaknya dua hingga tiga karakter positif yang bisa mendukung untuk mendapatkan posisi yang dituju.

Contohnya saja, jika Anda ingin melamar kerja sebagai seorang Customer Service, maka bisa menyebutkan keunggulan seperti memiliki kesabaran tinggi, memiliki kemampuan bicara yang baik, dan lain-lain.

Hal tersebut tentunya akan mendukung data diri Anda untuk nantinya dipertimbangkan oleh si pembuka lowongan pekerjaan. Jadi, tidak perlu ragu untuk menyebutkan kelebihan yang Anda punya.

2. Pencapaian dan pengalaman yang dimiliki

Ketika menuliskan Objective atau Introduction dalam sebuah Daftar Riwayat Hidup, Anda juga bisa menuliskan tentang pengalaman kerja yang dimiliki. Sebagian orang tentu saja memang telah memiliki pengalaman kerja.

Perusahaan akan merasa senang jika pelamar sudah memiliki pengalaman yang mendukung posisi lowongan pekerjaan yang dilamar. Ini menunjukkan bahwa si pelamar sudah memiliki kesiapan dan kematangan.

Anda bisa menuliskan kalimat dengan memperhatikan poin pentingnya. Contohnya saja, “saya sudah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun sebagai seorang sales marketing dan telah berhasil meningkatkan penjualan hingga …….”

3. Menceritakan tujuan dari karir

Kalimat objektif lain yang bisa Anda tuliskan dalam Introduction sebuah CV adalah menceritakan tentang tujuan karir. Setiap orang tentu memiliki tujuan karir dan harapan yang berbeda-beda jika kelak diterima pada perusahaan yang dilamar.

Anda bisa melihat kontribusi apa yang kelak Anda Bisa berikan jika memang terpilih untuk menjadi seorang karyawan atau pegawai di perusahaan tersebut. Untuk Anda ketahui, tetaplah realistis dalam menyampaikan tujuan karir.

Sesuaikan tujuan karir dengan pekerjaan yang akan dilamar agar tepat sasaran. Jika saja Anda melamar sebagai seorang marketing atau sales, arahkan karir Anda tentang bagaimana motivasi dalam meningkatkan penjualan.

4. Mencocokkan Objective dengan Pekerjaan yang akan dilamar

Langkah dan cara menulis Objective dalam CV lainnya adalah mentargetkan posisi pekerjaan tertentu. Dengan memberikan patokan pada posisi yang akan dilamar, ini menunjukkan bahwa Anda Benar-benar serius.

Jika Anda sudah memfokuskan posisi yang akan dilamar, besar kemungkinan jika Anda akan diterima dalam posisi tersebut. Maka, Anda harus merasa percaya diri dalam menuliskan posisi yang benar-benar ingin dilamar.

5. Menyebutkan riwayat pendidikan

Cara menulis Objective dalam CV Ini merupakan hal penting yang harus Anda tuliskan ketika belum memiliki pengalaman kerja sama sekali atau masih baru lulus. Anda bisa menonjolkan pendidikan yang telah Anda lalui.

Pendidikan tersebut nantinya akan memberikan nilai tersendiri. Jika Anda merasa memiliki keterampilan yang memang benar-benar menonjol, jangan ragu untuk mengungkapkannya dalam Daftar Riwayat Hidup.

6. Menuliskan kata kunci

Ketika Anda sudah menyelesaikan CV yang akan digunakan untuk melamar pekerjaan, gunakan kata kunci yang tepat. Kata kunci bisa dituliskan pada tahap terakhir penulisan Daftar Riwayat Hidup.

Cara ini akan membuat pelamar menjadi lebih mengerti dan paham tentang Daftar Riwayat Hidup yang dituliskan serta mendapatkan ide untuk nantinya ditulis pada Objective CV Anda.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Menuliskan CV atau Daftar Riwayat Hidup harus dilakukan dengan benar-benar teliti dan tanggungjawab. Gunakan bahasa yang baik dan benar dan praktikkan cara menulis Objective dalam CV agar hasilnya memuaskan

Bagikan Artikel: