10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja

Contoh & Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja

Ketika Anda sedang menjalani interview sebuah pekerjaan, tentu Anda butuh pengetahuan mengenai cara menjawab pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja. Walau terlihat cukup mudah untuk dijawab, namun bagaimana jika status Anda dalam posisi tengah bekerja?

Agar bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat, tentu ada beberapa faktor yang perlu Anda perlu perhatikan. Beberapa pertimbangan atas jawaban Anda nanti tentu perlu melihat kondisi kantor Anda terlebih dahulu. 

Sebagai contoh, Anda tentu harus memperhitungan perihal resign notice, pertimbangan pekerjaan baru dengan keluar, serta lain-lainnya. Dalam banyak kasus, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai rencana ke depannya. 

Baca juga: Cara Menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami”

Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja Terbaru

Sebelum mengikuti interview kerja, tentu menjadi perihal penting bagi Anda untuk memikirkan setiap pertanyaan yang akan dikeluarkan pihak rekruter. Dengan persiapan yang matang, Anda tentu dapat mengetahui cara menjawab kapan Anda dapat mulai bekerja. 

Cobalah perluas informasi Anda untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika dalam hal ini, Anda masih saja bingung, maka melalui kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa cara untuk menjawab pertanyaan kapan waktu terbaik untuk mulai bekerja di perusahaan baru. 

1. Anda Dalam Posisi Siap Untuk Bergabung

Jika status pelamar sedang tidak memiliki pekerjaan, tentu mengetahui cara menjawab pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja terlihat lebih mudah. Pada banyak kasus, tidak sedikit pelamar yang langsung menjawab “Mulai Besok”.

Walau terdengar cukup baik, namun perlu diketahui jika jawaban “Mulai Besok” dapat memberikan kesan yang berbeda bagi rekruter. Alih-alih ingin terlihat antusias, jawaban tersebut sebenarnya dapat memberikan kesan keputusasaan karena Anda sudah tidak lama mendapat pekerjaan. 

Jika bingung, maka jawaban yang paling tepat untuk dipilih yaitu “Secepatnya” atau “as soon as possible”. Selain itu, jawaban lain yang bisa pelamar sampaikan juga “Mulai di awal minggu berikutnya”.

2. Anda Masih Mempertimbangkan Pekerjaan yang Lain

Meski jarang ditemukan, namun kondisi satu ini bisa terjadi pada dirimu. Ketika kamu dalam kondisi ini, jangan panik karena hal tersebut dapat menjadi bahan penilaian oleh pihak rekruter. 

Cobalah untuk selalu menentukan setiap pilihan jawaban yang keluar dengan benar. Cara menjawab pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja yang salah adalah dengan tidak memikirkannya secara baik dan teliti. 

Dalam hal ini, sangat tepat jika pelamar meminta waktu yang lebih lama untuk berpikir sejenak. Dengan tambahan waktu tersebut, tentunya pelamar akan mendapatkan jawaban yang lebih memuaskan dan mantab. 

3. Anda Ingin Menyelesaikan One Month Notice Terlebih Dahulu

Dibandingkan dengan dua kondisi sebelumnya, kondisi ini sebenarnya lebih sulit. Jika Anda masih dalam status pekerja di perusahaan lain, maka ada baiknya Anda memutuskan untuk resign terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan yang baru. 

Pada beberapa perusahaan, biasanya mereka akan memberikan one month notice atas pengajuan resign yang diajukan karyawan. Jika pelamar mendapatkan one month notice tersebut, maka pelamar harus mengatakan ke perusahaan yang baru atas kondisi sebenarnya. 

Dalam hal ini, pelamar harus mengatakan bahwa dirinya baru siap untuk mulai bekerja satu bulan dari one month notice tersebut dibuat. Cara menjawab pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja saat dalam kondisi tersebut yaitu sebagai berikut. 

Dengan menjelaskan kondisi yang sebenarnya, maka bisa dipastikan pihak recruiter akan memahami dan mempertimbangkan ulang atas jawaban Anda. Dalam hal ini, maka bisa disimpulkan jika cara menjawab pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja yang baik adalah dengan kejujuran. 

4. Jika Anda Membutuhkan Waktu Untuk Beristirahat Terlebih dahulu

Beberapa orang kerap menjadikan kesempatan pindah kantor atau perusahaan sebagai sarana untuk beristirahat sejenak dari kesibukan pekerjaan yang biasa dijalani sehari hari. Pasalnya dengan beristirahat sejenak, Anda dapat mengembalikan kembali energi yang telah terkuras sebelumnya untuk menghadapi pekerjaan baru yang nantinya juga akan menguras energi Anda.

Untuk itu, Saat Anda di tanyakan oleh recruiter kapan Anda dapat mulai bekerja? Anda dapat menjadikan jawaban ini sebagai salah satu pertimbangan jawaban yang akan diberikan. Untuk menjawabnya, Anda tidak perlu menjelaskan secara detail terkait alasan istirahat yang Anda butuhkan. Yang perlu diberi tahu hanyalah tanggal yang telah Anda tentukan dan dirasa cukup untuk beristirahat sejenak.

5. Jika Anda ingin Menyerahkan Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Sebagai salah satu calon kandidat yang dirasa sudah terpilih menjadi kandidat yang paling sesuai, Anda juga berhak untuk menyerahkan kembali kepada perusahaan terkait kapan waktu yang tepat untuk Anda bergabung. 

Jika tanggal yang diajukan perusahaan dirasa sesuai dengan ekspektasi yang Anda harapkan, Maka Anda hanya perlu menjawabnya dengan kalimat “saya bersedia.” Namun jika dirasa tanggal yang ditetapkan tidak sesuai dengan ekspektasi Anda, Anda dapat meminta pertimbangan untuk merubah tanggal bergabung Anda.

6. Jika Anda Membutuhkan Waktu Transisi

Waktu transisi biasanya dibutuhkan untuk beberapa calon karyawan yang masih memiliki beberapa tanggung jawab di perusahaan sebelumnya. Waktu ini umumnya dibutuhkan oleh calon kandidat yang tidak memiliki kebijakan one month notice di perusahaan sebelumnya. 

Karena walaupun perusahaan tidak menetapkan kebijakan one month notice, Alangkah baiknya Anda meluangkan waktu transisi sebelum bergabung dengan perusahaan baru untuk sekedar mengucapkan salam perpisahaan ke anggota lainnya atau menyelesaikan beberapa tanggung jawab yang Anda rasa belum terselesaikan.

Baca juga: Cara Menjawab “Pencapaian Terbesar Dalam Hidup” Saat Wawancara Kerja”

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjawab Pertanyaan Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja?”

1. Pertimbangkan Status yang Anda miliki di perusahaan sebelumnya

Jika Anda memutuskan untuk pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, Ada baiknya Anda juga memperhatikan status karyawan yang melekat pada diri Anda di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini. 

Hal ini sangat penting untuk menghindari konflik perjanjian antara perusahaan dengan Anda. Namun jika Anda merasa tidak memiliki perjanjian apapun dengan perusahaan sebelumnya, Anda dapat menjawab pertanyaan “Kapan Anda dapat mulai bekerja?” susuai dengan keinginan Anda.

2. Memahami Kebutuhan Perusahaan Terkait Posisi Tersebut

Beberapa posisi di banyak perusahaan memang kerap menjadi posisi yang sangat central, Untuk itu, dibutuhkan pekerja secepat mungkin agar jalannya pekerjaan tersebut tidak terhenti karena kekosongan karyawan pada posisi tersebut. 

Untuk itu, dalam menjawab pertanyaan“Kapan Anda dapat mulai bekerja?” Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan perusahaan akan posisi yang Anda lamar. Hal ini penting Agar Anda tidak memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan ekspektasi perusahaan sehingga Anda gagal untuk menjadi salah satu kandidat yang paling sesuai.

3. Hitung Waktu Yang Anda Butuhkan Untuk Persiapan

Hal ini sangat perlu Anda pertimbangkan terlebih bagi Anda yang berdomisili berbeda dengan perusahaan tempat anda akan bekerja nantinya. Sebelum menjawab pertanyaan “Kapan Anda dapat mulai bekerja?” Ada baiknya Anda menghitung hari yang Anda butuhkan untuk melakukan berbagai persiapan sebelum nantinya Anda siap untuk memulai bekerja.

Tips Memberi Jawaban Interview “Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja?”

1. Memberikan Jawaban Dengan Menunjukan Antusiasme Yang Tinggi

Menanggapi pertanyaan “Kapan Anda dapat mulai bekerja?” dengan antusiasme tinggi dapat menimbulkan kesan jika Anda merupakan kandidat yang sesuai dan memiliki passion dalam pekerjaan tersebut. Namun jangan memberikan sikap over saat menunjukan antusias tersebut. Karena over antusias juga akan membuat Anda memiliki kesan negatif dimata recruiter.

2. Jawab Jujur Sesuai Kondisi Yang Sebenarnya

Jujur memang menjadi hal yang paling menentukan saat Anda melakukan interview kerja. Karena menjawab pertanyaan “Kapan Anda dapat mulai bekerja?” dengan jawaban berbohong akan dengan mudah diketahui oleh recruiter. Untuk itu, Anda dapat menjawabnya sesuai dengan kondisi yang memang Anda alami saat itu.

3. Lugas Dan Tidak Terbata Bata

Pastikan kamu menjawab dengan jelas dan lugas dan tidak terbata bata. Karena jika Anda memberikan jawaban yang terbata bata dan bertele tele akan membuat recruiter menjadi tidak yakin dengan alasan yang Anda berikan.

4. Tunjukan Sikap Profesional Dan Hindari Alasan Personal

Hindari menggunakan jawaban yang terkait dengan persoalan personal kepada recruiter. Anda dapat memberikan alasan yang bersifat profesional kepada recruiter agar Anda tetap memiliki kesan positif di mata recruiter. 

Alasan HRD Menanyakan Kapan Mulai Bisa Bekerja

Terdapat beberapa alasan yang membuat HRD menanyakan “Kapan Anda dapat mulai bekerja?”. Oleh karena itu jawaban tersebut wajib dipikirkan dengan baik agar bisa memenuhi harapan HRD dan bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

1. Recruiter Yakin Dengan Kemampuan Anda

Alasan pertama HRD menanyakan “Kapan Anda dapat mulai bekerja?” adalah karena recruiter telah yakin dengan kemampuan Anda dan menjadikan Anda sebagai salah satu kandidat terbaik. Untuk itu banyak dari calon kandidat yang telah di tanyakan pertanyaan ini diterima oleh perusahaan tersebut.

2. Mengukur Antusias Dan Kesiapan 

Namun Anda juga tetap tidak boleh terlalu percaya diri ketika HRD mengeluarkan pertanyaan “Kapan Anda dapat mulai bekerja?”. Sebab alasan lain kenapa HRD menanyakan pertanyaan tersebut adalah mencari tahu seberapa Antusias dan kesiapan Anda dalam menerima pekerjaan tersebut

3. Melihat Kemampuan Anda Dalam Menyikapi Diri

Alasan lain yang dimiliki HRD saat menanyakan “Kapan Anda dapat mulai bekerja?” untuk melihat bagaimana cara Anda menyikapi kondisi diri saat menghadapi situasi tersebut. Terlebih lagi saat Anda sedang bekerja atau terikat kontrak dengan perusahaan lain.

HRD ingin memahami bagaimana cara kamu dalam menyikapi kontrak tersebut karena merupakan cerminan sikap kamu terhadap perusahaan. Oleh karena itu bukan berarti kamu bisa langsung mengabaikan perusahaan lama begitu saja.

Contoh Jawabannya Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja

Contoh Jawaban Dalam Posisi Siap Bergabung

“Saya dapat mulai bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Meski demikian, saya juga membutuhkan waktu untuk melakukan persiapan agar saya bisa lebih siap dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan”.

“I can start working according to the company’s needs. However, I also need time to prepare so that I can be better prepared to carry out each assignment given.”

Contoh Jawaban Saat Masih Mempertimbangkan Kesempatan Lainnya

“Setelah saya memahami pekerjaan yang diberikan, saya merasa cocok dan tertarik dengan pekerjaan tersebut. Meski demikian, bolehkah saya memberikan keputusan akhir di beberapa hari ke depan?”.

“After I understood the job given, I felt fit and interested in the job. However, may I make a final decision in the next few days?”

Contoh Jawaban Saat Ingin Menyelesaikan One Month Notice Terlebih Dahulu

“Lewat kesempatan yang bapak/ibu telah berikan, sebelumnya terima kasih karena saya sudah dapat diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini. Meski demikian, perlu saya sampaikan jika saya harus memenuhi kebijakan di tempat kerja saya sebelumnya”.

“Through the opportunity that you have given me, thank you in advance because I have been given the opportunity to work at this company. However, I need to say that I have to comply with the policies at my previous workplace.”

Contoh Jawaban Jika Anda Membutuhkan Waktu Untuk Beristirahat Terlebih dahulu

Untuk saat ini, saya masih harus memberikan notice ke tempat kerja saya dan masih perlu menyelesaikan beberapa kewajiban. Jadi, saya baru bisa mulai bekerja sekitar (perkiraan tanggal).

At the moment, I have to give notice and see some of my personal obligations. Therefore, I’m available to start on (estimated date).

Contoh Jawaban Jika Menyerahkan Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Saya bisa mulai bekerja sesuai kebutuhan perusahaan. Saya akan sangat berterima kasih jika diberi waktu sekitar 3-5 hari untuk siap-siap terlebih dahulu. Akan tetapi, saya juga cukup fleksibel jika memang perusahaan membutuhkan saya sedikit lebih awal.

I am available to start whenever you need me to start. I would greatly appreciate a few days, probably 3-5 days, to do some preparations before I start, but I can be flexible if you need me before then.

Contoh Jawaban Jika Anda Membutuhkan Waktu Transisi

Saat ini, saya masih mengerjakan project yang cukup penting dan ingin menyelesaikannya sampai sekitar (perkiraan tanggal) agar transisi dengan karyawan baru juga bisa berjalan lancar.

I am still working on some important projects at my current workplace and would like to remain until (estimated date) to ensure a smooth transition.

Temukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan Anda dengan mudah lewat Pintarnya, Ada begitu banyak lowongan kerja yang tersedia untuk Anda yang telah melalui proses vefirikasi sehingga dipastikan Aman dan bukan penipuang. Tunggu apalagi? Mulai karirmu segera dengan download Aplikasi pintarnya Atau Kungjungi Website Pintarnya.

Bagikan Artikel: