apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami

Cara Menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami”

Umumnya perekrut kerja akan bertanya perihal pengetahuan para pencari kerja tentang perusahaan yang dilamar. lalu, bagaimana cara menjawab “apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami”? Untuk menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Biasanya perekrut akan mengukur seberapa tertarik Anda dengan pekerjaan dan juga perusahaan yang Anda lamar. Jika Anda gagal menjawab, maka interview tersebut nantinya akan cepat selesai dari yang seharusnya. sebab perekurt menilai Anda tidak tertarik dengan perusahaan tersebut.

Cara Menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?”

1. Melakukan Riset Melalui Media Sosial

Riset menjadi hal paling penting yang Anda wajib lakukan. Anda dapat melakukan riset melalui media social, seperti Google, Twitter, YouTube, LinkedIn, atau Instagram. Nantinya dengan riset melalui media sosial tersebut akan terbentuk gambaran yang lebih dalam terkait perusahaan yang tengah Anda lamar tersebut.

Umumnya riset yang dilakukan melalui media sosial menjadi hal yang paling mudah yang dapat Anda lakukan. Karena bukan hanya dari akun sosial media milik perusahaan tersebut, Anda juga dapat mengintip beberapa akun media sosial karyawan di perusahaan tersebut untuk menilai bidang usaha yang dijalankan serta sisi positif maupun negatif yang dimiliki perusahaan tersebut.

2. Melakukan Riset Melalui Website Resmi Perusahaan

Melakukan riset melalui website umumnya akan membuat Anda mengetahui hal hal formal terkait perusahaan yang sebelumnya belum Anda temukan di riset sosial media. Seperti halnya visi dan misi perusahaan, company profile maupun cabang cabang dari perusahaan tersebut.

Bahkan Anda juga bisa mencari program atau proyek terbaru yang tengah dikembangkan oleh perusahaan tersebut jika perusahaan tersebut memang selalu update akan berita seputar perusahaan. Gunakan mesin pencarian yang biasa Anda gunakan untuk memunculkan perusahaan yang tengah Anda lamar tersebut. Yang patut Anda perhatikan lainnya adalah struktur organisasi dan jajaran eksekutif perusahaan yang umumnya tercantum dalam website resmi perusahaan. 

3. Melakukan Riset Melalui LinkedIn

Linkedin juga kerap menjadi salah satu media yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk melakukan update beberapa hal penting terkait perusahaan tersebut. Jika Anda melakukan riset melalui Linkedin terlebih dahulu, Anda dapat mengetahui siapa saja orang orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut dan sejauh mana kemampuan dan keahlian orang orang yang berada di dalamnya.



4. Siapkan jawabanmu Sebelum Interview Berlangsung

Jika Anda sudah mengumpulkan segala informasi yang dibutuhkan terkait dengan perusahaan, Langkah selanjutnya adalah menyiapkan jawaban dari pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” sesuai dengan pengetahuan yang Anda dapatkan dari riset tersebut.

Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mengumpulkan beberapa poin yang dirasa penting yang nantinya akan Anda susun menjadi sebuah penjelaskan yang menjelaskan perusahaan tersebut. Selalu utamakan sikap positif dan antusias agar recruiter terkesan dengan jawaban yang Anda berikan.

5. Tunjukkan Antusiasme dan Semangat Tinggi

Dalam menjawab pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” jangan lupa untuk menyertakan jawaban tersebut dengan antusias dan semangat yang tinggi. Jelaskan alasan kenapa Anda minat dengan perusahaan tersebut dan kaitkan dengan sejarah serta profil perusahaan tersebut dengan alasan yang Anda berikan.

6. Hindari Beberapa Jawaban Agar Tidak Membuat Kesan Negatif

Hindari juga beberapa kalimat jawaban yang kerap dilakukan banyak orang yang justru akan memberikan kesan kurang baik di mata recruiter. beberapa kalimat yang mesti Anda hindari dalam menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” adalah berikut:

  • Segala informasi negatif yang Anda ketahui seputar perusahaan tersebut
  • Penjelasan perusahaan yang tidak dilandasi dengan fakta
  • Jawaban yang bertele tele dan panjang

Baca juga: Cara Menjawab “Alasan Melamar Pekerjaan Ini?” Saat Interview

Jawaban Yang Harus Dihindari Dalam Menjawab Pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?”

Dikutip dari Zippia, terdapat tips dalam menjawab pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?”. Sehingga dapat diperoleh kesimpulan, berikut ini jawaban yang harus dihindari dalam menjawab pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” yaitu :

1. Mengungkit Semua Yang Anda Temukan

Anda sebaiknya tidak memberikan informasi terlalu banyak tentang perusahaan, terutama jika itu tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar. Fokuslah pada informasi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda incar.



2. Mengutip Kata-Kata Kasar Yang Diposting Oleh Karyawan Secara Online

Tidak ada alasan untuk membawa masalah atau komentar negatif yang pernah diposting oleh karyawan perusahaan secara online. Ini tidak akan memberikan kesan positif kepada pewawancara.

3. Menyebutkan Informasi Pribadi Tentang Anggota Staff

Hindari membicarakan informasi pribadi tentang anggota staf perusahaan, seperti kehidupan pribadi atau masalah pribadi yang tidak relevan dengan pekerjaan Anda.

4. Tidak  Berpegang Pada Topik Yang Aman

Jangan membicarakan hal-hal yang dapat memicu ketegangan, seperti politik atau isu-isu kontroversial. Berpeganglah pada topik yang aman dan relevan dengan pekerjaan dan perusahaan.

5. Berlebihan

Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan informasi tentang perusahaan. Jaga keseimbangan antara memberikan informasi yang cukup untuk menunjukkan minat Anda dan tidak terlihat berlebihan.

6. Tidak Memikirkan  Pertanyaan Untuk Ditanyakan

Jangan lupa untuk menyiapkan pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada pewawancara tentang perusahaan. Ini menunjukkan minat dan persiapan Anda.

7. Tidak Memuji Perusahaan

Hindari memberikan tanggapan negatif atau tidak memberikan pujian kepada perusahaan. Cobalah untuk memberikan tanggapan yang positif dan berfokus pada hal-hal yang Anda kagumi tentang perusahaan

Baca juga: 20 Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Beserta Contohnya!

Contoh Jawaban Pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?”

1. Perusahaan Kesehatan

Fokus pada sejarah, reputasi, teknologi, dan nilai-nilai perusahaan kesehatan. Jelaskan bagaimana pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut berkaitan dengan minat dan nilai Anda.

“Perusahaan kesehatan ini, sejauh yang saya ketahui, telah berdiri selama lebih dari dua dekade dan memiliki reputasi yang sangat baik dalam menyediakan perawatan kesehatan berkualitas tinggi kepada pasien. Saya tahu bahwa perusahaan ini memiliki beberapa fasilitas medis terkemuka di kota ini, dan telah menerima penghargaan atas pelayanannya yang luar biasa. Salah satu hal yang menarik bagi saya adalah fokus perusahaan ini pada inovasi dalam teknologi medis, seperti penggunaan sistem rekam medis elektronik yang canggih. Saya juga tahu bahwa perusahaan ini aktif dalam program-program sosial yang mendukung kesehatan masyarakat, seperti kampanye kesehatan pencegahan dan pendidikan masyarakat. Ini adalah salah satu alasan mengapa saya tertarik untuk berkontribusi di sini, karena saya percaya dalam memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.”

2. Perusahaan Swasta

Soroti stabilitas, adaptasi, komitmen terhadap keberlanjutan, budaya kerja, dan inovasi dalam perusahaan swasta. Tunjukkan bagaimana nilai-nilai perusahaan tersebut sejalan dengan Anda.

“Perusahaan swasta ini telah menjadi pemain kunci dalam industri kami selama bertahun-tahun. Salah satu hal yang saya ketahui adalah bahwa perusahaan ini dikenal dengan ketahanan dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan perubahan pasar yang cepat. Saya juga tahu bahwa perusahaan ini memiliki komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan lingkungan dan telah mengadopsi banyak praktik ramah lingkungan dalam operasinya. Selain itu, perusahaan ini memiliki budaya kerja yang mendukung inovasi dan kolaborasi di seluruh lini bisnis. Saya sangat mengagumi bagaimana perusahaan ini telah menciptakan lingkungan yang memungkinkan karyawan berkembang dan berkontribusi dengan maksimal.”

3. Perusahaan Teknologi

Soroti inovasi, produk unggulan, penelitian dan pengembangan, serta komitmen terhadap inklusi dan diversitas dalam perusahaan teknologi. Jelaskan bagaimana minat Anda dalam teknologi cocok dengan visi perusahaan tersebut.

“Perusahaan teknologi ini telah menjadi perintis dalam industri kami. Dari yang saya ketahui, perusahaan ini terkenal dengan produk-produk inovatifnya, terutama dalam pengembangan perangkat lunak yang sangat canggih. Salah satu pencapaian besar yang saya tahu adalah peran perusahaan ini dalam menciptakan produk yang telah mengubah cara kita bekerja dan berkomunikasi. Saya juga tahu bahwa perusahaan ini sangat berorientasi pada penelitian dan pengembangan, dan telah berinvestasi besar dalam mendukung tim teknisnya. Fokus perusahaan ini pada inklusi dan diversitas juga menarik perhatian saya, karena saya percaya keragaman adalah kunci untuk merangsang kreativitas dan inovasi.”

4. Perusahaan Manufaktur

Fokus pada sejarah, fasilitas produksi, rantai pasokan, dan komitmen terhadap pengembangan karyawan dalam perusahaan manufaktur. Jelaskan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada efisiensi dan kualitas produksi.

“Perusahaan manufaktur ini, sebagaimana yang saya ketahui, memiliki sejarah panjang dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi. Saya tahu bahwa perusahaan ini memiliki fasilitas produksi modern yang sangat canggih dan telah berkomitmen untuk memenuhi standar kualitas tertinggi dalam industri ini. Selain itu, perusahaan ini telah menciptakan jaringan rantai pasokan yang sangat efisien, memungkinkan mereka untuk memberikan produk kepada pelanggan dengan cepat dan efisien. Saya juga tahu bahwa perusahaan ini memahami pentingnya pelatihan dan pengembangan karyawan, dan telah mengadopsi program-program pelatihan yang kuat untuk memastikan bahwa tim mereka tetap berkompeten.”

5. Perusahaan Startup

Soroti inovasi, budaya kerja kolaboratif, dan semangat tim dalam perusahaan startup. Jelaskan bagaimana minat Anda dalam inovasi dan kerja tim cocok dengan perusahaan ini.

“Perusahaan startup ini telah membuat gebrakan dalam industri teknologi dengan produk inovatif mereka. Dari yang saya ketahui, perusahaan ini didirikan hanya beberapa tahun yang lalu, tetapi telah berhasil menarik perhatian banyak pelanggan dan investor berkat solusi yang mereka tawarkan. Saya juga tahu bahwa perusahaan ini memiliki budaya kerja yang sangat kolaboratif, di mana ide-ide kreatif selalu diterima dengan baik. Salah satu hal yang paling menarik bagi saya adalah bagaimana perusahaan ini telah membangun tim yang bersemangat dan berkomitmen untuk mencapai visi mereka, meskipun perjalanan startup mungkin tidak selalu mulus.”

6. Perusahaan Keuangan

Soroti sejarah, reputasi, pendidikan keuangan, dan komitmen terhadap keamanan data dalam perusahaan keuangan. Jelaskan bagaimana perusahaan berhasil dalam menggapai kepercayaan customernya.

“Perusahaan keuangan ini telah menjadi pemimpin dalam industri ini selama beberapa dekade. Saya tahu bahwa perusahaan ini memiliki reputasi yang kuat dalam manajemen investasi yang cerdas dan aman. Dari yang saya ketahui, perusahaan ini juga aktif dalam pendidikan keuangan masyarakat, dengan menyediakan berbagai sumber daya pendidikan dan seminar. Saya juga tahu bahwa perusahaan ini memiliki komitmen yang tinggi terhadap keamanan data dan perlindungan privasi pelanggan, yang sangat penting dalam era digital saat ini.”

7. Perusahaan Logistik

Soroti jaringan distribusi, efisiensi, teknologi logistik, dan pelatihan karyawan dalam perusahaan manufaktur logistik.

“Perusahaan logistik ini telah berperan penting dalam mendukung rantai pasokan banyak perusahaan. Dari yang saya ketahui, mereka memiliki jaringan distribusi yang sangat luas dan telah menginvestasikan banyak sumber daya dalam teknologi logistik yang canggih. Perusahaan ini juga berfokus pada efisiensi dan pengiriman yang tepat waktu. Saya juga tahu bahwa mereka memberikan pelatihan yang komprehensif kepada karyawan mereka untuk memastikan bahwa mereka memahami seluruh proses logistik.”

8. Perusahaan Kimia

Soroti produk kimia, pengujian kualitas, keberlanjutan, dan penelitian dalam perusahaan manufaktur kimia. Jelaskan bagaimana minat Anda dalam kimia dan lingkungan cocok dengan perusahaan ini.

“Perusahaan manufaktur kimia ini terkenal karena produksi bahan kimia yang digunakan dalam berbagai industri. Dari yang saya ketahui, perusahaan ini memiliki fasilitas produksi yang sangat canggih dan menjalani pengujian kualitas yang ketat untuk memastikan keamanan produk. Mereka juga memiliki fokus yang kuat pada keberlanjutan dan telah mengembangkan produk-produk ramah lingkungan. Saya juga tahu bahwa perusahaan ini terlibat dalam penelitian bahan kimia baru yang dapat membantu berbagai sektor.”

9. Perusahaan Manufaktur Barang Konsumen

Soroti produk yang digunakan sehari-hari, komitmen terhadap kualitas, dan keselamatan konsumen dalam perusahaan manufaktur barang konsumen. Jelaskan bagaimana minat Anda dalam produk konsumen cocok dengan perusahaan ini.

“Perusahaan manufaktur barang konsumen ini telah menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen selama bertahun-tahun. Dari yang saya ketahui, mereka menghasilkan berbagai produk yang digunakan sehari-hari oleh banyak orang, seperti peralatan rumah tangga dan produk perawatan pribadi. Saya juga tahu bahwa perusahaan ini memiliki komitmen yang tinggi terhadap kualitas produk dan keselamatan konsumen. Mereka selalu melakukan uji produk yang ketat sebelum merilisnya ke pasar.”

10. Perusahaan Pakaian

Soroti merek, komitmen terhadap keberlanjutan, dan dukungan terhadap kondisi kerja yang adil dalam perusahaan manufaktur pakaian. Jelaskan bagaimana minat Anda dalam fashion dan keberlanjutan cocok dengan nilai-nilai perusahaan.

“Perusahaan pakaian ini telah lama dikenal sebagai pemimpin dalam industri fashion. Saya mengetahui bahwa perusahaan ini memiliki beragam merek pakaian yang populer dan telah beroperasi selama beberapa dekade. Selain itu, mereka telah mengadopsi praktik produksi yang berkelanjutan dan berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan dari industri fashion. Saya juga menghargai upaya perusahaan ini dalam mendukung kondisi kerja yang adil di seluruh rantai pasokan mereka.”

Reference:


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!