10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami

Trik dan Cara Menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami”

Umumnya perekrut kerja akan bertanya perihal pengetahuan para pencari kerja tentang perusahaan yang dilamar. lalu, bagaimana cara menjawab “apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami”? Untuk menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Biasanya perekrut akan mengukur seberapa tertarik Anda dengan pekerjaan dan juga perusahaan yang Anda lamar. Jika Anda gagal menjawab, maka interview tersebut nantinya akan cepat selesai dari yang seharusnya. sebab perekurt menilai Anda tidak tertarik dengan perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara Menjawab “Alasan Melamar Pekerjaan Ini?” Saat Interview

Cara Menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?”

Untuk mendapatkan jawaban yang sesuai dengan yang diharapkan oleh perekurt atau HRD, maka alangkah baiknya jika Anda melakukan beberapa hal ini terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk dapat dengan mudah menemukan cara menjawab “apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami”.

1. Melakukan Riset Melalui Media Sosial

Demi mendapatkan jawaban dari pertanyaan “apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami”, Riset menjadi hal paling penting yang Anda wajib lakukan. Anda dapat melakukan riset melalui media social, seperti Google, Twitter, YouTube, LinkedIn, atau Instagram. Nantinya dengan riset melalui media sosial tersebut akan terbentuk gambaran yang lebih dalam terkait perusahaan yang tengah Anda lamar tersebut.

Umumnya riset yang dilakukan melalui media sosial menjadi hal yang paling mudah yang dapat Anda lakukan. Karena bukan hanya dari akun sosial media milik perusahaan tersebut, Anda juga dapat mengintip beberapa akun media sosial karyawan di perusahaan tersebut untuk menilai bidang usaha yang dijalankan serta sisi positif maupun negatif yang dimiliki perusahaan tersebut.

2. Melakukan Riset Melalui Website Resmi Perusahaan

Selain melalui social media untuk melakukan riset terkait perusahaan yang tengan Anda lamar, Cara Menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” lainnya adalah dengan melakukan riset melalui website resmi perusahaan. 

Melakukan riset melalui website umumnya akan membuat Anda mengetahui hal hal formal terkait perusahaan yang sebelumnya belum Anda temukan di riset sosial media. Seperti halnya visi dan misi perusahaan, company profile maupun cabang cabang dari perusahaan tersebut.

Bahkan Anda juga bisa mencari program atau proyek terbaru yang tengah dikembangkan oleh perusahaan tersebut jika perusahaan tersebut memang selalu update akan berita seputar perusahaan.

Gunakan mesin pencarian yang biasa Anda gunakan untuk memunculkan perusahaan yang tengah Anda lamar tersebut. Yang patut Anda perhatikan lainnya adalah struktur organisasi dan jajaran eksekutif perusahaan yang umumnya tercantum dalam website resmi perusahaan. 

3. Melakukan Riset Melalui LinkedIn

Linkedin juga kerap menjadi salah satu media yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk melakukan update beberapa hal penting terkait perusahaan tersebut. Jika Anda melakukan riset melalui Linkedin terlebih dahulu, Anda dapat mengetahui siapa saja orang orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut dan sejauh mana kemampuan dan keahlian orang orang yang berada di dalamnya.

4. Siapkan jawabanmu Sebelum Interview Berlangsung

Jika Anda sudah mengumpulkan segala informasi yang dibutuhkan terkait dengan perusahaan, Langkah selanjutnya adalah menyiapkan jawaban dari pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” sesuai dengan pengetahuan yang Anda dapatkan dari riset tersebut.

Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mengumpulkan beberapa poin yang dirasa penting yang nantinya akan Anda susun menjadi sebuah penjelaskan yang menjelaskan perusahaan tersebut. Selalu utamakan sikap positif dan antusias agar recruiter terkesan dengan jawaban yang Anda berikan.

5. Tunjukkan antusiasme dan semangat tinggi

Dalam menjawab pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” jangan lupa untuk menyertakan jawaban tersebut dengan antusias dan semangat yang tinggi. Jelaskan alasan kenapa Anda minat dengan perusahaan tersebut dan kaitkan dengan sejarah serta profil perusahaan tersebut dengan alasan yang Anda berikan.

6. Hindari Beberapa Jawaban Agar Tidak Membuat Kesan Negatif

Hindari juga beberapa kalimat jawaban yang kerap dilakukan banyak orang yang justru akan memberikan kesan kurang baik di mata recruiter. beberapa kalimat yang mesti Anda hindari dalam menjawab “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” adalah berikut:

  • Segala informasi negatif yang Anda ketahui seputar perusahaan tersebut
  • Penjelasan perusahaan yang tidak dilandasi dengan fakta
  • Jawaban yang bertele tele dan panjang

Alasan recruiter Menanyakan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” Saat Interview

1. Mengetahui Apakah Kamu Melakukan Persiapan Interview

Recruiter akan melakukan seleksi untuk menghindari kandidat yang melamar ke semua lowongan pekerjaan tanpa spesifikasi. Menurut jobsage, Hal ini dilakukan karena kandidat seperti hal tersebut akan memiliki peluang resign lebih besar dengan alasan sudah diterima kerja dan tidak sesuai dengan perusahaan tersebut.

Jika Anda mengetahui terkait perusahaan yang tengah Anda lamar tersebut, recruiter meyakini jika Anda merupakan kandidat yang mementingkan kecocokan perusahaan dengan skill yang dimiliki sehingga tidak asal lamar. Untuk itu, menjawab pertanyaan yang satu ini dengan tepat dapat membuat peluang lolos ke tahap berikutnya menjadi semakin besar.

2. Mengetahui kemampuan analisis dan riset yang Anda miliki.

Beberapa pekerjaan membutuhkan skill dalam menganalisis dan meriset sebuah hal atau produk. Jika Anda dapat melakukan riset terkait perusahaan tersebut dengan baik, hal tersebut dapat menjadi bukti, jika kemampuan riset yang Anda miliki telah teruji.

3. Memberikan kesan jika Anda kandidat yang profesional

Jika Anda dapat menjawab pertanyaan “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?”dengan baik, hal ini dapat menjadi arti jika Anda memang terlihat siap menjalani interview. Kesiapan yang Anda tunjukan tersebut menjadi salah satu buktu jika Anda memang peduli pada goals karir yang ingin diraih. Hal tersebut menunjukkan jika Anda merupakan seseorang yang profesional.

10 Contoh Jawaban”Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami”

Setelah Anda melakukan riset perihal cara menjawab “apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami”, maka Anda bisa menjawab dengan beberapa cara berikut ini.

1. Contoh Jawaban Perusahaan Ternama

Saya mengerti perihal perusahaan Anda merupakan salah satu perusahaan yang terbaik di dan terbesar di Indonesia. Dengan berkantor pusat di Jakarta Selatan dan memiliki jumlah karyawan sekitar 25 ribu yang tersebar di Indonesia.

2. Contoh Jawaban Perusahaan Layanan Keuangan & Perbankan

Perusahaan Anda merupakan salah satu perusahaan terkemuka yang ada di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan keuangan, individu dan juga pemerintah.

3. Contoh Jawaban Perusahaan Ekuitas

Grup layanan klien Institusional Anda memiliki posisi yang berada di pasar ekuitas, mata uang, komoditas dan juga pendapatan yang tetap.

4. Contoh Jawaban Perusahaan Konsulting

Perusahaan Anda dimulai sejak tahun 1990 oleh Jane. Perusahaan Anda menyediakan layanan audit dan juga pelaporan perusahaan serta Sarbanes-Oxley serta kepatuhan dan pelaporan peraturan lainnya.

5. Contoh Jawaban Perusahaan Start Up

Perusahaan Anda kini memiliki lebih dari 300 karyawan serta reputasi yang sangat baik dari artikel yang saya baca di laman website perusahaan.

6. Contoh jawaban Perusahaan Pasar Modal

Perusahaan Anda merupakan salah satu perusahaan terkemuka dalam hal pangsa pasar dan ROI yang bergerak di bidang pasar Chicago. Terutama angka Anda semakin lama semakin baik di setiap tahunnya.

7. Contoh Jawaban Perusahaan Softwere

Perusahaan Anda merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan perangkat lunak penggajian. perusahaan Anda ini didirikan pada tahun 2012 ketika CEO Anda menyadari banyak sekali usaha kecil menghabiskan jauh lebih banyak daripada yang seharusnya untuk penggajian.

8. Contoh Jawaban Perusahaan FMCG

Bedasarkan informasi yang saya peroleh dari berbagai sumber terpercaya, perusahaan ini telah berkembang menjadi salah satu nama yang diakui di Industri Barang Konsumen yang Bergerak Cepat. Saya pikir kemampuan mengidentifikasi kebutuhan pasar dan komitmen untuk menghasilkan produk berkualitas membuat produk-produk dari perusahaan ini diminati oleh banyak konsumen.Perusahaan ini telah membuktikan dirinya sebagai produsen produk berkualitas yang mendapatkan beberapa pengakuan dan penghargaan di sektor makanan dan minuman, serta Produsen Produk Halal Terbaik pada tahun 2004 oleh Majelis Ulama Indonesia.

9. Contoh Jawaban Perusahaan Distributor

PT. Prassgood didirikan pada tahun 1990 di Salatiga. Perusahaan ini menangani penjualan dan distribusi produk Orang Muda Group untuk memastikan pengiriman ke pelanggan. Prassgood adalah bisnis yang dioperasikan secara profesional yang dilengkapi dengan orang-orang yang handal dan terampil dengan integritas yang tinggi. Selain itu, didukung dengan teknologi informasi terkini yang menjamin akses informasi secara on-line, real-time dan menyeluruh.Saat ini Prassgood merupakan perusahaan distribusi terbesar di Indonesia dengan cabang dan titik distribusi di Sumatera, Jawa, Nusatenggara, Maluku, Sulawesi bahkan Papua. Prassgood mendukung 500 ribu outlet cakupan langsung dengan kemampuan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

10. Contoh Jawaban Perusahaan farmasi

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari beberapa sumber perusahaan ini berdiri di kota Madiun pada tahun 1947. Perusahaan ini memegang teguh filosofi 3MU: Mutu (kualitas), Mudah (aksesibilitas), dan Murah (keterjangkauan). Perusahaan ini  berhasil mendapatkan berbagai penghargaan seperti Top Brand, Excellence Brand Award, Word of Mouth Marketing (WOMM) Award, Indonesia Best Brand Award, Indonesia Original Brand Award, dan WOW Brand Award. Dalam menghadapi persaingan yang ketat perusahaan ini terus mempertahankan pertumbuhannya sebagai perusahaan swasta yang mandiri, sambil memfokuskan ekspansinya di area bisnis intinya yaitu produk farmasi, produk alami, dan barang konsumsi.

Selain “apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?”, masih ada banyak pertanyaan wawancara yang bisa ditanyakan oleh rekruter. Anda wajib memahami semua tips dan trik menjawab pertanyaan interview. Dengan begitu, peluangmu diterima kerja jadi membesar.

Cari Lowongan kerja terpercaya dan jauh dari loker hoax hanya di Pintarnya. Pintarnya dapat menjadi aplikasi pencarian kerja paling diandalkan untuk Anda yang tengah mencari kerja. Ada begitu banyak perusahaan yang sebelumnya telah melalui verifikasi melalui sistem maupun tim profesional yang membuat semua lowongan kerja di Pintarnya terjamin keamanannya. Download aplikasi pintarnya atau kunjungi websitenya sekarang juga!

Bagikan Artikel: