Tips Interview Kerja Pasca Lebaran

Momen pasca lebaran menjadi salah satu momen yang dijadikan oleh banyak pekerja untuk mencari peluang kerja baru. Untuk itu banyak lowongan pekerjaan yang di tinggalkan menjadi lowongan kerja yang bisa dijadikan kesempatan bagi Anda yang tengah mencari kerja. Namun untuk mendukung hal tersebut, Anda juga wajib memahami Tips interview kerja pasca lebaran jika nantinya Anda terpilih menjadi salah satu calon kandidat.

Tips interview kerja menjadi salah satu bagian terpenting dalam mendapatkan pekerjaan. Untuk menghadapi Wawancara atau Interview sangat perlu persiapan sebelumnya. Dengan begitu, akan meningkatkan rasa percaya diri, dan menumbuhkan semangat sehinga menghasilkan kesiapan yang berpengaruh kepada keputusan diterima atau tidaknya Anda diperusahaan tersebut.

Tahap interview adalah tahap terpenting dan terberat. Pasalnya, tahap ini menjadi proses penentu sebuah karir kedepannya. Begitupun mengenai gaji, kontrak kerja, dan tanggung jawab. Untuk itu momen ini sangat perlu dimanfaatkan hingga terlewati menjadi proses terbaik.

Sangat diragukan hasilnya, jika saat Anda akan menjalankan proses wawancara kerja namun berada pada kondisi tidak siap. Terlebih lagi pasca lebaran, banyak recruiter yang menginginkan calon kandidat yang memiliki skill dan kemampuan yang mumpuni. Untuk itu sangat penting untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai tips interview kerja, agar bisa menjawab semua pertanyaan recruiter dengan lancar sesuai dengan skill yang Anda miliki.

Tips Interview Kerja Pasca Lebaran Agar Lancar Dan Lolos Dapat Kerja!

Agar proses interview pasca lebaran berjalan lancar, berikut ini tips yang perlu Anda pelajari dan pahami agar proses Interview dilewati dengan hasil memuaskan : 

1. Mencari Informasi menyeluruh Tentang Perusahaan

Tips awal, ketika sudah memiliki jadwal interview dengan HRD perusahaan yang Anda lamar, Anda wajib mencari Informasi perusahaan tersebut secara detail. Selain informasi lokasi, cari tahu informasi menyeluruh yang lengkap mengenai perusahaan tersebut.

Dengan mengantongi informasi perusahaan tersebut, Anda akan menguasai pertanyaan yang akan dilontarkan tentang latar belakang perusahaan. ini akan menjadi nilai lebih dari pandangan perekrut jika Anda banyak menguasai tentang latar belakang dan Informasi perusahaan.

2. Menyesuaikan Penampilan Sesuai Posisi Yang dilamar

Selanjutnya, tips interview kerja pasca lebaran yang perlu diperhatikan yaitu penampilan. Ada begitu banyak perusahaan yang tidak mencantumkan pakaian yang perlu dikenakan saat interview berlangsung. Kemungkinan pula ada yang meminta menggunakan pakaian yang sudah di informasikan sebelumnya.

Yang perlu Anda perhatikan, jika tidak ada informasi mengenai pakaian. Sesuaikanlah penampilan dengan posisi yang Anda lamar. Jika Anda salah kostum, akan mempengaruhi kepercayaan diri sekaligus impresi perekrut kepada Anda. Gunakan pakaian yang nyaman, sopan, dan rapih.

3. Hadir 30 Menit Lebih Awal Sebelum Wawancara Dimulai

Jika ada kalimat hadir tepat waktu, artinya Anda harus sudah berada di perusahaan minimal 30 menit sebelum dimulai. Tips interview kerja yang perlu Anda ingat yaitu tidak datang terlambat. Ini akan memberikan dampak yang kurang baik, salah satunya proses Anda tidak akan diterima.

Selain harus disiplin, hadir sedikit lebih lama akan sangat bermanfaat untuk Anda. Anda bisa mempersiapkan diri dengan bersantai, rileks sejenak. Menjaga kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi. Terlebih memberikan kesan baik pada awal proses seleksi interview.



4. Jawab Pertanyaan dengan Diplomatis, Tidak Bertele-tele, Realistis

Selanjutnya yang mesti Anda perhatikan saat interview kerja pasca lebaran adalah memberikan jawaban yang baik dan benar. Berikan jawaban-jawaban dengan Diplomatis dan cerdas. Jangan memberikan jawaban yang bertele-tele, muluk-muluk, dan tidak sesuai realita dengan kemampuan. Berikan jawaban yang realistis, hal ini akan memberikan suatu pertimbangan HRD.

Berikan kemampuan terbaik hingga memberikan kesan baik dari pandangan perekrut. Jangan mengada-ngada mengenai informasi diri Anda, sampaikan kemampuan yang Anda kuasai saja. Terutama, jangan sesekali menyombongkan diri di hadapan recruiter saat proses interview berlangsung. Kebanyakan recruiter akan menanyakan “alasan anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya”? dalam interview pasca lebaran. Anda dapat menjawabnya dengan lebih bijak agar jawaban Anda dapat diterima dengan baik oleh recruiter. 

5. Menguasai Penjelasan Rinci Potensi dan Kelemahan Diri

Ketika ditanyakan oleh HRD tentang kelebihan, jelaskan segala potensi yang Anda punya. Namun yang perlu diingat Anda jangan terlalu menyombong, karena akan ternilai kurang baik. Sampaikan saja potensi dengan penjelasan singkat dan mendasar tentang skill yang dikuasai.

Dengan begitu, perekrut akan mempertimbangkan dengan keahlian yang sudah Anda sampaikan. Jangan lupa, jelaskan pula kelemahan yang Anda punya. Katakan dengan jujur dan berikan penjelasan, dari kelemahan tersebut apakah Anda punya cara mengatasinya.

6. Berbicara Secara Ekspresif dan menggunakan Metode komunikasi Aktif

Tips interview kerja pasca lebaran yang satu ini sangat penting. Pasalnya, selain menunjukkan seberapa baik berkomunikasi, berbicara ekspresif juga menunjukkan bahwa Anda seorang pribadi yang cerdas, energik dan berpengetahuan luas. Itu merupakan komponen penting bagi pekerja hebat.

Dengan menggunakan metode komunikasi aktif, Anda tidak akan merasa terbebani atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Karena sifat suasananya seperti mengobrol biasa. Bawa suasana interview tersebut seperti berdiskusi, namun tetap hati-hati dan jangan salah bicara.Persiapkan selalu sebelum Anda akan melaksanakan interview di Perusahaan manapun. tingkatkan pemahaman dunia Industri agar dapat membantu dalam menjawab pertanyaan HRD yang susah. Jika Anda kebingungan bisa pelajari segala penjelasan tentang tips interview kerja di atas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.