10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Menjawab Interview Fresh Graduate yang Sering Ditanyakan

Cara menjawab interview fresh graduate salah satu paling penting karena berurusan dengan pewawancara yang dapat menentukan karir mendatang. Wawancara adalah saat yang sangat penting untuk memastikan bahwa Anda siap dan layak untuk bekerja.

Terkadang pertanyaan yang diajukan dalam wawancara membuat Anda gugup dan tidak percaya diri, terutama bagi fresh graduate yang belum pernah memiliki pengalaman. Namun hal ini dapat diatasi dengan persiapan wawancara yang baik. 

Jangan khawatir! Kali ini, kami menawarkan cara menjawab interview fresh graduate yang dapat digunakan sebagai referensi. Acuan ini bisa Anda pelajari dan pakai untuk latihan agar tidak perlu takut lagi.

6 Cara Menjawab Interview Fresh Graduate

Setiap perusahaan memiliki format yang berbeda untuk pertanyaan wawancara lulusan terbaru mereka. Tetapi ada beberapa pertanyaan wawancara umum yang lebih mungkin muncul dalam wawancara kerja fresh graduate. 

1. Ceritakan Tentang Diri Anda 

Pertanyaan pengenalan diri sangat umum untuk dilontarkan, bahkan salah satu pertanyaan wawancara kerja pertama yang diajukan di hampir semua proses wawancara melamar pekerjaan untuk fresh graduate.

Sebelum kita masuk ke contoh cara menjawab interview fresh graduate pertama, ada baiknya mengetahui tujuan pertanyaan ini. Pewawancara ingin mengetahui jawaban Anda dan kemana pertanyaan lanjutan mereka akan mengarah.

 “Nama saya Siska Kurnia dari Pekalongan. Tahun ini, saya adalah salah satu lulusan Magister Ekonomi terkemuka di Universitas Pelita Harapan. Sebelum melanjutkan studi S2, saya bekerja sebagai konsultan ekonomi di Bank BCA, di mana saya bertanggung jawab untuk memberikan laporan analisis kondisi ekonomi. Saya orang yang bertanggung jawab dan mengatur waktu saya dengan baik”

 2. Mengapa Anda Ingin Melamar Pekerjaan Ini?

Alasan melamar pekerjaan fresh graduate bisa menjadi pertanyaan yang sulit. Pewawancara sering kali ingin mengetahui arah dan tujuan karir Anda, serta apakah siap untuk wawancara. Menghadapi pertanyaan ini, Anda harus menunjukkan bahwa Anda siap dan percaya diri dalam karir Anda.

Tips dalam cara menjawab interview fresh graduate berikut adalah jelaskan juga mengapa Anda memilih perusahaan ini. Tentu saja, sebelum wawancara berlangsung, Anda harus terlebih dahulu mempelajari perusahaan tersebut, sehingga bisa disangkut pautkan 

“Saya melihat bahwa tujuan perusahaan ini adalah untuk berkontribusi pada pendidikan. Hal ini sejalan dengan tujuan saya untuk memajukan pendidikan di Indonesia secara langsung, sehingga saya memilih pendidikan guru sebagai spesialisasi saya”

3. Apa Kekuatan dan Kelemahan Anda? 

Cara menjawab interview fresh graduate berikut adalah dengan melihat tawaran pekerjaan yang ditawarkan perusahaan. Untuk kekurangan-kekurangan yang disebutkan, alangkah baiknya jika Anda juga mempersiapkan cara untuk memperbaiki kekurangan tersebut sendiri. 

“Kekurangan saya yakni terkadang lupa terhadap hal kecil. Tetapi saya dapat mengatasi kelemahan itu dengan cara selalu mencatat hal-hal penting di buku note kecil atau dalam notepad di smartphone”

4. Apa Pencapaian Terbesar Anda? 

Contoh pertanyaan untuk fresh graduate ini dapat menimbulkan kecemasan di kalangan responden karena luasnya cakupan bidang yang dapat dicakup. Terutama bagi fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. 

“Saya dulu memimpin tim yang beranggotakan 25 orang. Sebagai seorang pemimpin, saya aktif mencari masukan dari rekan tim dan membantu mensukseskan acara kami dengan anggota organisasi yang juga berkumpul. Hasilnya, setelah mengerjakan acara ini selama 3 bulan, kami meningkatkan target yang kami tetapkan sebelumnya sebesar 130%”.

 5. Apa Tantangan Terbesar Hingga Saat Ini Dan Bagaimana Anda Mengatasinya? 

Dari pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu lebih banyak tentang pengalaman Anda dalam menyelesaikan sesuatu. Tentu disini HRD ingin melihat bagaimana kemampuan Anda dalam memecahkan suatu masalah. Berikut cara menjawab interview fresh graduate kali ini.

“Sebagai anggota OSIS SMA Harapan Baru, saya bertanggung jawab atas penggalangan dana Piala Harapan Baru tahun 2019. Saya menjadi presiden sementara dan memiliki kesempatan untuk memimpin tim yang terdiri dari 30 orang. Tentu dari orang-orang tersebut ada yang cukup sulit untuk diarahkan sehingga mengharuskan saya untuk berbicara empat mata dan memberitahunya secara baik-baik. “

 6. Di Mana Anda Melihat Diri Sendiri Dalam 5 Tahun? 

 Jawaban atas pertanyaan wawancara ini tentang diri Anda sebagai fresh graduate untuk melihat apakah Anda dapat mencapai tujuan jika bekerja di kantor ini dan apa ambisi Anda. Banyak perusahaan mencari karyawan yang bersedia bekerja minimal 5 tahun lamanya.

“Dalam 5 tahun, saya berharap bisa menjadi pemimpin di industri ini dan dapat membimbing generasi berikutnya, mengikuti perkembangan inovasi dan strategi promosi. Selama beberapa tahun terakhir, saya merasa bahwa saya telah tumbuh banyak di bawah bimbingan mentor yang hebat dan berharap untuk memimpin kelompok saya sendiri selama 5 tahun ke depan dengan topik yang menurut saya menarik. Saya ingin membantu bisnis membangun masa depan energi hijau di Indonesia.”

Demikian pertanyaan yang sangat sering diajukan ketika seorang lulusan baru mendapatkan kesempatanya interview. Cara menjawab interview fresh graduate kali ini semoga bisa Anda jadikan bahan belajar.

Bagikan Artikel: