10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Mengundurkan Diri dari Interview Kerja

Cara mengundurkan diri dari interview kerja merupakan hal yang perlu dilakukan jika ingin menolak suatu panggilan interview saat melamar pekerjaan. Bagi para pencari kerja, mendapat panggilan interview merupakan suatu hal yang membahagiakan. 

Namun jika posisi Anda pada saat itu tidak memungkinkan untuk melakukannya, tentu memerlukan beberapa cara menolak panggilan interview kerja tersebut. Mengundurkan diri dari panggilan interview tidak akan membuat Anda terlihat tidak profesional.

Baca juga: Cara Nego Gaji Saat Offering Letter, Harus Anda Pikirkan!

Beberapa Cara Mengundurkan Diri dari Interview Kerja

Jangan khawatir akan dianggap tidak profesional jika membatalkan jadwal interview. Dengan segera memberitahukannya kepada pihak recruiter, maka Anda telah melakukan suatu hal yang tepat.

Sebelum memutuskan hal tersebut, cara mengundurkan diri dari interview harus dilakukan dengan baik dan sopan. Hal ini dilakukan agar membuat pengunduran tersebut tetap profesional bagi kedua belah pihak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Tentukan Pendekatan yang Sesuai

Hal terpenting perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membatalkan interview, adalah buat Anda yakin 100 persen. Setelah yakin, langkah selanjutnya adalah menentukan pendekatan yang sesuai untuk memberitahukan hal tersebut.

Apakah proses perekrutan dilakukan melalui telepon, WhatsApp atau email. Lalu gunakan pendekatan menyesuaikan dari proses awal perekrutan. Contoh jika pemberitahuan lamaran diterima melalui email, maka tetap kirim pesan pemberitahuan melalui email.

Hal paling utama perlu dilakukan adalah tetap menyimpan kontak dari recruiter. Dengan memiliki kontak tersebut, Anda dapat memberikan pemberitahuan lainnya dengan cepat dan sesegera mungkin.

2. Segera Beritahukan Pihak HRD

Cara mengundurkan diri dari interview selanjutnya adalah segera memberitahu pengunduran diri ke pihak HRD. Jika memberikan kabar dengan cepat, Anda dapat membantu pihak perusahaan untuk mengatur jadwal kembali.

Hindari menunda-nunda untuk menginformasikan pengunduran diri Anda karena hal tersebut dapat membuat kehilangan waktu. Coba tentukan waktu yang tepat untuk memberitahu hal tersebut beberapa hari sebelum jadwal interview.

3. Jelaskan Secara Singkat dan Sederhana

Hindari menginformasikan pengunduran diri dengan kata-kata berlebihan. Pihak HRD tidak akan terlalu memperdulikan penjelasan panjang yang Anda berikan saat memutuskan untuk mengundurkan diri dari interview.

Cara mengundurkan diri dari interview dengan memaparkan banyak detail mengenai alasan Anda membatalkan wawancara kerja tidak akan terlalu dipedulikan oleh pihak HRD. Pihak HRD hanya membutuhkan penjelasan singkat, jelas dan to the point.

4. Lampirkan Jadwal Interview dan Posisi yang Dilamar

Saat Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari wawancara kerja. Jangan lupa untuk mencantumkan juga jadwal interview yang akan dilakukan seperti tanggal, waktu serta posisi yang dilamar. 

Perlu diketahui, dalam tahap wawancara kerja terdapat beberapa orang yang akan terlibat seperti tim HRD dan user. Oleh karena itu, dengan melakukan hal ini dapat mempermudah tim HRD dan user dalam proses perekrutan.

Baca juga: Alasan dan Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Pencapaian Terbesar Anda”

5. Berikan Alasan Pengunduran Diri

Jangan lupa juga untuk memberikan alasan pengunduran diri. Hindari memberikan alasan tidak jujur serta panjang lebar. Ketika dapat memberikan alasan yang masuk akal, pihak recruiter pasti akan menghargai penjelasan dari Anda.

Dengan begitu, pihak recruiter akan mulai mencari kandidat lain untuk mengisi posisi tersebut. Biasanya terdapat beberapa alasan sering digunakan sebagai cara mengundurkan diri dari interview pekerjaan.

Beberapa contoh alasan tersebut adalah sudah menerima pekerjaan di tempat lain, kejadian mendadak atau terdapat kepentingan lain yang harus dihadiri serta tidak cocok dengan perusahaan yang Anda lamar.

6. Sampaikan Permohonan Maaf

Menyampaikan permohonan maaf merupakan hal yang tidak boleh untuk dilupakan. Saat memberikan pemberitahuan pengunduran diri wawancara kerja melalui email atau telepon, Anda harus menyampaikan permohonan maaf.

Karena biasanya tahap wawancara biasanya memiliki jadwal serta akan melibatkan beberapa orang. Dengan meminta maaf, maka Anda telah menunjukkan profesionalitas yang baik dan tentu saja hal tersebut sangat sopan santun.

7. Meminta Jadwal Interview Ulang

Jika tidak dapat menghadiri interview pekerjaan karena keadaan tidak terduga atau mendadak, cara mengundurkan diri dari interview kerja adalah dengan mencoba untuk meminta jadwal ulang interview kerja. 

Coba dengan cara mengirim email atau telepon ke pihak recruiter dengan memberi penjelasan dan permohonan maaf. Berikan keyakinan kepada pihak HRD bahwa Anda masih tertarik dengan posisi yang dilamar.

Dengan memberikan alasan yang dapat diterima, hal tersebut akan membuat pihak HRD memahami situasi Anda. Sehingga pihak recruiter tidak akan merasa keberatan jika harus membuat ulang jadwal interview kerja.

8. Ucapkan Terima Kasih

Meski terlihat mudah, tidak sedikit orang lupa mengucapkan terima kasih. Dengan mengucapkan terima kasih di akhir pemberitahuan pengunduran diri, telah menunjukkan bahwa Anda menghargai proses perekrutan yang sedang dilakukan.Mengundurkan diri dari wawancara kerja merupakan hal yang boleh saja dilakukan oleh kandidat terpilih. Hal paling penting dilakukan sebagai cara mengundurkan diri dari interview adalah konfirmasi agar recruiter bisa mendapatkan kejelasan.

Bagikan Artikel: