10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

man interviewing a woman

Ketahui Tips Interview Bahasa Inggris Agar Diterima Kerja

Tips interview bahasa inggris, merupakan salah satu tips yang paling banyak dicari oleh para pencari kerja. Mendapatkan panggilan interview kerja adalah hal yang paling ditunggu oleh para perlamar kerja. 

Tetapi, jika wawancara kerja tersebut berbahasa Inggris, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pelamar kerja tersebut. Sehingga, dibutuhkan keahlian dalam berbahasa Inggris agar bisa diterima bekerja. 

6 Tips Interview Bahasa Inggris Agar Bisa Diterima Kerja

Menjadi bahasa internasional, maka tidak heran kalau ada beberapa perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris pada saat wawancara kerja. 

Bagi yang sudah mahir, tinggal memperisapkan mental agar tidak gugup. Sedangkan yang belum mahir, tentunya menjadi tantangan berat. 

1. Melakukan Riset Pada Posisi Pekerjaan Serta Perusahaan

Melakukan riset pada perusahaan yang menerbitkan lowongan pekerjaan, menjadi langkah awal yang perlu dilakukan. Hal ini tentu saja bisa membantu Anda pada saat mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja. 

Pada saat wawancara kerja, tentunya pihak HRD akan bertanya mengenai pelamar kerja. Mulai dari riwayat hidup dan lain sebagainya. Dengan melakukan riset, maka Anda bisa menjawab semua pertanyaan tersebut dengan tepat. 

Jika interview dilakukan dengan berbahasa Inggris, maka sebaiknya Anda mencoba untuk menerjemahkan semua hasil riset yang sudah dilakukan. Cara ini merupakan tips interview bahasa inggris yang perlu dilakukan.

Riset tersebut biasanya terkait dengan produk dari perusahaan, industri perusahaan, sampai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Jika Anda, memiliki informasi lebih mengenai perusahaan tersebut, Anda sudah mendapatkan nilai lebih dari pencari kerja tersebut. 

2. Mencari Tahu Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Tips interview bahasa inggris berikutnya adalah, rajin mencari tahu mengenai pertanyaan yang biasa ditanyakan. Terlebih lagi jika Anda belum mahir dalam berbahasa Inggris. Tentunya hal ini sangat membantu pada saat wawancara kerja. 

Setelah mendapatkan pertanyaan yang biasa ditanyakan, langkah berikutnya adalah persiapkan jawaban terbaik untuk menjawab semua pertanyaan tersebut. Cara ini bisa membuat kamu semakin lancar dalam pengucapan berbahasa Inggris.

3. Menggunakan Kalimat yang Efektif

Biasanya pada saat interview kerja, Anda merasakan gugup sehingga untuk menjawab pertanyaan menjadi tidak fokus. Pihak HRD biasanya tidak ingin bertele-tele pada saat melakukan interview. Maka dari itu, perlu menggunakan kalimat efektif agar bisa diterima bekerja. 

Jika interview kerja tidak berbahasa Indonesia, sebaiknya Anda menulis semua jawaban dengan jawaban yang efektif. Sehingga, memudahkan Anda untuk menghafalnya. Tips interview bahasa inggris ini, bisa membuat Anda akan semakin percaya diri. 

Penggunaan kalimat efektif membuat pihak HRD akan lebih mudah untuk memahami jawaban dan maksud yang ingin disampaikan. Gunakan kalimat singkat serta jelas pada saat interview kerja berbahasa inggris. 

5. Tidak Ragu Untuk Bertanya Ketika Belum Mengerti

Ada kalanya pada saat interview, Anda mungkin kurang mengerti dengan pertanyaan yang ditanyakan. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya bertanya kepada pihak HRD untuk mengulangi pertanyaan tersebut. 

Biasanya, HRD akan mengulangi pertanyaan tersebut dengan kalimat yang lebih mudah dimengerti. Dengan begini, Anda bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Tips interview bahasa Inggris ini tentunya sangat membantu dalam menghadapi setiap wawancara kerja dengan bahasa inggris. 

6. Memperhatikan Bahasa Tubuh

Wawancara kerja, biasanya tidak hanya memperhatikan jawaban yang diberikan. Tips interview bahasa inggris berikutnya adalah, memperhatikan bahasa tubuh. Bahasa tubuh dari pelamar kerja, juga menjadi salah satu faktor penilaian dari pihak recruiter. 

Bahasa tubuh biasanya lebih banyak menyampaikan banyak hal dibandingkan dengan kata-kata. Bahasa tubuh juga bisa memperlihatkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Dengan terlihatnya rasa percaya diri tersebut, tentu bisa menjadi penilaian lebih bagi HRD.

Maka dari itu, menjaga bahasa tubuh pada saat wawancara kerja sangat perlu untuk diperhatikan. Dengan begini, Anda bisa melewati wawancara kerja bahasa Inggris dengan baik dan benar. 

Wawancara dengan bahasa Inggris tentu membuat percaya diri sedikit turun. Hal ini sangat wajar terjadi, karena bahas Inggris bukan menjadi bahasa sehari-hari. Sehingga, perlu dilatih agar bisa menghadapi wawancara bahasa Inggris.Dengan adanya informasi tersebut, tentunya sangat membantu bagi pelamar kerja. Terlebih lagi dengan adanya tips interview bahasa inggris.

Bagikan Artikel: