Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

cara menjawab alasan resign saat interview kerja

20 Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Beserta Contohnya!

Pernahkah Anda ditanya dalam wawancara kerja mengapa mengundurkan diri dan bingung cara menjawab alasan resign saat interview kerja? Pertanyaan ini sering ditanyakan dalam wawancara kerja oleh pelamar yang berpengalaman. 

Merekrut karyawan baru bukanlah hal yang mudah bagi perusahaan, ini adalah jalan yang panjang. Mengetahui mengapa seorang kandidat pergi selama wawancara dapat membantu menentukan apakah kandidat tersebut cocok untuk perusahaan. 

Menjawab alasan resign saat interview kerja terasa sulit bagi Sebagian orang. Di satu sisi, kandidat harus menjawab dengan jujur ​​dan tanpa rekonsiliasi. Di sisi lain, respons yang tidak canggih dapat menghalangi HRD untuk merekrut kandidat. 

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Lolos Interview User Sebelum Pengumuman

20 Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja

Menjawab pertanyaan interview dengan baik, tentu akan meningkatkan peluang Anda untuk bisa diterima dalam perusahaan tersebut. Terutama untuk Anda yang ingin pindah kantor, pasti akan ditanya mengapa keluar dari sana. Berikut cara menjawabnya dengan benar:

1. Pengalaman Baru 

Untuk cara menjawab alasan resign saat interview kerja pertama ini, kandidat dapat menjelaskan jenis pengalaman baru yang mereka inginkan. Dan juga mengapa kandidat menyimpulkan bahwa perusahaan baru ini dapat memberikan pengalaman. 

Juga, jika pewawancara bertanya mengapa Anda meninggalkan perusahaan, ada baiknya untuk berbicara sedikit tentang pengalaman Anda di kantor lama. Dan hal yang penting lainnya, Anda bisa menyampaikan prestasi di kantor lama.

Contoh Jawaban:

 “Pada pekerjaan saya sebelumnya saya dipercaya menjadi designer sebuah butik, saya merencanakan sesuai dengan permintaan pelanggan. Saat ini saya ingin mengembangkan kemampuan desain saya pada bidang lain yakni sesuai dengan fokus perusahaan yakni pada bidang desain baju kaos modern”.

2. Lingkungan Kerja yang Lebih Baik 

Menghabiskan lebih dari delapan jam sehari di lingkungan yang tidak efisien tentu bukan pengalaman yang menyenangkan. Perekrutan perusahaan biasanya dapat menerima lingkungan sebagai pembenaran untuk pemecatan dalam sebuah wawancara. 

Cara menjawab alasan resign saat interview kerja adalah dengan menyebutkan pengalaman singkat sebelumnya. Namun, jangan berbicara buruk tentang perusahaan Anda sebelumnya, karena Anda akan dianggap tidak professional.

Contoh Jawaban:

 “Pada pekerjaan saya sebelumnya, seringkali ada perubahan keputusan yang terbilang sangat mendadak, hal tersebut menjadikan saya harus bekerja ulang dari awal. Saya berharap dengan tempat kerja yang baru, komunikasi bisa lebih baik sehingga meminimalisir adanya kesalahan seperti sebelumnya”

Baca Juga: 5 Tahapan dalam Interview Kerja, Perhatikan Berikut Ini!

3. Tantangan Lebih Besar 

Tantangan tempat kerja adalah suatu keharusan bagi para profesional yang berpikiran pengembangan diri. Perusahaan umumnya lebih menyukai karyawan yang ingin melanjutkan pendidikannya. 

Jika ingin memperoleh keterampilan atau pengetahuan khusus, Anda dapat mengatakannya ketika ditanya tentang alasan meninggalkan perusahaan. Ini membuktikan bahwa calon sangat menginginkan tantangan baru. 

Contoh Jawaban:

“Sebelumnya saya bekerja sebagai orang yang menawarkan produk kecantikan dan menurut saya pribadi cakupan dari customer cukup terbatas. Saya merasa tertantang untuk masuk ke perusahaan ini yakni menawarkan produk tekstil yang cakupannya jauh lebih luas lagi”

4. Roda Kemudi Karir 

Seorang kandidat mungkin ingin memulai awal yang baru di bidang lain, tim HRD umumnya memahami hal ini. Tetapi, kandidat harus bisa menjelaskan alasan resign saat wawancara. Hal ini untuk menghindari kesan bahwa calon tidak “tangguh” di bidang sebelumnya. Seperti cara menjawab alasan resign saat interview kerja di bawah ini. 

Contoh Jawaban:

“Saya memiliki pengalaman sebagai insinyur mesin pada sebuah perusahaan gas dan minyak selama kurang lebih enam tahun. Terlepas dari pekerjaan yang sebenarnya sangat saya nikmati, saya memutuskan untuk beralih ke energi terbarukan karena saya ingin terlibat dalam produksi energi yang bersih dan ramah lingkungan. Di sisi lain, menurut saya perkembangan industri energi terbarukan akan sangat pesat dalam satu dekade ke depan” 

5. Jelaskan Dampak yang Signifikan

Ketika ditanya mengapa Anda meninggalkan perusahaan, cara menjawab alasan resign saat interview kerja berikutnya adalah sebutkan dengan jelas alasannya. Jelaskan secara singkat mengapa tidak dapat mengambil tanggung jawab yang lebih besar di perusahaan sebelumnya.

Contoh Jawaban:

“Perusahaan sebelumnya adalah distributor suku cadang mobil di Makassar. Perusahaan tersebut sudah memiliki pelanggan dari beberapa daerah. Saya dipercaya untuk mengambil alih proyek distribusi dalam jumlah besar tetapi berada di luar kota. Saya tidak bisa mengambil kesempatan itu karena, saya memiliki tanggung jawab mengurus orang tua di Makassar.”Demikian beberapa cara menjawab yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin melamar di tempat baru. Dengan menguasai cara menjawab alasan resign saat interview kerja, Anda tidak perlu khawatir lagi.

6. Keluarga

Salah Satu alasan resign saat interview yang yang bisa Anda berikan kepada recruiter adalah kondisi keluarga. Walaupun membahas persoalan pribadi atau personal di tempat kerja bukanlah Hal yang baik dan terkesan tidak profesional, Namun dengan memberikan alasan kondisi keluarga bukan berarti pintu untuk Anda lolos ke tahap berikutnya akan tertutup begitu saja.

Banyak recruiter yang menerima dan memahami alasan tersebut menjadi pilihan Anda untuk memutuskan resign dari perusahaan sebelumnya. Contohnya seperti jika Anda seorang wanita yang sudah menikah, Dengan begitu Anda memiliki alasan untuk lebih memilih pekerjaan dengan jam kerja yang lebih flexible atau bahkan pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote atau WFH.

Dengan alasan tersebut, tentu recruiter juga memahami jika Anda membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengurusi banyak hal rumah tangga khususnya waktu untuk suami maupun anak.

Contoh Jawaban:

Dengan kondisi saat ini, dimana saya memiliki seorang anak yang mesih berusia balita dan membutuhkan fokus lebih dari orang tuanya, saya memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan saya yang sebelumnya karena keterbatasan waktu yang saya miliki. Saya rasa dengan kultur dan jam kerja di perusahaan ini, saya dapat memiliki lebih banyak waktu untuk memberikan kasih saya seorang ibu kepada anak saya.

7. Alasan Kesehatan

Alasan resign saat interview kerja lainnya adalah kondisi kesehatan. Alasan kesehatan umumnya digunakan bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan di periode tertentu yang mengharuskan Anda berisitirahat penuh selama beberapa waktu sehingga Anda mempertibangkan untuk meninggalkan pekerjaan sebelumnya. Namun terdapat hal yang mesti Anda perhatikan saat menjawab alasan resign saat interview kerja yang satu ini, Untuk dapat memberikan kesan yang tetap positif dimata recruiter, Anda wajib meyakinkan recruiter jika Anda telah kembali pulih dan dappat bekerja seperti sedia kala.

Contoh Jawaban:

Beberapa waktu lalu saya mengalami gangguan kesehatan yang mengharuskan saya lebih banyak berisitirahat. Perusahaan lama pada dasarnya memberikan kompensasi atas sakit yang saya alami, namun karena merasa membebani perusahaan sebelumnya saya memutuskan untuk mengundurkan diri dan fokus untuk memulihkan kondisi badan saya. Namun saat ini saya bisa pastikan kondisi kesehatan badan saya telah kembali 100 persen seperti sedia kala.

8. Status Karyawan Yang Lebih Terjamin

Anda yang masih memiliki status sebagai karyawan kontrak ataupun part time, dan merasa membutuhkan pekerjaan dengan status permanen atau waktu tidak tentu, Anda dapat menjadikan hal ini sebagai salah satu alasan resign saat interview kerja. Jelaskan dengan detail alasan mengapa Anda menginginkan pekerjaan dengan status pekerja yang lebih baik dibanding perusahaan sebelumnya. Untuk menjawab Hal ini Anda dapat mengaitkannya dengan karir goals maupun karir plan yang telah Anda buat.

Contoh jawaban:

Saya telah merencanakan karir saya untuk beberapa tahun kedepan. Untuk itu, saya yakin saat ini saya membutuhkan pekerjaan yang lebih baik lagi dalam hal status karyawannya. Untuk itu saya memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan saya sebelumnya dan mencari pekerjaan dengan status yang sesuai keinginan dan karir path yang saya rencanakan. Dan saya melihat hal tersebut ada di perusahaan ini.

9. Melenceng dari Karir Path Yang Telah Di Rencanakan

alasan mundur dari pekerjaan sebelumnya saat interview kerja adalah karena tidak sesuai dengan career goal. Walau pekerjaan dianggap menjadi pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda namun ketidak jelasan jenjang karir juga bisa membuat seseorang memutuskan untuk melanjutkan atau memutuskan pindah ke pekerjaan dengan jenjang karir yang lebih jelas. Hal ini dapat menjadi salah satu alasan saat Anda mengikuti proses interview kerja Anda bisa memberikan alasan ini dan menjelaskan bahwa saat ini sedang mencari pekerjaan yang memang sesuai dan kesempatan untuk mencapai career goal lebih besar.

Contoh Jawaban:

Saya sangat mencintai pekerjaan dan lingkungan kerja di tempat sebelumnya. Namun dengan jenjang karir yang tidak jelas dan saya rasa akan mempengaruhi karir goals yang telah saya rencanakan, saya memutuskan untuk tidak melanjutkan bekerja pada perusahaan tersebut dan lebih memilih untuk mengundurkan diri.

10. Overqualified

Alasan resign saat interview yang lainnya adalah merasa overqualified. Overqualified adalah kondisi dimana Anda merasa kualifikasi yang Anda miliki terlaly tinggi untuk posisi pekerjaan tersebut dan merasa bahwa skill yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut tidak bisa membuat kemampuan Anda menjadi keluar secara maksimal. Peran yang pasif juga dapat menjadi alasan mengapa Anda merasa Overqualified pada perusahaan sebelumnya. Untuk itu alasan ini bisa Anda gunakan untuk menjawab alasan pindah kerja pada saat sesi interview kerja.

Contoh Jawaban:

Saya merasa pekerjaan yang saya jalankan sebelumnya tidak membuat skill yang saya miliki menjadi berkembang dan lebih tertantang dalam melakukan pekerjaan tersebut. Hal ini saya anggap sebagai salah satu hal yang dapat membuat karir saya terasa berjalan di tempat. Untuk itu saya memutuskan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi yang saya inginkan dan sesuai dengan kualifikasi yang saya miliki

11. Jenuh

Alasan resign saat interview kerja yang satu ini memang terdengar seperti alasan yang tidak profesional. Namun alasan mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya karena jenuh juga bisa diartikan sebagai ketidakpuasan dengan peran atau pekerjaan yang Anda lakukan saat ini.

Jika jenuh menjadi salah satu alasan resign Anda saat interview kerja, Anda dapat menjawab pertanyaan rekruter saat interview dengan menekankan keterampilan dan peluang yang Anda tengah cari.

Contoh jawaban:

Posisi ini tampaknya berkaitan dengan skillset yang saya miliki. Jadi, saya sangat bersemangat untuk memaksimalkan keahlian saya yang belum pernah saya coba optimalkan sebelumnya.

12. Menginginkan Gaji Yang Lebih Tinggi

Saat menjawab pertanyaan kenapa resign dari pekerjaan sebelumnya dengan alasan gaji, Anda wajib memikirkan terlebih dahulu dengan sangat matang untuk dapat merangkai kata saat interview berlangsung nanti. Pasalnya alasan gaji kerap menjadi alasan yang dianggap negatif oleh recruiter jika Anda tidak mengemas jawaban tersebut dengan benar.

Contoh Jawaban:

Saya termotivasi oleh banyak faktor, yang paling utama tentu adalah kepuasan klien, serta pengakuan dari rekan dan manajer. Namun tidak bisa di tampik gaji juga menjadi salah satu faktor motivasi saya dalam bekerja. Saya rasa dengan kemampuan yang saya miliki, saya berhak untuk mendapatkan kompensasi yang lebih baik.

14. Deadline Yang Mepet Dan Kerap Membuat Anda Tertekan

Alasan resign saat interview kerja yang satu ini menjadi jawaban paling menantang lainnya. Karena jika tidak dengan jawaban yang tepat, Anda malah akan dinilai sebagai pribadi yang malas atau tidak memiliki motivasi, Dan hal tersebut akan berpengaruh pada kelanjutan interview yang Anda jalani. Namun anda tetap bisa menggunakan jawaban ini dengan memberikan jawaban yang membuat Anda tampil sebagai seorang profesional yang bertanggung jawab, dan tahu bagaimana caranya mengatur waktu dengan baik.

Contoh Jawaban:

Saya bekerja paling efektif dan efisien ketika saya bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Komitmen adalah hal yang sangat berarti untuk diri saya sendiri dan sebisa mungkin saya pegang teguh dalam hidup. Alasan tersebut yang menjawab kenapa penting bagi saya untuk bekerja di perusahaan yang menghargai waktu pribadi dan memungkinkan fleksibilitas di waktu yang tepat.

15. Dipecat Dari Perusahaan Sebelumnya

Walaupun terkesan negatif, namun tidak selamanya jawaban ini akan menjadi jawaban yang negatif lho! Anda dapat memberikan jawaban yang satu ini untuk mendapatkan kesan yang lebih baik jujur tanpa harus menjelaskan ke detail yang berbelit belit dimata recruiter. Namun dalam menjawabnya juga harus berhati hati, Anda wajib menghindari kata “dipecat” dan menahan emosi untuk menjelek jelekan perusahaan sebelumnya dimata recruiter. Anda dapat menjelaskan kenapa Anda tidak dapat maksimal mengeluarkan diperusahaan sebelumnya dan kenapa Anda merasa cocok dengan perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban:

Bercermin ke masa lalu, saya paham perusahaan lama dan saya sendiri memiliki ekspektasi yang berbeda tentang arti kesuksesan dalam peran saya. Ketika saya merenungkan pengalaman itu, saya menyadari ada beberapa hal yang bisa saya lakukan dengan berbeda.Saya belajar banyak dari itu, dan saya senang mendapat kesempatan untuk membawa perubahan ini ke pekerjaan berikutnya.Peran ini sejalan dengan keterampilan dan kemampuan saya, dan arah yang saya inginkan untuk karier saya.

16. Diberhentikan Dari Perusahaan Sebelumnya

Sejatinya sama seperti kamu menjawab pertanyaan alasan resign karena dipecat. Hindarilah keinginan untuk menjelek-jelekkan tempat kerja yang lama dan jangan biarkan emosi negatif menguasaimu.

Contoh Jawaban:

Sayangnya saya terdampak oleh restrukturisasi perusahaan yang mengakibatkan berkurangnya 20% dari karyawan kami.Akan tetapi, saya siap untuk tantangan baru. Saya senang telah menemukan posisi di perusahaan lain yang memungkinkan saya dapat tumbuh dan berkontribusi lebih banyak dalam tim.

17. Nilai atau Velue perusahaan yang mengalami perubahan

Nilai perusahaan memang dapat tergambarkan lewat beberapa hal. Perubahan regulasi, perubahan visi misi, hingga peluncuran produk baru dapat menjadi beberapa hal yang menjadi faktor penilaian Anda terhadap velue yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Apalagi nilai dan velue dalam perusahaan tersebut mengalami perubahan, hal tersebut juga bisa menjadi alasan resign yang Anda gunakan.

Contoh jawaban:

Saya menilai jika pekerjaan yang saya lakukan lebih dari sekadar mencari uang. Sangat penting bagi saya untuk bisa bekerja di perusahaan yang juga berusaha mengatasi masalah yang saya minati. Itulah mengapa saya memutuskan untuk resign.

18. Gaya Kepemimpinan Manager Yang Tidak Sesuai

Dalam menjawab pertanyaan interview alasan resign ini, kamu harus ekstra hati-hati. Jangan sampai kamu terkesan menjelek-jelekkan atasan di tempat kerja yang lama. Kamu bisa menekankan saja pada gaya kepemimpinan seperti apa yang bisa mendukungmu mencapai goal di tempat kerja.

Contoh jawaban:

Saya lebih menyukai kepemimpinan demokratis yang memungkinkan saya untuk bisa berpendapat. Saya juga orangnya suka belajar dan eksplorasi hal-hal baru secara independen. Itulah mengapa saya memutuskan untuk mencari peluang kerja baru.

19. Ingin Melanjutkan Pendidikan

Baik itu pendidikan master, doktor, atau short courses di luar negeri, biasanya ada orang-orang yang harus mengorbankan pekerjaannya saat itu demi pendidikan. Ketika kamu telah selesai menyelesaikannya dan siap mencari peluang baru, kamu bisa jelaskan kepada rekruter alasan resign yang sebenarnya.

Contoh jawaban:

Tahun lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk belajar selama 6 bulan di Amerika Serikat. Karena tidak memungkinkan, jadi saya harus resign. Sekarang, pendidikannya telah selesai dan saya siap mengimplementasikan apa yang saya pelajari di lingkungan kerja yang baru.

20. Jarak Rumah ke Kantor Yang Terlalu Jauh

Walau terkesan sebagai jawaban yang sepele, Namun alasan resign dari perusahaan sebelumnya saat interview kerja satu ini juga menjadi jawaban yang paling masuk akal. Pasalnya Jarak yang jauh antara kantor dan tempat tinggal bisa jadi salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas dan kinerja seseorang.

Hal tersebut yang membuat recruiter sadar jika setiap orang berhak mencari pekerjaan baru yang bisa membantumu bekerja dengan lebih baik.Supaya tidak terlalu fokus pada alasan ini, kamu bisa menyiasatinya dengan menambahkan alasan lain.

Contoh Jawaban:

Saya mencari peluang kerja di perusahaan yang dekat dengan rumah saya dan yang mampu memberikan kesempatan untuk mengerjakan berbagai project. Karena saya lahir dan besar di sini, saya juga telah memahami karakteristik masyarakat sekitar.
Jadi, saya yakin hal tersebut bisa membantu saya dalam beradaptasi dan produktifitas saya pun akan tetap terjaga.

Perbesar Kesempatan Dapat Panggilan Interview Kerja Dari Pintarnya!

Lamar kerja dimana saja tapi bingung ga pernah dapat panggilan interview? Mungkin skill yang Anda miliki belum sesuai dengan keinginan recruiter! Tingkatkan Skill dan perbesar kesempatan di panggil interview kerja dengan Sertifikasi Karir dari Pintarnya Siap Kerja. Disana Anda dapat mengakses banyak kelas profesional yang dapat membuat skill dan pengetahuan Anda semakin banyak. Terdapat ribuan kelas yang bisa Anda tonton kapanpun dengan berlangganan Pintarnya siap kerja. Tunggu Apalagi? Klik tombol dibawah dan dapatkan sertifikat karir sesuai dengan profesimu!

Cari Lowongan kerja terpercaya dan jauh dari loker hoax hanya di Pintarnya. Pintarnya dapat menjadi aplikasi pencarian kerja paling diandalkan untuk Anda yang tengah mencari kerja. Ada begitu banyak perusahaan yang sebelumnya telah melalui verifikasi melalui sistem maupun tim profesional yang membuat semua lowongan kerja di Pintarnya terjamin keamanannya. Download aplikasi pintarnya atau kunjungi websitenya sekarang juga!

Bagikan Artikel:

About The Author