10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menjawab alasan resign saat interview kerja

Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Paling Ampuh

Pernahkah Anda ditanya dalam wawancara kerja mengapa mengundurkan diri dan bingung cara menjawab alasan resign saat interview kerja? Pertanyaan ini sering ditanyakan dalam wawancara kerja oleh pelamar yang berpengalaman. 

Merekrut karyawan baru bukanlah hal yang mudah bagi perusahaan, ini adalah jalan yang panjang. Mengetahui mengapa seorang kandidat pergi selama wawancara dapat membantu menentukan apakah kandidat tersebut cocok untuk perusahaan. 

Menjawab alasan resign saat interview kerja terasa sulit bagi Sebagian orang. Di satu sisi, kandidat harus menjawab dengan jujur ​​dan tanpa rekonsiliasi. Di sisi lain, respons yang tidak canggih dapat menghalangi HRD untuk merekrut kandidat. 

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Lolos Interview User Sebelum Pengumuman

5 Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja

Menjawab pertanyaan interview dengan baik, tentu akan meningkatkan peluang Anda untuk bisa diterima dalam perusahaan tersebut. Terutama untuk Anda yang ingin pindah kantor, pasti akan ditanya mengapa keluar dari sana. Berikut cara menjawabnya dengan benar:

1. Pengalaman Baru 

Untuk cara menjawab alasan resign saat interview kerja pertama ini, kandidat dapat menjelaskan jenis pengalaman baru yang mereka inginkan. Dan juga mengapa kandidat menyimpulkan bahwa perusahaan baru ini dapat memberikan pengalaman. 

Juga, jika pewawancara bertanya mengapa Anda meninggalkan perusahaan, ada baiknya untuk berbicara sedikit tentang pengalaman Anda di kantor lama. Dan hal yang penting lainnya, Anda bisa menyampaikan prestasi di kantor lama 

 “Pada pekerjaan saya sebelumnya saya dipercaya menjadi designer sebuah butik, saya merencanakan sesuai dengan permintaan pelanggan. Saat ini saya ingin mengembangkan kemampuan desain saya pada bidang lain yakni sesuai dengan fokus perusahaan yakni pada bidang desain baju kaos modern”

2. Lingkungan Kerja yang Lebih Baik 

Menghabiskan lebih dari delapan jam sehari di lingkungan yang tidak efisien tentu bukan pengalaman yang menyenangkan. Perekrutan perusahaan biasanya dapat menerima lingkungan sebagai pembenaran untuk pemecatan dalam sebuah wawancara. 

Cara menjawab alasan resign saat interview kerja adalah dengan menyebutkan pengalaman singkat sebelumnya. Namun, jangan berbicara buruk tentang perusahaan Anda sebelumnya, karena Anda akan dianggap tidak professional.

 “Pada pekerjaan saya sebelumnya, seringkali ada perubahan keputusan yang terbilang sangat mendadak, hal tersebut menjadikan saya harus bekerja ulang dari awal. Saya berharap dengan tempat kerja yang baru, komunikasi bisa lebih baik sehingga meminimalisir adanya kesalahan seperti sebelumnya”

Baca Juga: 5 Tahapan dalam Interview Kerja, Perhatikan Berikut Ini!

3. Tantangan Lebih Besar 

Tantangan tempat kerja adalah suatu keharusan bagi para profesional yang berpikiran pengembangan diri. Perusahaan umumnya lebih menyukai karyawan yang ingin melanjutkan pendidikannya. 

Jika ingin memperoleh keterampilan atau pengetahuan khusus, Anda dapat mengatakannya ketika ditanya tentang alasan meninggalkan perusahaan. Ini membuktikan bahwa calon sangat menginginkan tantangan baru. 

“Sebelumnya saya bekerja sebagai orang yang menawarkan produk kecantikan dan menurut saya pribadi cakupan dari customer cukup terbatas. Saya merasa tertantang untuk masuk ke perusahaan ini yakni menawarkan produk tekstil yang cakupannya jauh lebih luas lagi”

4. Roda Kemudi Karir 

Seorang kandidat mungkin ingin memulai awal yang baru di bidang lain, tim HRD umumnya memahami hal ini. Tetapi, kandidat harus bisa menjelaskan alasan resign saat wawancara. Hal ini untuk menghindari kesan bahwa calon tidak “tangguh” di bidang sebelumnya. Seperti cara menjawab alasan resign saat interview kerja di bawah ini. 

“Saya memiliki pengalaman sebagai insinyur mesin pada sebuah perusahaan gas dan minyak selama kurang lebih enam tahun. Terlepas dari pekerjaan yang sebenarnya sangat saya nikmati, saya memutuskan untuk beralih ke energi terbarukan karena saya ingin terlibat dalam produksi energi yang bersih dan ramah lingkungan. 

Di sisi lain, menurut saya perkembangan industri energi terbarukan akan sangat pesat dalam satu dekade ke depan” 

5. Jelaskan Dampak yang Signifikan

Ketika ditanya mengapa Anda meninggalkan perusahaan, cara menjawab alasan resign saat interview kerja berikutnya adalah sebutkan dengan jelas alasannya. Jelaskan secara singkat mengapa tidak dapat mengambil tanggung jawab yang lebih besar di perusahaan sebelumnya.

“Perusahaan sebelumnya adalah distributor suku cadang mobil di Makassar. Perusahaan tersebut sudah memiliki pelanggan dari beberapa daerah. Saya dipercaya untuk mengambil alih proyek distribusi dalam jumlah besar tetapi berada di luar kota. Saya tidak bisa mengambil kesempatan itu karena, saya memiliki tanggung jawab mengurus orang tua di Makassar.”Demikian beberapa cara menjawab yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin melamar di tempat baru. Dengan menguasai cara menjawab alasan resign saat interview kerja, Anda tidak perlu khawatir lagi

Bagikan Artikel: