10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tahapan dalam interview kerja

5 Tahapan dalam Interview Kerja, Perhatikan Berikut Ini!

Berbicara mengenai wawancara kerja maka terdapat sejumlah tahapan dalam interview kerja yang harus dilewati oleh seorang joobseekers. Tetapi memang setiap perusahaan mempunyai kebijakan atau budaya berbeda-beda mengenai proses tersebut. 

Oleh karena itulah kemungkinan besar Anda akan menemui beberapa proses interview berbeda-beda saat tengah berada di lapangan. Tetapi memang terdapat sejumlah tahapan yang selalu ada dalam kegiatan rekrutmen karyawan baru tersebut dan beberapa dapat dilaksanakan pada kondisi tertentu ataupun khusus. 

Oleh karena itulah maka sebaiknya Anda juga perlu mempelajari apa sajakah tahapannya. Nantinya dapat dijadikan sebagai gambaran sekaligus buat mempersiapkan wawancara tersebut agar berjalan dengan maksimal. Kami sudah menyiapkan beberapa langkah dalam interview kerja dibawah ini dengan baik. 

Inilah Beberapa Tahapan dalam Interview Kerja yang Harus Diketahui

Sebelum Anda menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan maka harus melewati serangkaian proses. Salah satunya adalah proses interview alias wawancara. Nantinya dalam proses itulah dapat menjadi penentu apakah sebuah perusahaan memutuskan untuk menerima atau tidak. 

Perlu diketahui bahwa terdapat setidaknya 5 tahapan dalam interview kerja di mana akan Anda lewati ketika mendaftar sebagai calon karyawan diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Screening 

Tahap pertama adalah screening alias proses menyaring kandidat mana sajakah yang cocok buat mengisi posisi di mana mereka inginkan. Proses screening dapat dilakukan dengan melihat CV, resume, portofolio dan profil Anda nantinya. 

Tetapi memang terdapat sebagian besar perusahaan yang melakukan proses screening langsung seperti melalui sambung telefon atau video call dengan durasi mulai dari 5-15 menit. 

2. Interview HRD 

Apabila Anda sudah melewati tahapan screening maka proses berikutnya adalah interview HRD. Tujuannya adalah buat mengetahui skill sekaligus pengalaman yang dimiliki oleh calon karyawan nantinya. 

Sebab nantinya pihak HRD akan mencocokkan apakah skill calon karyawan sudah sesuai untuk mengisi posisi kosong ataukah tidak. Selain itu akan digali lebih dalam mengenai kecocokan Anda dengan budaya perusahaan.

Baca Juga: 7 Tips Membuat CV yang Pasti Lolos Seleksi Perusahaan 

3. Interview User 

Tahapan dalam interview kerja berikutnya adalah wawancara dengan user. Nantinya Anda akan dipertemukan dengan pihak manajer dan supervisor dari beberapa devisi posisi yang dilamar. 

Dalam tahap ini jugalah, seorang user akan menggali lebih dalam serta spesifik mengenai skill sekaligus kemampuan dalam bekerja. Terdapat juga beberapa pertanyaan yang nantinya akan diajukan. 

4. Wawancara Dengan Jajaran Direksi 

Tahapan lainnya adalah proses wawancara dengan jajaran direksi. Misalnya saja, kalau Anda melamar di posisi senior staf ataupun SPV maka biasanya akan mengikuti tes atau interview dari jajaran direksi. 

Nantinya dalam tahap inilah, Anda akan diminta dalam menceritakan bagaimanakah saat Anda menjalani pekerjaan sehari-hari kalau diterima oleh perusahaan. Mereka juga akan menggali bagaimana kesiapan calon karyawan ketika terjun. 

5. Pengambilan Keputusan

Tahap terakhir adalah proses pengambilan keputusan setelah serangkaian wawancara di atas dilakukan. Disinilah, apabila Anda sudah memenuhi semua persyaratannya maka akan diminta buat melakukan medical check up. Tetapi beberapa perusahaan biasanya akan langsung menawarkan kontrak kerja. 

Tips dalam Interview Tingkatkan Peluang Diterima 

Sudah paham dengan tahapan dalam interview kerja di atas bukan? Tidak dapat dipungkiri bahwa tahap satu ini memang bisa menjandi penentu apakah Anda akan diterima oleh pihak perusahaan ataukah tidak. 

Oleh karena itulah, Anda perlu mempersiapkan semuanya dengan maksimal agar pihak HRD dan jajaran lainnya dapat terpikat. Tips pertama adalah cobalah untuk menjadi seseorang yang tepat waktu. Sebab dengan begitu akan memberikan kesan bahwa Anda cukup semangat sekaligus antusias. 

Selain itu, jangan lupa agar berpakaian sopan dan rapi ketika melakukan wawancara. Sebab nantinya apa yang Anda kenakan juga akan berpengaruh terhadap hasilnya. Dengan sopan dan rapi itulah maka akan terlihat profesional sekaligus enak dipandang. 

Agar nantinya bisa terhindar dari gugup ketika wawancara, maka tidak ada salahnya buat mempelajari pertanyaan umum yang biasanya diajukan oleh semua jajaran. Di samping itu jika perlu cobalah lakukan wawancara agar terhindar dari gagap ataupun gugup. Cobalah untuk meminta teman atau keluarga buat membantu proses latihan interview. Sebelum diterima di sebuah perusahaan, maka selain melewati test, Anda juga perlu melakukan serangkaian interview terlebih dahulu. termasuk juga dengan beberapa tahapan dalam interview kerja di mana perlu dipelajari dengan baik.

Bagikan Artikel: