10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

hand shakes

10 Tips Lolos Interview Cocok Dipraktikkan Fresh Graduate

Bagi seseorang yang sedang atau akan melamar kerja ada beberapa tips lolos interview kerja. Hal ini bertujuan ketika interview lebih mudah diterima oleh perusahaan diinginkan. Dan bagi fresh graduate bisa mempersiapkannya dengan matang.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan sebelum memulai kerja seperti membuat surat lamaran kerja, lalu mengirim pada perusahaan diinginkan kemudian menunggu proses interview. Berikut tips agar lolos saat interview kerja.

Berikut Ini Tips Lolos Interview Kerja

Dalam melakukan interview kerja ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya sukses. Seperti hadir 30 menit sebelum wawancara, mencari informasi tentang perusahaan, menunjukkan rasa percaya diri, dll.

1. Belajar Kemampuan Wawancara

Tips lolos interview kerja pertama adalah belajar kemampuan wawancara. Anda bisa berlatih dengan mencari pertanyaan di Internet, karena hampir semua perusahaan memiliki pertanyaan hampir sama. Selain itu perlu juga melatih intonasi suara dan emosi dalam menjawab setiap pertanyaan.

Dengan berlatih terlebih dulu, Anda bisa mengaplikasikannya pada wawancara nyata. Sehingga tidak perlu takut lagi gagal ketika proses interview pada perekrut tersebut.

2. Mencari Info Tentang Perusahaan

Kemudian tips lolos interview kerja selanjutnya yaitu mencari informasi mengenai perusahaan. Hal tersebut bagi pelamar bertujuan untuk mengetahui aspek akan cocok dengan visi misi perusahaan.

Hal tersebut dilakukan dengan mengunjungi website, sosial media atau media milik perusahaan. Jika memiliki banyak kecocokan, Anda berpeluang lolos pada tahap interview kerja.

3. Memahami Diri Pada Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum wawancara terlebih dahulu Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan pada diri. Karena posisi pekerjaan memiliki kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja. Ketika sudah mehamai hal tersebut Anda bisa menawarkan kelebihan pada sebagai bentuk kontribusi pada perusahaan.

Selain itu Anda perlu mempersiapkan ringkasan penghargaan atau pengalaman yang sudah diperoleh sebelumnya. Termasuk testimoni mengenai rekan kerja, tempat kerja dan atasan Anda biasanya juga akan ditanyakan. Hal tersebut perekrut bisa mengetahui seseorang dari kualitas dari jawabannya.

4. Menyesuaikan Penampilan dengan Posisi Lamaran

Kemudian tips lolos interview selanjutnya dengan menyesuaikan penampilan dengan posisi yang dilamar. Anda bis memakai baju putih panjang dan celana hitam dengan memakai sepatu. Karena kebanyakan lowongan pekerjaan biasanya tidak mencantumkan hal tersebut.

Ketika melamar kerja dan proses interview, jangan sampai salah kostum. Hal ini bisa mempengaruhi impresi perekrut pada Anda. Untuk itu bisa memakai pakaian yang nyaman dan sopan agar ketika menjawab pertanyaan bisa lebih fokus.

5. Datang 30 Menit Sebelum Wawancara

Tips lolos interview selanjutnya untuk hadir lebih awal misalnya 30 menit sebelum dimulai. Misalnya, jika wawancara dijadwalkan pukul 9 pagi, maka Anda perlu mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi seperti kemancetan dan lain-lainnya. Tidak tepat waktu juga dapat memberi kesan buruk bagi calon pekerja.

Ketika sedan menunggu giliran wawancara, Anda bisa beristirahat atau menenangkan diri agar tidak gugup. Selain itu juga bisa mempersiapkan hal lain seperti merapikan penampilan.

6. Menunjukkan Rasa Percaya Diri

Tips lolos interview selanjutnya dengan menunjukkan rasa percaya diri. Pastikan menyapa dan memberi salam ketika masuk ruangan, kemudian duduk dengan posisi tegak dan tidak kaku. Pastikan juga ketika menjawab pertanyaan begitu antusias. Buktikan bahwa Anda merupakan pelamar yang sangat perlu menjadi bagian perusahaan tersebut.

7. Jangan Menjawab Sebelum Belum Mengerti

Jika ada pertanyaan yang belum dimengerti, cobalah untuk tanyakan ulang pada HRD atau perekrut tersebut. Setelah itu, pikirkan sebelum menjawabnya. Dengan ini Anda dapat memberi jawaban sesuai dengan harapan perekrut.

8. Menjawab dengan Jujur

Dalam proses interview usahakan menjawab dengan jujur. Hal itu berarti Anda memberikan jawaban berhubungan dengan pertanyaan yang diajukkan. Dengan begitu, perekrut lebih mudah untuk mendapat gambaran pelamar.

9. Menyikapi Kekurangan Sebagai Potensi Diri

Setelah mengenali kelebihan dan kekuranan, Ada perlu menyusun jawaban interview menuju ke arah positif. Ketika ada pertanyaan dan dirasa menunjukkan kekurangan Anda perlu menyesuaikan cara menjawabnya. Daripada mengakui secara terbuka kekurangan tersebut, yang dapat menjadi motivasi perkembangan diri menjadi lebih baik.

Contohnya sebagai berikut:

“Apakah kamu bisa memimpin rekan kerjamu nanti?” Kamu dapat menjawab dengan “Jika saya dipercaya untuk memimpin, saya dengan senang hati menerima posisi tersebut agar dapat terus mengasah kemampuan leadership saya”. 

10. Ajukan Pertanyaan

Ketika proses interview tidak begitu kaku, jadikan hal tersebut sebagai diskusi dua arah. Anda bisa menanyakan hal umum mengenai perusahaan atau hal yang menjadi tantangan perusahaan tersebut.Hal tersebut seperti belajar kemampuan wawancara, memahami kelebihan dan kekurangan, sampai dengan mengajukan pertanyaan. Selain itu ada yang lebih penting yaitu sebelum melakukan interview harus berdoa terlebih dahulu supaya dimudahkan dalam proses tersebut. Jadi di atas beberapa tips lolos interview bisa dilakukan oleh fresh graduate.

Bagikan Artikel: