contoh kelebihan diri

10++ Contoh Kelebihan Diri dan Cara Mengetahuinya

Contoh kelebihan diri harus Anda ketahui sebelum menjalani proses wawancara kerja. Biasanya, HRD akan menanyakan hal ini agar dapat mengukur pandangan, kepribadian, sikap serta komunikasi.

Akan tetapi, masih banyak yang bingung menjawab apa kelebihan diri sendiri. Oleh karena itu, kami akan bahas tuntas bagaimana cara mengetahui kelebihan diri sendiri. Simak beberapa contohnya di bawah ini.

10 Contoh Kelebihan Diri Sendiri Saat Ditanya Interview Kerja

Ada beberapa contoh kelebihan yang ada pada diri sendiri yang harus diketahui dengan jelas. Dengan begitu, nantinya Anda akan mengetahui lebih banyak keuntungannya. Berikut ini sudah ada contoh yang bisa Anda ketahui.

1. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Setiap membaca kualifikasi dari lowongan pekerjaan, kemampuan bisa berkomunikasi yang baik pasti masuk dalam kualifikasi diinginkan oleh perusahaan. Seperti yang diketahui bersama, komunikasi yang baik yaitu penentu lancarnya pekerjaan sehari-hari. 

Apabila Anda merupakan orang yang mampu berkomunikasi dengan baik. Maka tidak ada salahnya menonjolkan contoh kelebihan diri tersebut.‍

Baca juga: Contoh Kekurangan Diri Yang Terlihat Baik Dimata Recruiter

2. Percaya Diri

Rasa percaya diri merupakan salah satu kelebihan yang bisa Anda sampaikan saat ditanya HRD. Sampaikanlah jawaban dengan penuh energi positif dan gestur yang baik, bahkan tidak berlebihan.

3. Mampu Berpikir Kreatif

Saat ini sudah ada banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan keterampilan berpikir kreatif. Anda bisa menjadikan ini sebagai salah satu contoh kelebihan diri sendiri.

Agar lebih meyakinkan, maka ceritakan secara singkat terkait kreativitas yang pernah dilakukan. Sehingga HRD akan lebih tertarik dengan diri Anda.

Baca juga: 10 Contoh Kelemahan Diri yang Positif, Tanpa Turunkan Nilai Pelamar



4. Lebih Fleksibel

Apabila Anda merupakan seorang yang fleksibel akan membuat diri sendiri tampak lebih luwes. Artinya, fleksibel di sini merupakan seorang yang bisa ditempatkan di mana saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.‍

5. Mampu Memimpin Tim

Mampu menjadi seorang pemimpin tim juga termasuk salah satu contoh kelebihan diri. Memasukkan ini sebagai kelebihan bisa saja membuat Anda menjadi kandidat yang diperhitungkan.

Sikap mengenali diri sendiri juga bisa membantu Anda untuk mencari solusi terbaik dalam hidup. Hal ini karena setiap kelemahan tentunya akan ada manfaatnya bila ditangani dengan tepat.

Oleh karena itu, cobalah untuk bisa memahami jika setiap orang berbeda. Terima juga apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda ingin mengubah sifat yang menjadi kekurangan diri sendiri atau tidak. Untuk kelebihan sendiri, tingkatkan lagi potensi dengan rendah hati.

6. Memiliki Penampilan Yang Menarik

Salah satu contoh kelebihan diri yang dapat Anda sebutkan saat interview kerja adalah memiliki penampilan yang menarik. Penampilan yang menarik dapat mencerminkan kepribadian seseorang.

Penampilan menarik sendiri bukan berarti Anda harus tampil dengan pakaian dan accesoris yang mencolok. Penampilan menarik adalah saat Anda dapat menyesuaikan pakaian yang Anda gunakan di berbagai situasi dan kondisi dengan tetap mengutamakan kesopanan.

7. Memiliki Kemampuan Problem Solving

Di kutip dari Kumparan, Kemampuan problem solving juga merupakan salah satu kelebihan yang sangat berharga bagi seorang kandidat di mata recruiter. Pasalnya di banyak pekerjaan, problem solving menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih baik lagi.

Tak hanya untuk seseorang yang memiliki pengalaman kerja, untuk Anda yang belum memiliki pengalaman kerja juga bisa menyebutkan kelebihan tersebut. Anda dapat merefleksikannya pada kemampuan problem solving yang biasa anda lakukan di kehidupan sehari hari maupun problem solving yang biasa Anda lakukan di Organisasi kampus.

8. Mudah Beradaptasi

Kemampuan adaptasi juga tak kalah penting untuk calon pekerja atau kandidat saat ini. Pasalnya perubahan dalam pekerjaan atau perusahaan dapat terjadi kapanpun yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Untuk itu, dengan kemampuan beradaptasi atau menyesuaikan diri yang baik, Seorang recruiter akan menganggap hal tersebut sebagai salah satu contoh kelebihan yang bermanfaat bagi perusahaan maupun kadidat tersebut.

Ceritakan secara singkat kemampuan adaptasi yang pernah kamu alami di berbagai aspek kehidupan. Untuk Anda yang memiliki pengalaman adaptasi di dunia kerja, Hal tersebut dapat menjadi nilai tambahan lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Overthingking Saat Bekerja



9. Memiliki Hasrat Yang Tinggi Untuk Belajar Hal Baru

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, Seorang pekerja atau karyawan di tuntut untuk mengikuti perkembangan akan teknologi tersebut.

Hal ini dapat terjadi jika kandidat atau pegawai tersebut memiliki kemampuan ataupuan hasrat yang cukup besar untuk mempelajari hal baru. Dengan begitu, Recruiter akan menanggap Anda sebagai salah satu kandidat yang memiliki kelebihan sesuai dengan bisnis yang dijalani.

Untuk itu, Anda dapat menjadikan salah satu contoh kelebihan yang satu ini sebagai jawaban Anda saat melakukan interview kerja.

10. Rapi dan terorganisir

Rapi dan terorganisir juga menjadi salah satu kelebihan yang wajib masuk kedalam salah satu list kelebihan diri yang akan Anda sebutkan saat Interview Kerja. Karena Dengan kelebihan ini, Anda dapat menjadi salah satu kandidat yang patut untuk dipertimbangkan.

Dengan memiliki kelebihan sebagai orang yang terorganisi, recruiter akan melihat Anda sebagai orang yang mampu menyelesaikan tugas tugas dan pekerjaan dengan rapih dan terjadwal. Anda bisa menggambarkan cara melakukan organisir pekerjaan yang dapat Anda lakukan seperti membuat to do list dan menyelesaikannya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Cara Menjawab Kelebihan Diri Saat Interview Kerja

1. Jawab Dengan Percaya Diri Bukan Berarti Menyombongkan Diri

Cara menjawab kelebihan diri saat interview kerja memang kerap membuat bingung beberapa calon kandidat. Banyak dari Anda yang ragu ragu menjawab pertanyaan interview tersebut dengan alasan takut dianggap terlalu PeDe dan terkesan sombong.

Padahal, Dengan menjawab kelebihan diri Anda saat interview justru akan membuat recruiter memiliki penilaian lebih akan gambaran diri Anda. Dengan kelebihan yang Anda miliki, Tak jarang juga akan menentukan lolos atau tidaknya Anda ke proses rekruitmen selanjutnya.

Namun perlu di perhatikan juga, Saat Anda menjawab kelebihan diri Anda dengan percaya diri, Anda juga wajib menjaga jawaban tersebut agar tidak menjadi kalimat yang menyombongkan diri Anda.

Usahakan berikan gambaran yang jelas akan kelebihan yang Anda miliki agar recruiter dapat memahami dengan baik kelebihan tersebut

2. Pilih Kelebihan Yang Paling Relevan Dengan Pekerjaan Yang Dilamar

Terkadang banyak dari Anda yang bingung untuk menyebutkan kelebihan diri yang mana yang dapat Anda sebutkan ke recruiter. Untuk mengatasi hal tersebut. Cara menjawab kelebihan diri sendiri saat interview selanjutnya adalah dengan memilih kelebihan diri yang paling sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Sebagai contoh, Jika anda melamar pekerjaan sebagai staff akuntan, Anda dapat menjawab kelebihan diri sebagai pribadi yang mengutamakan ketelitian dan ketepatan. Pasalnya dengan menjawab kelebihan diri yang relevan dengan pekerjaan tersebut, Anda akan mendapatkan nilai lebih dimata recruiter.

3. Jadikan Pengalaman Sebagai Jawaban Tambahan

Untuk meyakinkan recruiter dengan kelebihan yang Anda miliki, Anda dapat menambahkan contoh jawaban kelebihan diri tersebut dengan pengalaman pengalaman yang pernah Anda alami di pekerjaan sebelumnya ataupun di kehidupan sehari hari jika Anda belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate.

Dengan menambahkan pengalaman pada jawaban yang Anda berikan, Recruiter akan melihat kelebihan tersebut sebagai sesuatu yang memang benar Anda miliki dan telah terbukti di pekerjaan yang Anda jalani sebelumnya. Serta akan memberikan gambaran lebih akan pribadi yang Anda miliki dimata recruiter.

4. Persiapkan Terlebih Dahulu Jawaban Yang Akan Anda Berikan

Sebelum melakukan interview, Usahakan jawaban akan kelebihan diri ini akan telah persiapkan sebelumnya. Pasalnya recruiter dapat memahami jawaban yang memang dijawab dengan penuh persiapan maupun jawaban yang Anda jawab dengan frontal.

Dengan mempersiapkan jawaban tersebut, Anda dapat menyiapkan beberapa penambahan yang memperkuat jawaban tersebut sehingga jawaban yang Anda berikan jadi semakin menarik dimata recruiter.

Cara Mengetahui Kelebihan Diri Sendiri 

Bagi Anda yang masih belum bisa mendeskripsikan kelebihan saat interview, pertanyaan ini akan sering muncul. Di bawah ini sudah ada beberapa cara untuk mengetahui contoh kelebihan diri sendiri.

1. Pendapat Orang Lain

Kelebihan diri sendiri tidak semuanya dapat diketahui secara pribadi. Ada kalanya Anda membutuhkan orang lain untuk bisa membantu menilai diri sendiri.

Anda bisa bertanya kepada orang terdekat bagaimana diri sendiri di mata mereka. Dari pendapat mereka, Anda bisa menjelaskan kelebihan dan kelemahan yang ada dalam diri sendiri.

Selain itu, Anda juga harus bisa siap menerima kritik dan saran yang membangun. Hal ini dilakukan agar menjadi kepribadian lebih baik.

2. Intropeksi Diri

Cara mengetahui kelebihan diri sendiri yang pertama yaitu introspeksi diri. Dengan intropeksi diri, Anda bisa langsung mengenali diri sendiri lebih dalam, khususnya semua kelebihan dan kekurangan.

Sebagian besar dari Anda pasti tidak hanya mengungkapkan segala kelebihan dan kekurangan diri terhadap orang lain. Sehingga saat harus mengenali diri sendiri, ini menjadi suatu hal sulit.

3. Menulis Jurnal

Menulis jurnal juga dapat membantu Anda lebih mengenal diri sendiri. Hal yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan satu buku khusus di mana hanya diri sendiri yang bisa baca. Kemudian, catat apa yang disyukuri, apa saja yang dipelajari, dan apa keinginan besok. 

Lalu bebaskan diri sendiri untuk bercerita. Dengan begini, Anda dapat menarik kesimpulan apa saja yang menjadi kekuatan. Lalu ada apa saja potensi diri untuk dikembangkan.

4. Meluangkan Waktu untuk Melakukan Hobi

Cobalah untuk bisa meluangkan waktu khusus dalam aktivitas diri maupun hobi. Contoh kelebihan diri saja dengan ikut kegiatan di komunitas atau kepanitian. Jika Anda bisa mengerjakan suatu hal dengan hasil memuaskan, ini bisa menjadi kelebihan diri sendiri. 

Namun, bila Anda merasa kesulitan dan menimbulkan masalah, maka bisa jadi kekurangan. Beberapa informasi di atas diharapkan bisa memberikan referensi untuk Anda. Contoh kelebihan diri sendiri sebenarnya sangat banyak.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.