Cara mengatasi overthinking saat kerja

Cara Mengatasi Overthinking Saat Kerja yang Mudah

Cara mengatasi overthinking saat kerja saat ini sebenarnya harus diketahui agar dapat produktif dalam bekerja. Tidak dapat dipungkiri, overthinking dapat menjadi salah satu penghambat untuk tetap produktif dalam bekerja.

Beban pikiran yang terlalu berlebihan akan membuat Anda tidak akan fokus ketika di kantor. Hasilnya Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan berpotensi kena teguran dari atasan.

5 Cara Mengatasi Overthinking Saat Kerja

Ada beberapa cara mengatasi overthinking saat kerja yang perlu diketahui. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara mengatasi overthinking yang mudah, antara lain:

1. Fokus pada solusi

Melansir dari Forbes, memikirkan permasalahan tidak akan membantu Anda, namun memikirkan solusi dari masalah tersebut sangat membantu. Oleh karena itu, jangan biarkan pikiran Anda mengarah kepada masalah yang terjadi kepada dirimu. 

Jadi sebisa mungkin, alihkan untuk memikirkan solusinya. Tanyakan juga pada diri sendiri langkah apa yang harus dilakukan agar bisa menyelesaikan masalah.

2. Berhenti jadi perfeksionis

Sebagian orang overthinking dikarenakan merasa dirinya kurang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Kurang cerdas, kurang rapi, kurang bagus, atau kurang yang lainnya.

Hal ini tentunya akan menimbulkan overthinking karena Anda percaya bahwa pekerjaan kurang bagus. Oleh sebab itu, cara mengatasi overthinking saat kerja yaitu dengan berhenti jadi perfeksionis.

3. Awali hari dengan baik

Salah satu cara untuk mengatasi overthinking yaitu memulai hari dengan kebahagiaan. Contohnya saja, bangun pagi, kemudian menyiram tanaman ataupun langsung sarapan. 

Apabila ada waktu, mungkin Anda bisa olahraga sejenak sebelum sarapan dan mandi. Cara mengatasi overthinking saat kerja ini cukup ampuh untuk bisa membuat pikiran negatif yang menempel di malam hari hilang



4. Mengalihkan pada kebahagiaan

Pikirkan hal-hal yang akan membuat Anda lebih bahagia. Contohnya saja seperti, menggambar, menulis, bermain musik, dan hobi yang membuat Anda dapat melupakan masalah.

Cara ini juga cukup ampuh untuk mengatasi overthinking. Sebagai contoh, misalkan saja Anda sedang mengalami overthinking di kantor.

Jadi sebaiknya pikirkan nanti saat pulang ke rumah Anda akan menggambar ataupun menulis novel. Selain itu, Anda juga dapat mengalihkan pikiran untuk mengambil cuti agar mengurangi pikiran yang berlebihan.

5. Ubah pandangan terhadap rasa takut

Sebagian besar kasus, overthinking terjadi karena disebabkan oleh adanya rasa takut. Saat fokus pada hal negatif, Anda akan lebih mudah menjadi tidak produktif.

Adapun rasa takut yang menyebabkan overthinking sebenarnya beragam. Hal uni bisa jadi karena adanya kegagalan di masa lalu, rasa takut mencoba, atau kejadian lainnya.

Namun, ingatlah bahwa kegagalan yang pernah dialami sebelumnya terus Anda dapatkan setiap saat. Ketahui juga kegagalan yang didapatkan merupakan sarana untuk belajar.

Alasan Overthinking Harus Bisa Dihindari

Pada dasarnya, terlalu banyak memikirkan kesalahan, masalah dan kekurangan diri sendiri bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan. Ini seringkali dirasakan oleh pekerja saat sedang melakukan suatu kesalahan di kantor. 

Saat terdapat kesalahan yang dilakukan, mulai itu lisan atau tulisan, maka akan selalu memikirkan masalah tersebut dan menimbulkan overthinking. Bahkan, tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan di kantor akan merasa insecure.

Hal ini malah akan membuat produktivitas kerja semakin berkurang. Ini sebabnya, Anda selalu terpaku dengan kesalahan tersebut.

Cara mengatasi overthinking saat kerja bisa membuat Anda menurunkan stres, tidur lebih nyenyak. Apalagi secara otomatis berpengaruh positif terhadap karier Anda.

Jadi bayangkan saja apabila Anda bisa mengatasi overthinking dengan baik. Malam hari tidur bisa lebih nyenyak dan keesokan harinya dapat menyambut pekerjaan dengan positif.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi overthinking saat kerja dengan baik. Hal ini dilakukan agar bisa terhindar dari pengaruh buruk overthinking.

Ingat, overthinking tidak akan membantumu dalam menyelesaikan masalah. Justru, itu bisa membuatmu masuk ke dalam masalah yang lainnya.

Jika Anda masih sering merasa overthinking saat bekerja, mungkin bisa menuangkan keluh kesah dan bercerita bersama teman. Anda juga bisa bercerita dengan orang lain yang dekat atau orang tua.

Agar beban saat bekerja lebih ringan dan semakin semangat untuk melakukan hal lain. Cara mengatasi overthinking saat kerja ini bisa menjadi referensi untuk Anda.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.