10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Ciri-ciri lolos interview HRD

4 Ciri-Ciri Lolos Interview HRD, Dijamin Dapat Kerja

Memahami ciri-ciri lolos interview HRD adalah salah satu hal penting. Mendapatkan pekerjaan tentu menjadi impian sebagian orang. Bisa merasakan dunia kerja secara langsung memang tidak mudah, bahkan bagi fresh graduate sekalipun. Banyak tantangan dan saingan yang harus dilewati. Salah satunya adalah interview kerja yang akan dilakukan.

Sebenarnya ada beberapa tahapan, mulai dari tahapan pendahuluan, interview HRD, serta interview user. Proses interview ini dapat dilakukan lebih dari satu kali. Jadi prosesnya akan panjang dan dapat membuat Anda bertanya-tanya hasilnya, akan diterima atau tidak.

Menyelesaikan rasa penasaran Anda, tentu harus mengetahui bagaimana ciri-ciri ketika sudah lolos interview kerja, salah satunya adalah interview HRD. Apabila sudah mengetahui dengan baik maka akan berguna dan dapat melakukan refleksi setelah interview tersebut. 

Baca Juga: Cara Lolos Interview Kerja, Penting Diketahui!

Beberapa Ciri-Ciri Lolos Interview HRD

Lolos interview memang menjadi impian banyak calon pekerja. Sehingga Anda harus mengetahui ciri-cirinya lolos interview. Berikut ada beberapa ciri-ciri Anda lolos interview dari HRD yang harus Anda ketahui, seperti berikut:

1. Durasi Interview Sudah Melewati Batas Jadwal

Salah satu ciri-ciri lolos interview HRD adalah durasi interview tersebut sudah lewat dari jadwal yang telah ditentukan. Misalnya, Anda diberitahu bahwa kerja interview hanya akan berlangsung sekitar 1 jam, tetapi Anda sudah berbicara dengan tolakan cara lebih dari satu jam. 

Hal tersebut bisa menjadi pertanda baik Sebab mereka menginvestasikan waktu ada Anda sebagai seorang kandidat. Hal ini tentu berlaku sebaliknya, ketika Anda mendapatkan beberapa pertanyaan saja kemudian diberhentikan bahkan sebelum waktu yang telah dijadwalkan habis. Hal tersebut bisa dikatakan bahwa pewawancara kurang tertarik dengan Anda.

Jika hal tersebut terjadi, maka bukan pertanda baik dan mungkin tidak lolos interview. Diketahui bahwa waktu seorang pewawancara sangat penting dan berharga setelah mereka juga memiliki pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, para wawancara tidak akan membuang waktu untuk berbicara dengan kandidat yang tidak mereka Minati.

Jadi salah satu ciri-ciri lolos interview HRD adalah durasi waktu yang melebihi batas dari apa yang sudah dijadwalkan. Hal tersebut bisa dilakukan untuk menggali informasi Anda.

2. Bertanya Jadwal untuk Interview Lain

Dalam sesi interview, para pembicara mungkin akan menaikkan salah satu pertanyaan secara umum. Misalnya, apakah Anda sedang melamar di perusahaan lain? Berapa perusahaan yang sedang diikuti? Dan lain sebagainya.

Mungkin bagi Anda pertanyaan tersebut terdengar biasa, namun dibalik pertanyaan tersebut bisa jadi mereka mencari tahu di mana saja perusahaan yang mencoba untuk merekrut Anda. Mereka ingin melihat seberapa serius Anda di dalam industri tersebut. 

Hal ini bisa dijadikan salah satu ciri-ciri diterima ketika interview, sebab para pemain cara menanyakan jadwal interview lain, di mana bisa diartikan mereka ini lebih cepat untuk memberikan Anda penawaran yang jauh lebih baik dibandingkan perusahaan lain. 

3. Percakapan Lebih Santai

Kemudian  ciri-ciri lolos interview HRD selanjutnya adalah percakapan ketika wawancara lebih santai lagi. Jadi Anda bisa mendapatkan proses wawancara yang berjalan dengan baik bahkan seperti diskusi, bukan seperti sesi interogasi.

Anda bisa mendapatkan beberapa percakapan yang ramah hal tersebut merupakan salah satu ciri-ciri dari pewawancara yang tertarik dengan Anda. Jadi bawa wawancara ini bisa merasakan rasa nyaman berbicara dengan Anda sebagai seorang kandidat atau pelamar kerja. 

Anda mampu menunjukkan keterampilan interpersonal dengan baik ketika Membangun hubungan  dengan pewawancara selama interview sedang berlangsung. Dapat dikatakan bahwa Anda cocok dengan budaya perusahaan mereka dan mampu bekerja sama apabila perusahaan mempekerjakan Anda. 

4. Pewawancara Mulai Bertanya Tentang Gaji

Ciri-ciri lolos interview HRD selanjutnya adalah pihak pewawancara mulai bertanya tentang gaji kepada Anda. Sebagian besar HRD tidak akan membahas tentang ekspektasi gaji, kecuali ketika mereka sudah mempertimbangkan kandidat yang telah memenuhi persyaratan. 

Ekspektasi gaji yang ditanyakan memiliki tujuan untuk menyaring kandidat sesuai dengan anggaran mereka. Sebenarnya hal ini merupakan pertanda baik sebab dicari katakan bahwa Anda memiliki kesempatan untuk lolos interview HRD.

Anda harus lebih berhati-hati ketika menjawab ekspektasi gaji yang ditanyakan oleh pewawancara. Persiapkan sebelumnya dengan menuliskan rincian kompensasi sebagai referensi apabila diminta oleh pihak pewawancara.Ada banyak tanda yang bisa dilihat bahwa Anda termasuk salah satu kandidat yang diterima kerja ketika interview HRD sedang berlangsung. Untuk lebih pastinya, tunggu sampai menerima informasi penerimaan karyawan secara langsung. Sebelumnya, Anda hanya bisa menerka terkait ciri-ciri lolos interview HRD di perusahaan favorit.

Bagikan Artikel: