10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Inilah Cara Follow Up Hasil Interview yang Harus Diketahui

Sebagai seorang pencari kerja tentunya Anda harus mengetahui bagaimana cara follow up hasil interview. Sebab dengan mengetahui cara tersebut maka Anda bisa mengetahui tentang bagaimana hasil dari proses rekrutmen pada saat lamaran kerja.

Tidak banyak orang yang mengetahui atau bahkan melakukan follow up setelah mereka melakukan sesi interview saat melamar pekerjaan. Tentu saja hal ini cukup merugikan karena Anda akan di ambang keraguan karena hasil yang menggantung.

Maka dari itulah Anda harus mengetahui tentang kepastian hasil dari wawancara agar bisa mengetahui kepastian hasil rekrutmen. Untuk bisa melakukannya maka bisa dengan berusaha melakukan follow up setelah proses rekrutmen.

Apabila tidak mengetahuinya tentu tidak perlu risau. Sebab pada kesempatan kali ini akan kami uraikan tentang bagaimana follow up hasil interview yang tepat di mana bisa diterapkan saat proses wawancara atau interview.

Beberapa Cara Follow Up Hasil Interview yang Tepat

Saat proses interview ketika rekrutmen, semua tindakan dan perkataan kita tentu akan mempengaruhi bagaimana hasil dari wawancara. Karena itulah Anda tidak bisa menanyakan semua hal secara bebas agar tidak memberikan kesan buruk pada rekruter.

Tidak hanya itu, berbagai sikap dan perkataan ternyata juga bisa mempengaruhi hasil wawancara dalam aspek yang positif. Sehingga jika bisa memberikan kesan yang baik tentu akan memperlebar peluang diterimanya pada perusahaan yang dilamar.

Maka dari itu Anda bisa memanfaatkan sesi wawancara ini untuk memperlebar kesempatan tersebut. Tidak hanya itu saja, ada juga bisa menjawab semua rasa penasaran proses rekrutmen dalam sesi ini. 

Apabila ingin mengetahui kepastian dari hasil wawancara, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara follow up hasil interview. Penasaran bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya.

  1. Menanyakan Tanggal Pengumuman Hasil Rekrutmen

Salah satu cara paling efisien yang bisa Anda coba lakukan ketika ingin mengetahui hasil dari interview saat proses wawancara ialah menanyakan tanggal pengumuman. Sehingga dengan mengetahui tanggal pengumumannya maka Anda bisa memperkirakan bagaimana hasilnya.

Apabila pada tanggal tersebut rekruter menghubungi Anda maka hasilnya positif dan apabila tidak menghubungi tentu hasilnya negatif. Karena itulah penting untuk menanyakan kapan tanggal pengumuman hasil rekrutmen di sesi akhir wawancara ketika diperkenalkan bertanya.

Pastikan agar bertanya dengan penyampaian yang sopan serta tidak menyinggung agar tidak mempengaruhi hasil wawancara. Contoh pertanyaan yang tepat ialah “Izin bertanya pak, kira-kira kapan saya mengetahui jika saya lolos ke tahapan berikutnya?”.

  1. Bertanya Bagaimana Progres dari Rekrutmen

Apabila pada pertanyaan yang ada lontarkan sebelumnya tidak mendapatkan jawaban yang spesifik, Tentu masih ada opsi lainnya bagaimana cara follow up hasil interview.

Di mana salah satu caranya ialah dengan menanyakan tentang bagaimana progres dari rekrutmen. Sebab dengan mengetahui seberapa jauh progres yang sudah berlalu, maka Anda bisa mengetahui bagaimana posisi Anda pada progres tersebut.

Untuk menanyakannya tentu akan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan dengan adanya sosial media tentu bisa membuat Anda berkomunikasi dengan lebih mudah dengan HRD. 

Karena itulah tanyakan pada HRD mengenai sejauh mana proses rekrutmen berlangsung melalui Email ataupun WhatsApp.

Pastikan juga apabila ketika mengajukan pertanyaan maka harus memperkenalkan diri serta menanyakan informasi yang spesifik agar bisa memperoleh balasan.

  1. Tidak Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa berbagai ucapan tentu akan mempengaruhi kesan HRD terhadap diri Anda. Karena itulah pastikan untuk tidak melupakan sopan santun agar bisa memberikan kesan yang baik kepada rekruter.

Ketika sudah menanyakan beberapa informasi seperti yang kami sebutkan pada cara follow up hasil interview, pastikan agar menyempatkan untuk mengucapkan rasa terima kasih. Sebab ucapan ini adalah salah satu hal dasar yang menunjukkan bagaimana kebiasaanmu.

Maka dari itulah entah itu selesai sesi interview ataupun setelah mengirimkan pesan melalui email atau sosial media, pastikan akhiri dengan ucapan terima kasih. Hal ini akan berperan besar dalam mempengaruhi hasil rekrutmen.

Walaupun sudah mencapai tahapan akhir berupa sesi interview atau wawancara, jangan terlalu percaya diri terlebih dahulu karena belum tentu hal ini berarti Anda yang diterima. Sebab pada suatu proses interview itu tentu akan diikuti oleh beberapa kandidat.

Karena itulah agar mengetahui kepastian dari hasilnya maka pastikan agar mengetahui bagaimana cara follow up hasil interview.

Bagikan Artikel: