kapan sebaiknya melakukan follow up interview

Kapan Sebaiknya Melakukan Follow Up Interview yang Tepat?

Setelah menyelesaikan wawancara, kapan sebaiknya melakukan follow up interview kerja? Karena hal tersebut merupakan kewajiban tidak tertulis yang harus dilakukan agar pihak rekruiter menganggap Anda sebagai seorang profesional.

Umumnya orang hanya akan menunggu jawaban mengenai hasil wawancara yang telah dilakukan. Namun pada kenyataannya, Anda bisa lebih proaktif setelah interview selesai dengan melakukan follow-up atau tindak lanjut.

Menanyakan hasil test memang bukan hal tabu dalam dunia kerja karena Anda punya hal untuk mendapatkan jawaban pasti. Hal tersebut ternyata merupakan bagian cukup penting saat mencari pekerjaan.

Menurut Indeed, Follow up merupakan suatu hal yang dapat mengindikasikan pelamar antusias untuk melamar pekerjaan pada perusahaan.

Apabila dilakukan dengan benar, maka hal tersebut bisa menjadi nilai plus untuk para pelamar. Lantas bagaimana cara dan kapan sebaiknya melakukan follow up interview? Anda harus tahu hal itu.

Pentingnya Menanyakan Hasil Interview

Tetap menjalin hubungan selama proses perekrutan menunjukkan kesan semangat untuk posisi yang dilamar. Biasanya dari sisi HRD, kandidat seperti itu juga punya nilai plus sendiri untuk perusahaan.

Sehingga bisa memperbesar peluang Anda dalam mendapatkan kesempatan masuk ke tahap selanjutnya. Ada sejumlah manfaat mengirimkan pesan atau email menanyakan hasil wawancara secara bijak dan tepat dalam dunia kerja.

Karena selain menunjukkan kesan hormat, komunikatif, serta keterampilan mendengarkan aktif bisa membuat kandidat jadi mendapat nilai lebih. Namun Anda juga harus tahu kapan sebaiknya melakukan follow up interview.

Apalagi ketika perusahaan membuka sebuah lowongan kerja, maka ada puluhan hingga ratusan orang melamar. Sehingga apabila tidak mengambil langkah tepat, bisa membuat kandidat mendapat nilai lebih baik di mata rekruiter.

Follow-up sendiri bisa menunjukkan jika pelamar terlihat antusias dan tertarik mengenai posisi yang diinginkan tersebut. Akan tetapi kandidat harus tahu bagaimana cara dan waktu tepat melakukannya agar terkesan tidak mendesak.

Baca juga: Cara Menjawab Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Waktu Menunggu Follow Up Interview

Waktu menunggu untuk tindak lanjut setelah wawancara kerja dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan dan kompleksitas proses rekrutmen.

Penting untuk diingat bahwa setiap perusahaan memiliki proses yang berbeda, dan situasi dapat bervariasi. Jika Anda merasa cemas tentang waktu menunggu, Anda dapat mengirimkan pesan tindak lanjut dengan sopan setelah periode yang wajar untuk menanyakan status proses rekrutmen. Ini menunjukkan minat Anda yang kuat dalam peran tersebut.

Pada umumnya Anda dapat melakukan follow up sekitar 10 hingga 30 hari kerja setelah wawancara dilakukan.

Baca Juga : Kenali Ciri-ciri Lolos Interview User Sebelum Pengumuman

Alasan Menunggu Follow Up Interview

1. Evaluasi Kandidat Lain

Perusahaan mungkin telah mengundang beberapa kandidat untuk wawancara dan perlu waktu untuk mengevaluasi semua kandidat sebelum mengambil keputusan.



2. Kesibukan Pemangku Kepentingan

Para pengambil keputusan di perusahaan mungkin memiliki jadwal yang padat, termasuk anggota tim wawancara, manajer, dan eksekutif. Hal ini dapat mengakibatkan penundaan dalam pengambilan keputusan.

3. Koordinasi Jadwal

 Terkadang, perusahaan perlu melibatkan banyak orang dalam proses wawancara, dan koordinasi jadwal yang cocok untuk semua pihak dapat memakan waktu.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

4. Evaluasi Ujian Kerja atau Tugas

Jika Anda diberikan tugas atau ujian kerja setelah wawancara, perusahaan mungkin memerlukan waktu tambahan untuk menilai pekerjaan yang Anda selesaikan.

5. Proses Seleksi Berlapis

Beberapa perusahaan memiliki beberapa tahap wawancara dan evaluasi sebelum mengambil keputusan akhir. Setiap tahap mungkin memerlukan waktu tambahan.

6. Konsensus Tim

Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin memiliki kebijakan untuk melibatkan banyak anggota tim dalam pengambilan keputusan akhir. Ini bisa memakan waktu karena perlu diskusi dan konsensus.



7. Persiapan Dokumen dan Penawaran

Setelah kandidat terpilih, perusahaan mungkin perlu waktu untuk menyiapkan dokumen resmi dan tawaran pekerjaan.

8. Keputusan yang Matang

Perusahaan ingin memastikan bahwa keputusan yang diambil adalah yang terbaik untuk perusahaan dan kandidat. Ini memerlukan pertimbangan yang cermat.

Baca Juga : Tahapan dalam Interview Kerja, Perhatikan Berikut Ini!

Cara Follow Up Interview Kerja

1. Tunggu Waktu yang Tepat

Berikan perusahaan waktu yang wajar sebelum Anda melakukan tindak lanjut. Ini bisa berkisar antara satu hingga dua minggu setelah wawancara terakhir.

2. Kirim Pesan Tindak Lanjut

Kirim email atau pesan tindak lanjut kepada pihak yang telah menghubungi Anda sebelumnya. Jika Anda telah berkomunikasi dengan seseorang dari tim HR atau manajer, gunakan informasi kontak yang diberikan.

3. Jaga Pesan Singkat dan Sopan

Pesan Anda harus singkat, jelas, dan sopan. Ungkapkan apresiasi Anda atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam wawancara dan tunjukkan minat Anda yang berkelanjutan terhadap peran tersebut.

4. Sertakan Rincian

Jika memungkinkan, sertakan rincian spesifik mengenai wawancara yang Anda ikuti, seperti tanggal dan waktu, serta posisi yang Anda lamar.

5. Tanyakan Status

Sampaikan minat Anda untuk mengetahui status proses rekrutmen. Anda bisa bertanya apakah keputusan sudah diambil atau seberapa jauh proses seleksinya.

6. Tunjukkan Fleksibilitas

Jika Anda memiliki fleksibilitas dalam jadwal atau persiapan tambahan yang diperlukan, sampaikan hal ini untuk menunjukkan keseriusan Anda.

7. Sampaikan Apresiasi

Berikan ungkapan terima kasih kembali atas waktu dan perhatian yang diberikan kepada Anda selama proses seleksi.

8. Gunakan Bahasa yang Sopan

Pastikan bahasa Anda tetap sopan dan profesional sepanjang pesan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!