10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Menjawab Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Cara Menjawab Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Dalam proses wawancara, tentu Anda akan dihadapkan dalam pertanyaan cara menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami. Walau terdengar sebagai pertanyaan yang susah-susah gampang, namun perlu diketahui jika pertanyaan ini sangatlah menjebak. 

Jika Anda tengah mempersiapkan interview kerja, maka perlu diingat jika Anda harus menjawab setiap pertanyaan yang dikeluarkan pihak rekruter dengan tepat. Setiap jawaban pelamar nanti akan mempengaruhi penilaian rekruter terhadap pelamar tersebut. 

Cara Menjawab Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami dengan Tepat

Untuk dapat menyusun setiap jawaban pada proses wawancara, tentunya Anda membutuhkan beberapa tips mengenai cara menjawab pertanyaan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami. Jika Anda sedang membutuhkan tips tersebut, maka berikut informasinya. 

1. Fokuskan Keunggulan Pelamar dengan Keunggulan Perusahaan

Cara menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami yang pertama adalah, saat Anda ditanyakan mengenai alasan pelamar untuk bergabung di suatu perusahaan, maka hindari untuk menjawab “Karena perusahaan sedang membuka lowongan, saya membutuhkan pekerjaan, serta alasan lain semacamnya”.

Walau memang kejujuran merupakan perihal penting pada proses wawancara kerja, namun perlu diingat jika Anda harus membuat pihak rekruter puas dan juga senang. Jika Anda menjawab seperti jawaban di atas, maka tidak heran jika rekruter akan menilai pelamar terkesan lugu dan naif. 

2. Menunjukkan Rasa Semangat Pada Posisi yang Dilamar

Saat Anda dihadapkan dengan kondisi bagaimana cara menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami, maka akan sangat tepat jika Anda menunjukkan rasa semangat atas posisi yang tengah dilamar. 

Cobalah perlihatkan bahwa Anda benar-benar tertarik untuk bergabung menjadi bagian tim dari perusahaan. Untuk bisa membangun rasa semangat tersebut, tentunya pelamar harus mengetahui mengenai perusahaan dan posisi yang akan dilamar. 

Baca Juga: Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja

3. Jelaskan Keterampilan dan Pengalaman Anda

Pada proses interview kerja, selain cara menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami sangat penting, keterampilan dan pengalaman bekerja Anda sebelumnya juga sangat berpengaruh. 

Untuk bisa membuka memperbesar peluang, maka jelaskan setiap keterampilan dan pengalaman Anda. Setelah itu, Anda juga perlu mengaitkan keterampilan dan pengalaman tersebut dengan posisi yang tengah dilamar. 

4. Jangan Terlalu Tegang

Cobalah untuk tetap menggunakan kata-kata yang sopan saat Anda tengah melakukan interview kerja. Usahakan kondisi tubuh Anda juga dalam keadaan yang tenang dan hindari terbata-bata saat menjawab pertanyaan yang dikeluarkan pihak rekruter. 

Perlu Anda ingat, rekruter secara langsung dapat menilai kepribadian pelamar apakah dirinya orang yang mudah gugup atau kurang persiapan. Untuk bisa melewati kondisi ini, maka penting bagi Anda untuk melakukan persiapan dan menenangkan diri sebelum melakukan wawancara. 

Di atas merupakan cara menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami dengan tepat. Selain memahami informasi di atas, tentunya Anda juga perlu mengetahui beberapa kesalahan yang sering terjadi saat Anda dihadapkan dengan pertanyaan tersebut. 

Salah satu kesalahan di mana sering dialami pelamar adalah memberikan jawaban terlalu umum. Meski memuji perusahaan yang dilamar adalah pilihan tepat, namun jika bahasa yang dibuat terlalu umum maka akan membuat pujian tersebut tidak berkesan. 

Kemudian, kesalahan kedua adalah tidak melakukan riset. Secara langsung, pihak rekruter sebenarnya dapat melihat apakah pelamar telah mencari tahu informasi mengenai perusahaan yang dilamar. 

Jika Anda tidak melakukan riset terlebih dahulu, maka Anda tidak akan mengetahui bagaimana keunggulan dari perusahaan tersebut. Terakhir, kesalahan yang sering dilakukan pelamar adalah menunjukkan kesan tidak antusias. 

Apabila setelah mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan pelamar saat melakukan interview kerja Anda masih bingung, maka cara terakhir adalah dengan mempersiapkan jawaban yang akan ditanyakan pihak rekruter. Dalam hal ini, Anda bisa coba beberapa jawaban berikut.

  1. Menghubungkan Visi Misi Perusahaan dengan Pengalaman dan Keterampilan
  2. Membaca Peluang Sekaligus Tantangan Perusahaan

“Dengan adanya rencana perusahaan membuka cabang baru di beberapa kota, maka saya yakini dengan pengalaman saya sebagai sales dapat memberikan kontribusi terhadap perusahaan bapak/ibu”.Beberapa jawaban di atas merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang masih kesulitan saat melakukan interview kerja. Diharapkan dengan mengetahui cara menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami ini dapat membantu Anda untuk diterima.

Bagikan Artikel: