contoh jawaban "apa tujuan karir anda"

Apa Tujuan Karir Anda? Ini 7 Jawaban Yang Bisa Anda Berikan Saat Interview

Anda tentu penasaran dengan jawaban apa tujuan karir Anda? Saat melakukan interview, pertanyaan yang sering ditanyakan rekruter adalah “Apa tujuan karir Anda?”.

Pada dasarnya saat orang melamar pekerjaan tujuannya adalah untuk mencari penghasilan, namun rekruter ingin mengetahui motivasi dibalik seseorang untuk berkarir.

Menurut KBBI karir adalah perkembangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan, dan sebagainya. Sedangkan tujuan karir adalah rencana yang akan dilakukan oleh seseorang untuk kemajuan dan perkembangan pekerjaannya.

Rekruter menanyakan “Apa tujuan karir Anda?” untuk mengetahui ambisi dan visi para kandidat. Rekruter juga dapat mengetahui berapa lama kandidat akan bekerja di perusahaan mereka. Untuk membantu agar tidak bingung saat menjawab pertanyaan tersebut, berikut tips dan contoh jawaban “Apa tujuan karir Anda?”

Contoh Jawaban “Apa Tujuan Karir Anda” Saat Interview Kerja?

Contoh Jawaban “Apa Tujuan Karir Anda” Saat Interview Kerja? Sumber: Unsplash.com

1. Keinginan untuk belajar

    Jelaskan bahwa Anda adalah orang yang suka belajar hal baru untuk karir Anda. Rekruter akan sangat mempertimbangkan orang yang senang belajar hal baru untuk memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Anda bisa menjawab dengan :

    “Saya suka mempelajari hal baru, agar saya dapat terus mengembangkan pengetahuan sehingga mampu mencapai tujuan karir yang saya jalani, untuk bisa memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan” 

    2. Keinginan mengembangkan diri

      Orang yang mau berkembang akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Oleh karena itu orang yang mau berkembang berarti siap untuk bekerja dengan kompeten dan mau belajar lebih baik untuk karirnya. Anda bisa menjawab dengan :

      “Saya ingin mengembangkan karir saya dengan melamar sebagai chief accounting, sebelumnya saya telah bekerja selama 4 tahun di perusahaan……saya ingin mengembangkan karir dengan berdedikasi pada perusahaan sehingga mampu berkembang bersama dengan berkembangnya perusahaan”

      3. Tujuan jangka pendek

        Agar jawaban yang diberikan terkesan logis atau masuk akal, beri tahu tujuan jangka pendek sebelum menunjukkan jangka panjang Anda. Tujuan jangka pendek akan dinilai lebih realistis sehingga rekruter mampu melihat kesungguhan Anda dalam melamar pada perusahaan. Anda bisa menjawab dengan :

        “Tujuan saya adalah bisa diterima dan bergabung dengan perusahaan, saya akan berdedikasi dan bertanggung jawab memberikan yang terbaik untuk kemajuan karir saya dan perusahaan yang saya tempati bekerja”



        4. Tujuan jangka panjang

          Dengan menunjukkan tujuan jangka panjang, rekruter akan menilai bahwa Anda adalah seorang yang visioner, percaya diri serta memiliki tujuan. Pastikan posisi yang Anda inginkan berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Anda bisa menjawab dengan :

          “Setelah diterima bekerja dan belajar di perusahaan sebagai marketing, pada lima tahun kedepan saya akan menduduki posisi sebagai marketing manager”

          Baca juga: Pertanyaan Interview Tentang Hobi

          5. Jelaskan langkah untuk mencapai tujuan karir

            Saat ditanya apa tujuan karir, menjelaskan langkah untuk mencapai tujuan karir Anda merupakan jawaban yang efisien untuk menarik perhatian rekruter. Rekruter akan melihat Anda sebagai seorang yang kompeten dengan perencanaan yang Anda buat. Anda bisa menjawab dengan :

            “Saya memiliki tujuan karir sebagai marketing manager, untuk mencapai tujuan karir saya, saya akan beradaptasi juga membangun relasi dengan karyawan dan lingkungan perusahaan, serta berusaha untuk lebih produktif dalam bekerja”

            6. Target pencapaian karir

              Dengan memiliki target pencapaian karir Anda menunjukan pada rekruter bahwa Anda memiliki visi dalam bekerja. Lakukan riset berapa lama posisi yang diinginkan dapat diraih. Anda bisa menjawab dengan :

              “Dengan dedikasi yang akan saya berikan, saya percaya bahwa saya mampu menduduki posisi sebagai…….Dalam waktu 4 tahun”

              7. Tunjukan komitmen dan kontribusi 

                Dengan menunjukan komitmen dan kontribusi pada perusahaan, rekruter akan mempertimbangkan untuk menerima Anda untuk bekerja di perusahaan. Jangan memberikan janji yang terlalu muluk, usahakan untuk tetap realistis. Anda bisa menjawab dengan :

                “Saya memiliki tujuan karir sebagai….., untuk mencapai tujuan karir tersebut akan saya berikan komitmen dan kontribusi terbaik saya, saya juga akan bekerja dengan produktif dan akan menciptakan lingkungan kerja yang positif sehingga mampu memberikan keuntungan untuk perusahaan”

                8. Mencari pengalaman

                  Anda bisa menjawab dengan mencari pengalaman, sesuaikan jawaban dengan kemampuan yang Anda miliki agar jawaban yang Anda berikan lebih realistis. Anda bisa menjawab dengan :

                  “Saya ingin mendapatkan pengalaman sebagai…. dengan bergabung di perusahaan ini. Saya memiliki kemampuan dibidang…..dan saya merasa kemampuan saya cocok dengan posisi yang saya inginkan”



                  9. Meningkatkan kualitas diri

                    Rekruter akan tertarik dengan orang yang ingin meningkatkan kualitas dirinya. Dengan meningkatkan kualitas diri menunjukkan bahwa orang tersebut bertanggung jawab terhadap dirinya dan posisi yang dimiliki.

                    “Pada tahun lalu, saya berhasil mencapai tujuan karir saya sebagai….., saat ini saya ingin membuat dan berada di tim yang lebih besar dan lebih baik untuk meningkatkan kualitas diri saya”

                    10. Tunjukan pengalaman

                      Untuk menunjukkan kesungguhan Anda dalam bekerja, tunjukan pengalaman dan keahlian Anda untuk meyakinkan rekruter bahwa Anda memahami tujuan karir yang Anda jalani. Anda bisa menjawab dengan :

                      “Saya memiliki beberapa sertifikat di bidang….. Dan saya telah bekerja selama dua tahun pada posisi tersebut, saya yakin dapat meraih tujuan karir saya, dengan keahlian dan pengalaman tersebut”

                      Baca juga: 20 Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Beserta Contohnya!

                      Tips Menjawab pertanyaan interview “Apa Tujuan Karirmu?”

                      1. Cari tahu tentang perusahaan

                      Sebelum melamar pekerjaan pada suatu perusahaan, lakukan riset terlebih dahulu. Ketahui posisi yang akan dilamar dan juga cari tahu tentang informasi perusahaan. Agar jawaban yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan dan juga relevan dengan perusahaan.

                      2. Pastikan tujuan karir

                      Setelah melakukan riset, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memastikan tujuan karir. Agar saat menjawab pertanyaan Anda mampu memberikan jawaban yang sesuai dan tidak terkesan mengarang.

                      3. Jelaskan langkah mencapai tujuan karir

                      Untuk meyakinkan rekruter tentang tujuan karir yang Anda pilih, jelaskan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk mewujudkan tujuan karir Anda. Hal ini akan menambah nilai baik dimata rekruter karena perencanaan yang dibuat.

                      4. Jangan bertele-tele

                      Dalam menyampaikan jawaban saat interview, sebaiknya jangan bertele-tele. Jawab dengan singkat namun jelas. Usahakan untuk menjawab langsung pada intinya.

                      5. Logis

                      Saat menjawab pertanyaan, usahakan untuk menjawab dengan logis atau masuk akal. Jangan banyak menjawab dengan omong kosong untuk terdengar hebat. Pikirkan matang-matang jawaban yang akan diberikan.

                      Baca juga: Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris untuk Interview

                      Dengan memberikan jawaban yang tegas dan meyakinkan, Anda bisa menunjukkan apa motivasi serta komitmen yang bisa Anda berikan untuk perusahaan. Dengan begitu, diharapkan rekruter bisa lebih yakin serta kemungkinan untuk lolos ke tahapan selanjutnya lebih tinggi.


                      Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

                      Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

                      Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.