10 Ciri-ciri Lolos Interview User

Jika Anda baru saja atau akan menjalani proses wawancara dengan atasan maka kenalilah ciri-ciri lolos interview user. Diundang untuk proses wawancara kerja, tentu menjadi impian para job seeker.

Biasanya sebagai calon pengisi lowongan, kandidat akan dimintai menjawab pertanyaan seputar hal-hal teknis pada bidang posisi yang dilamar. Tentunya kandidat akan mempersiapkan berbagai bekal seperti info terkait perusahaan, beretika baik, hingga persiapan lainnya.

Menurut Interaction Design Foundation, interview user merupakan suatu tahap interview dimana kandidat dihadapkan pada persoalan yang dihadapi oleh user yang terkait dengan produk dan layanan perusahaan.

Setelah tahap interview user selesai, kandidat tentu ingin segera mengetahui apakah dirinya diterima atau tidak. Hal ini dapat diketahui dengan prediksi melalui ciri-ciri yang terjadi selama proses wawancara berlangsung. Oleh karenanya simak ciri-ciri lolos interview user pada artikel berikut.

Ciri-ciri Lolos Interview User

1. Lihat Intonasi Percakapan

Saat wawancara berlangsung, perhatikan gesture serta intonasi yang digunakan oleh interviewer. Bila percakapan berlangsung dengan cukup terbuka dan antusias, bisa jadi ini pertanda Anda diterima untuk mengisi posisi tersebut.

Terlebih bila pewawancara mulai menggunakan Bahasa santai atau informal dalam mengulik latar belakang dan berbagai pengalaman kandidat lebih dalam. Keterbukaan dan antusias menjadi salah satu ciri pelamar diterima karena user penasaran sehingga ingin tahu lebih lanjut.

2. Durasi Wawancara Lama

Ciri-ciri lolos interview user berikutnya yaitu durasi proses wawancara yang berlangsung lama. Hal ini menandakan bahwa interviewer mulai menaruh ketertarikan dan antusias terhadap Anda sehingga ingin menggali lebih dalam.

3. Bahasa Tubuh 

Perhatian bahasa tubuh rekruter yang mewawancarai. Bila Bahasa tubuh yang digunakan ramah dan cukup terbuka bisa jadi ini merupakan salah satu tanda kelulusan untuk diterima.

Oleh karenanya sebagai kandidat, maka Anda perlu merespon dengan Bahasa yang positif juga. Usahakan menatap mata dengan wajah yang segar, tunjukan Anda antusias terhadap proses wawancara ini.



4. Memuji Kandidat

Bila rekruter memuji kandidat maka artinya ia telah mengapresiasi dan memberi nilai positif terhadap pelamar. Sehingga hal ini dapat menjadi pertanda kandidat akan lolos ke tahap selanjutnya.

Namun perlu diingat, sebaiknya dalam hal ini kandidat membalas pujian dengan ucapan terimakasih sebagai tanda kesopanan. Hindari kesan sombong dengan terlalu membanggakan diri.

5. Menanyai Kesiapan kerja

Jika rekruter cocok dang tertarik dengan kandidat, maka undangan untuk segera masuk kerja akan dilontarkan. Sehingga pertanyaan kapan mulai dapat bekerja menjadi salah satu tandanya.

6. Dikenalkan dengan Tim

Ciri-ciri lolos interview user berikutnya yaitu dikenalkan dengan tim sedivisi. Rekruter akan mengenalkan kandidat pada tim untuk melakukan koordinasi. Tentu saja ini menjadi tanda semakin besar potensi diterima.

7. Penjelasan seputar kerja lebih detail

Rekruter tidak akan sembarangan menjelaskan sistem kerja terhadap semua orang. Hal ini terkait dengan sistem kerja sendiri yang merupakan bagian dari privasi perusahaan. Sehingga kemungkinan kandidat merupakan calon yang akan lolos bila mendapatkannya.

8. Menjelaskan benefit

Dinyatakan lolos pada perusahaan ternama sebagai pegawainya tentu menjadi impian setiap kandidat. Salah satu tanda lainnya yaitu akan diberi penjelasan terkait benefit dan berbagai fasilitas akan diterangkan agar kandidat semakin tertarik terhadap perusahaan. 



9. Diskusi Gaji

Bila interviewer mulai membahas gaji yang kandidat inginkan maka bisa jadi ini merupakan pertanda akan lolos. Untuk menjawab hal ini tentu perlunya riset gaji dan informasi upah minimum pada posisi yang dilamar agar tidak memberikan jawaban di luar keumuman.

Mengalami berbagai tanda di atas, tidak selalu menjamin hasil pengumuman kandidat dinyatakan lolos. Namun tidak ada salahnya Anda mempelajarinya. Mengenali ciri-ciri lolos interview user dapat membuat Anda lebih lega sembari menunggu hasil pengumuman selanjutnya.

10. Rencana Langkah Selanjutnya

Rencana Langkah Selanjutnya adalah bagian penting dari proses wawancara, karena tidak hanya membantu dalam memahami pandangan dan masalah user, tetapi juga mengarah pada solusi yang lebih baik dan pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan mereka.

Penting untuk mencatat dan menganalisis rencana langkah selanjutnya . Hal ini akan membantu tim pengembangan atau tim terkait lainnya untuk memiliki panduan yang jelas tentang langkah apa yang perlu diambil berdasarkan wawancara tersebut. Sehingga apabila saat interview user membahas terkait rencana selanjutnya maka Anda dihadapkan pada pembahasan jangka panjang dengan perusahaan dan kemungkinan lolos akan semakin besar.

Baca juga: Perbedaan Walk In Interview dengan Interview Biasa


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!