10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Perbedaan walk in interview dengan interview biasa

Perbedaan Walk In Interview dengan Interview Biasa

Perbedaan walk in interview dengan interview biasa sekarang banyak ditanyakan. Ini wajar mengingat istilah walk in interview sendiri sekarang semakin populer. Biasanya ini dilakukan oleh perusahaan pada kegiatan seperti job fair.

Tempatnya sendiri bisa bermacam-macam mulai dari mall, hotel, hingga di perusahaan itu sendiri. Jika dilihat secara keseluruhan, walk in interview tidak jauh berbeda dengan interview itu sendiri. Hanya saja, banyak orang tidak terlalu memahaminya.

Itu karena, kebanyakan proses interview memang dilakukan secara biasa. Interview biasa semacam ini tidak hanya dilakukan ketika akan bekerja. Kamu pasti sering juga mencobanya ketika berada di kampus atau sekolah.

Baca juga: Tips Sukses Walk In Interview yang Bisa Dicoba

Perbedaan Walk In Interview dengan Interview Biasa

Jika Anda masih bingung mengenai perbedaan walk in interview dan juga interview biasa, ini adalah tempat yang tepat. Pada pembahasan kali ini, akan dirincikan mengenai beberapa poin yang membedakan keduanya. Oleh karena itu, berikut langsung saja pembahasannya.

1. Waktu

Perbedaan pertama dari kedua metode ini berhubungan dengan waktu. Normalnya proses menuju interview biasa membutuhkan waktu lama. Itu karena, Anda perlu melewati banyak tahap di mana setiap tahap tersebut perlu diselesaikan dengan baik.

Ini jelas berbeda dengan walk in interview. Pada walk in interview, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana jauh lebih singkat. Bahkan kebanyakan prosesnya membuat pelamar bisa langsung melakukan interview di hari pertama.

2. Akses

Perbedaan walk in interview dengan interview biasa berikutnya terletak pada akses. Normalnya akses seseorang untuk melakukan interview biasa sangat dibatasi. Itu karena hanya orang-orang terpilih yang bisa bertemu langsung dengan interviewer.

Interviewernya sendiri ada bermacam-macam mulai dari HRD hingga user. Kondisi ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan walk in interview. Akses untuk sampai ke sana jauh lebih mudah.

Itu karena, interviewer biasanya sangat terbuka pada setiap pelamar yang memenuhi kualifikasi. Normalnya hampir setiap pelamar yang memenuhi kualifikasi akan sampai ke tahap interview. Kondisi ini jelas tidak akan terjadi pada proses interview biasa.

3. Wawancara

Perbedaan walk in interview dengan interview biasa berikutnya terletak pada proses wawancara. Ketika wawancara berlangsung, seorang interviewer biasanya akan mengorek informasi dari pelamar secara mendalam.

Agar informasi yang didapat bisa lengkap, pertanyaan yang diajukan pasti banyak. Kondisi semacam ini sangat umum dalam interview biasa. Namun hal berbeda akan terasa jika Anda sedang mencoba walk in interview.

Pada walk in interview pertanyaan yang diberikan jauh lebih sedikit dang singkat. Itu karena, wawancara pada walk in interview sendiri waktunya lebih cepat. Ini dilakukan karena jumlah pelamar yang harus di wawancara sangat banyak.

4. Banyak Lowongan

Perbedaan walk in interview dengan interview biasa terakhir terletak pada banyak lowongan. Perbedaan ini sebenarnya belum pasti. Itu karena, keputusan untuk melakukan walk in interview atau interview biasa adalah keputusan perusahaan.

Hanya saja, walk in interview biasanya membuktikan kalau jumlah lowongan yang tersedia sangat banyak. Ini membuat perusahaan perlu melakukan pengetesan calon karyawan sebanyak mungkin.

Kondisi berbeda akan terlihat pada interview biasa. Itu karena, jumlah lowongan yang tersedia lebih sedikit. Dengan jumlah sedikit tersebut, perusahaan akan lebih mengedepankan calon karyawan yang sangat memenuhi kualifikasi.

Walk In Interview Butuh Persiapan Layaknya Interview Biasa

Perbedaan walk in interview dengan interview biasa sangat jelas. Di sini dapat disimpulkan kalau walk in interview jauh lebih singkat dari interview biasa. Perlu diketahui, waktu singkat ini tidak boleh membuat Anda asal dalam persiapan.

Itu karena, banyak orang yang datang ke walk in interview dengan persiapan kurang. Ini jelas berbeda dengan datang ke interview biasa di mana persiapan pasti dilakukan secara maksimal. 

Sebagai bentuk persiapan ketika hendak walk in interview, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Pertama lakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan yang ingin dilamar. Jangan lupa juga untuk riset pada posisi yang dilamar.

Selanjutnya datanglah ke lokasi lebih awal dan jangan lupa untuk memakai pakaian rapi. Siapkan semua berkas yang dibutuhkan. Perlu diingat, ada banyak orang yang akan menjadi saingan Anda sehingga detail kecil akan menentukan hasil akhirnya.Pastikan untuk serius ketika hendak interview. Intinya, Perbedaan walk in interview dengan interview biasa  di atas tidak boleh membuat usaha yang dilakukan menurun.

Bagikan Artikel: