10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips Sukses Walk In Interview yang Bisa Dicoba

Tips sukses walk in interview sekarang banyak dicari. Kondisi ini berbeda dengan beberapa tahun ke belakang di mana prosesnya sendiri belum begitu diketahui. Semakin kemari, istilah walk in interview sendiri sudah semakin populer.

Perlu diketahui, ada perbedaan jelas antara walk in interview dengan interview biasa. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada waktu. Itu karena, walk in interview biasanya membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan interview biasa.

Selain itu perbedaan juga terlihat pada jumlah lowongan yang tersedia. Dalam walk in interview, biasanya perusahaan membutuhkan karyawan dalam jumlah banyak. Itu karena, walk in interview biasanya sukses mendatangkan pelamar dalam jumlah sangat banyak.

Tips Sukses Walk In Interview 

Jika Anda masih bingung mengenai tips sukses untuk walk in interview, Anda sudah berada di tempat yang sangat tepat. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai beberapa tips yang layak diperhatikan. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Riset

Tips sukses pertama yang penting untuk diperhatikan adalah riset. Pastikan Anda sudah melakukan riset secara mendalam mengenai perusahaan yang ingin dilamar. Jika bisa, lakukan riset sedetail mungkin mengenai perusahaan tersebut.

Memang biasanya proses walk in interview akan membuat Anda kesulitan untuk melakukan riset secara rinci. Tetapi pastikan Anda sudah menemukan hal apa pada diri Anda yang bisa berguna untuk perusahaan. Hal paling penting dalam riset ini sendiri adalah visi dan misi.

Pastikan visi dan misi perusahaan tersebut sudah Anda pahami dengan sebaik mungkin. Riset sendiri perlu dilakukan pada posisi yang diinginkan. Pastikan Anda benar-benar paham mengenai posisi yang dilamar tersebut. 

  1. Berkas

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dalam tips sukses walk in interview adalah berkas. Walaupun prinsip walk in interview lebih cepat dari interview biasa, ada beberapa berkas yang tetap penting untuk diperhatikan.

Itu karena, Anda tidak akan bisa melanjutkan proses interview apabila berkasnya belum terpenuhi. Pada persiapan berkas ini, poin penting yang tidak boleh terlupakan adalah resume. Biasanya beberapa orang sering membawa resume lama yang belum diupdate.

Ini adalah kesalahan besar mengingat resume tersebut perlu diupdate secara berkala. Terlebih lagi untuk foto yang digunakan. Pastikan foto tersebut adalah yang terbaru sehingga sesuai dengan penampilan Anda saat walk in interview. 

  1. Waktu

Tips sukses walk in interview berikutnya berhubungan dengan waktu. Normalnya, walk in interview tidak dilaksanakan dalam waktu lama. Waktunya hanya beberapa jam dengan banyak kandidat yang akan bersaing.

Jika Anda datang terlambat, sangat mungkin posisi yang diinginkan sudah dipenuhi banyak pelamar. Bahkan ada kondisi di mana lamaran tersebut sudah ditutup. Oleh karena itu, datang sebelum waktu yang ditentukan adalah keputusan tepat.

Walaupun memang, biasanya stand tempat lamaran dibuka akan tetap penuh jika Anda hanya datang beberapa menit sebelum walk in interview dimulai.

  1. Pakaian

Tips sukses walk in interview berikutnya berhubungan dengan pakaian. Intinya Anda perlu memastikan kalau pakaian yang digunakan sopan dan formal. Itu karena, kedua hal tersebut adalah standar yang wajib dipenuhi saat melamar kerja.

Poin pertama dalam pakaian ini terletak pada kemeja. Pastikan Anda menggunakan kemeja polos yang tidak memiliki motif. Kalaupun ingin menggunakan yang bermotif, pastikan motifnya sederhana. Untuk celana sendiri, hindari bahan denim.

Gunakanlah bahan yang lebih formal dan pilihlah warna yang sesuai dengan kemeja. Normalnya, warna hitam sendiri adalah pilihan terbaik. Untuk bagian sepatu sendiri, pilihlah yang berbahan kulit dan menutupi semua bagian kaki.

  1. Pertanyaan

Tips sukses walk in interview terakhir berhubungan dengan pertanyaan. Pastikan setiap pertanyaan dijawab dengan baik. 

Intinya persiapkan dulu jawaban dari pertanyaan yang sering muncul. Contohnya seperti menceritakan tentang diri sendiri dan pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan.

Jangan lupa juga untuk memperlihatkan antusiasme saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jangan munculkan kesan malas atau raut wajah seperti hanya akan menjadikan perusahaan tersebut sebagai batu loncatan.

Perlihatkan loyalitas dan buat pihak perusahaan percaya kalau Anda akan serius berkarir di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk menjawab setiap pertanyaan secara singkat dan jelas.

Keseriusan sangat vital saat akan melakukan walk in interview. Jika tidak serius, sulit untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Nantinya tips sukses walk in interview di atas tidak akan memberikan hasil maksimal.

Bagikan Artikel: