10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tips cv ats untuk fresh graduate

4 Tips CV ATS Untuk Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

Sebagai seorang fresh graduate, tentu kamu merasa bangga lulus dari bangku  kuliah. Setelah berjuang kurang lebih 4 tahun, kamu akhirnya lulus dan mendapatkan gelar sesuai jurusan yang kamu pilih. Namun, ada tantangan menanti, yakni mencari pekerjaan. 

Mencari pekerjaan merupakan kegiatan berikutnya yang wajib dilakukan oleh para fresh graduate. Masa-masa mencari kerja bisa menjadi momok menakutkan karena tidak mudah untuk dilakukan. 

Apalagi setelah Covid-19 melanda, kegiatan mencari kerja menjadi semakin sulit karena persaingan menjadi lebih ketat. Nah, bagi kamu para fresh graduate yang baru lulus tidak usah khawatir! Dengan mengikuti 4 tips CV ATS untuk fresh graduate bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan impian, lho

Mengapa CV ATS Penting Untuk Fresh Graduate?

Ini merupakan pertanyaan yang banyak ditanyakan khususnya oleh para fresh graduate. Istilah ATS dewasa ini semakin sering didengar. ATS atau applicant tracking system  merupakan sebuah sistem yang membantu HRD dan perusahaan dalam melakukan pencarian kandidat terbaik untuk sebuah posisi.

Sistem tersebut akan melakukan screening terhadap aplikasi kandidat dengan mengacu pada kata kunci (keyword) tertentu. Jika di dalam aplikasi kandidat terdapat kesamaan keyword, maka kandidat tersebut akan terpilih menuju tahapan berikutnya. 

Yang menjadi masalah adalah bahwa tidak banyak fresh graduate yang tahu mengenai apa itu ATS dan bagaimana sistem tersebut bekerja. Padahal, mengetahui hal tersebut sangat penting. 

Nah, pada artikel ini, akan dibahas mengenai beberapa tips CV ATS untuk fresh graduate agar kamu dapat mendapatkan pekerjaan dengan mudah. 

Baca juga: Sudah Tahu 5 Situs Bikin CV ATS Gratis Berikut Ini Belum?

Cara Membuat CV ATS untuk Fresh Graduate dengan Mudah

Pada dasarnya, membuat CV yang ramah ATS tidaklah terlalu sulit. Bagi kamu para pencari kerja di masa sulit seperti sekarang ini, beberapa tips CV ATS untuk fresh graduate ini mungkin bisa berguna untuk diikuti.

1. Tentukan Bidang Expertise Yang Kamu Kuasai

Langkah awal tips CV ATS untuk fresh graduate adalah dengan menentukan bidang expertise apa yang paling kamu kuasai atau ingin kamu tuju. Langkah awal ini bisa merupakan bentuk bagaimana kamu mengenal diri kamu sendiri. 

Dengan mengenal diri sendiri lebih dalam, kamu akan tahu jenis pekerjaan apa yang kamu kuasai atau ingin kamu tuju. Mengetahui jenis expertise yang kamu kuasai juga membantu kamu dalam proses belajar ke depannya. 

Jika kamu masih bingung mengenai jenis expertise apa, kamu mulai bisa mencoba untuk melakukan eksplorasi diri sendiri, khususnya mengenai bakat dan minat. Hal tersebut akan membantu kamu dalam menemukan jenis expertise yang kamu minati. 

2. Pelajari Lebih Dalam Expertise Yang Kamu Pilih

Setelah memilih atau mengetahui jenis expertise yang kamu tuju, langkah berikutnya dalam tips CV ATS untuk fresh graduate adalah dengan mempelajarinya secara mendalam. 

Dewasa ini, semakin sering kita temui seseorang yang bekerja tidak sejalan dengan jurusan yang dia pilih saat kuliah. Nah, jika hal ini terjadi pada kamu, mulailah untuk mempelajari hal yang kamu minati. 

Dengan adanya internet, kamu dimudahkan dalam mempelajari berbagai hal di dunia ini dengan gratis. Mempelajari hal yang kamu minati merupakan langkah bagus dalam penulisan tips CV ATS untuk fresh graduate. 

3. Mulai Menulis CV yang ATS-Friendly

Langkah berikutnya dalam tips CV ATS untuk fresh graduate adalah dengan mulai menulis CV yang berbasis ramah ATS. 

Perlu kamu ketahui bahwa CV yang ramah ATS merupakan CV yang sederhana dan simple. CV yang ramah ATS bukanlah CV yang terlihat eye-catching ataupun penuh warna. Kecuali kamu memang seorang graphic designer ataupun seniman, penulisan CV yang ATS-friendly cukup sederhana saja. 

Baca juga: Sudah Tahu Cara Kerja CV ATS Belum? SImak Artikel Berikut!

Mulailah dengan menulis background, pendidikan, pengalaman organisasi/kerja hingga penghargaan dan kontak. Tidak lupa yang kalah penting adalah skill yang relevan dengan expertise yang kamu pilih. Di sini lah letak utama dari penulisan CV ATS. Kamu harus memilih dan memilah kata kunci yang sesuai dengan bidang yang kamu pilih. 

Pemilihan kata kunci harus disesuaikan juga dengan kemampuan kamu. Jangan asal menulis dan meletakan skill di dalam CV karena kamu akan ditanya mengenai skill dan pengetahuan akan kemampuan tersebut pada saat proses interview. Jadi, sebisa mungkin pilihlah skill yang memang kamu kuasai secara general.

4. Cek CV yang Sudah Ditulis

Tips CV ATS untuk fresh graduate yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan secara teliti dan berkala. Jangan sampai terdapat typo atau salah tulis. Jika ditulis dalam bahasa Inggris, jangan sampai terdapat kesalahan grammar. Hal kecil tersebut banyak yang lupa sehingga kemungkinan besar CV yang sudah dibuat menjadi gagal masuk screening sistem ATS

Demikianlah tips CV ATS untuk fresh graduate. Pada dasarnya, sebagian besar perusahaan dewasa ini sudah menggunakan sistem ATS sehingga sangat penting untuk mengetahui bagaimana tips CV ATS untuk fresh graduate dan bagaimana sistem ATS itu bekerja. Selamat mencoba!

Bagikan Artikel: