cara kerja cv ats

Sudah Tahu Cara Kerja CV ATS Belum? SImak Artikel Berikut!

Dewasa ini, istilah ATS semakin populer, khususnya untuk para pencari kerja. Istilah tersebut semakin familiar dan memainkan peran penting dalam keberhasilan seorang kandidat dalam mencari kerja. Mengapa hal tersebut demikian? 

Banyak para kandidat karyawan yang mencari pekerjaan gagal dalam mendapatkan pekerjaannya. Mereka terjegal karena CV yang mereka buat tidak sesuai standar CV ATS. Agar dapat menembus “dinding seleksi” CV ATS, kamu perlu mengetahui bagaimana cara kerja CV ATS dengan baik. 

Bagaimana Cara Kerja CV ATS? 

Mengetahui bagaimana cara kerja CV ATS merupakan langkah penting dewasa ini dalam mencari pekerjaan. Pasalnya, sebagian besar perusahaan saat ini sudah menerapkan sistem ATS. 

CV ATS merupakan akronim dari Curriculum Vitae Applicant Tracking System. Secara sederhana, sistem ATS membantu dan memudahkan HR dan perusahaan dalam mencari kandidat terbaik dan melakukan penyaringan dari seluruh kandidat yang melamar. 

Berbeda dengan sistem tradisional di mana setiap aplikasi lamaran yang masuk, pihak HR dan perusahaan harus menyeleksi secara manual, sistem ATS akan melakukan screening terhadap data dan aplikasi kandidat. 

Cara kerja sistem ATS adalah dengan menetapkan kata kunci (keyword) tertentu yang paling relevan dengan lamaran atau pekerjaan yang sedang dibuka. 

Setelah data dan aplikasi dari kandidat masuk ke dalam database perusahaan, sistem ATS akan melakukan screening terhadap kata kunci (keyword) yang sebelumnya sudah ditetapkan dan relevan dengan pekerjaan yang dibuka. 

Di sinilah canggihnya cara kerja CV ATS. Sistem tersebut akan melakukan seleksi berdasarkan kata kunci yang tercantum di dalam data atau aplikasi para kandidat. Jika terdapat kata kunci di dalam data atau aplikasi kandidat, maka aplikasi tersebut akan dipilih untuk mengikuti proses berikutnya. 

Namun, jika kata kunci yang sudah ditetapkan tidak terdapat di dalam aplikasi kandidat, maka kandidat tersebut akan gugur dalam proses seleksi tersebut. 

Baca juga: 5 Ciri CV ATS Friendly Yang Penting Untuk Diketahui!

Tips Membuat CV Agar Sesuai dengan Cara Kerja CV ATS

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara kerja CV ATS, kamu sekarang bisa mulai membuat CV atau resume yang sesuai dengan bagaimana cara sistem ATS bekerja. 

Terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mulai membuat CV berbasis sistem ATS. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu ikuti guna membuat surat lamaran berdasarkan cara kerja CV ATS. 

1. Tetapkan Jenis Pekerjaan yang Hendak Kamu Lamar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menetapkan pekerjaan yang hendak kamu lamar. Mengapa hal ini penting? 

Ketika kamu sudah tahu jenis pekerjaan apa yang akan kamu lamar, ini akan memudahkan kamu dengan pemilihan keyword di dalam lamaran kamu. Misalnya kamu memilih untuk bekerja di bidang digital marketing, pada bagian skills, kamu harus memilih dan menulis kemampuan yang relevan dan kamu kuasai. 

2. Simple dan Sederhana

Banyak orang menyangka bahwa menulis dan membuat CV yang ramah ATS harus eye-catching. Kecuali kamu merupakan seorang graphic designer, membuat CV yang unik dan eye-catching memang penting. 

Pada dasarnya, membuat CV yang simple dan sederhana sudah lebih dari cukup. Bahkan sangat disarankan menulis CV yang hanya berupa tulisan saja dengan latar putih tanpa foto diri. 

Baca juga: Kapan CV ATS harus digunakan? Berikut Jawaban Tepatnya!

CV dengan model model sederhana dan simple merupakan format CV yang sesuai dengan cara kerja CV ATS karena memudahkan sistem ATS untuk membaca CV kamu. 

Dengan kamu mengetahui bagaimana cara kerja CV ATS, kau dapat memperbesar peluang kamu untuk dapat diterima di sebuah perusahaan. Karena pada kenyataannya, sebanyak 75% kandidat gagal akibat tidak membuat CV yang tidak sesuai dengan sistem ATS. 

Bagikan Artikel: