10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Ciri CV ATS

5 Ciri CV ATS Friendly Yang Penting Untuk Diketahui!

CV ATS sendiri merupakan CV yang bisa dibaca dengan baik oleh sistem ATS. Namun untuk membuat CV yang ATS friendly, diperlukan beberapa hal yang mesti kamu ketahui sebagai ciri CV ATS.

Karena CV ATS sendiri berbeda dengan CV kreatif atau CV pada umumnya. Diperlukan beberapa aspek pendukung yang membuat CV kamu dapat terbaca dengan baik oleh sistem. Berikut ciri-ciri CV ATS yang dapat kamu ketahui!

5 Ciri CV ATS Yang Penting Untuk Diketahui!

1. Kebanyakan CV ATS Dibuat Dalam Bahasa Inggris

CV adalah rangkuman informasi diri yang digunakan untuk merangkum keterampilan dan pengalaman kerja seseorang. Untuk itu, dalam membuat CV, kamu dituntut untuk memberikan penjelasan selengkap mungkin terkait kemampuan dan pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang membuat CV ATS. Ciri CV ATS yang bisa digunakan banyak orang adalah dengan menggunakan bahasa inggris. Hal ini dilakukan agar sistem ATS dapat dengan mudah membaca secara lengkap informasi terkait pengalaman dan skill kamu.

Menurut Kompas, CV ATS yang menggunakan bahasa inggris memiliki nilai plus dalam proses screening yang dilakukan oleh recruiter. Namun bukan berarti CV ATS yang menggunakan bahasa Indonesia tidak memiliki kesempatan lolos screening. Semua hal tersebut tergantung dari penyajian CV yang dibuat oleh calon kandidat.

Baca juga: 5 Kelebihan CV ATS dibanding Jenis CV Lainnya!

 2. Tidak Lebih Dari Dua Lembar Juga Menjadi Ciri CV ATS

Kebanyakan CV ATS memiliki ciri tidak lebih dari dua lembar. Hal ini dikarenakan format CV ATS yang berbeda dengan CV kreatif. Dimana dalam CV ATS sendiri, terdapat banyak space yang dapat kamu gunakan untuk menjabarkan seluruh informasi diri, Sehingga 1 lembar halaman CV dirasa cukup untuk menjabarkan seluruh informasi tersebut.

Namun tidak ada salahnya juga untuk kamu membuat CV ATS dalam 2 Lembar. Banyaknya halaman CV bukan hanya di tentukan oleh format ATS friendly atau bukan. Melainkan dipengaruhi oleh banyaknya pengalaman kerja yang dijalani oleh kandidat. Jika informasi yang mesti dimasukan tidak cukup untuk 1 lembar CV, maka tidak ada salahnya juga kamu membuat CV ATS mu menjadi 2 lembar.

3. Menggunakan kata kunci pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

CV ATS merupakan CV yang menggunakan sistem dalam proses screeningnya. Untuk itu, Ciri CV ATS yang mesti kamu ketahui berikutnya adalah menggunakan kata kunci sesuai jenis pekerjaan yang dilamar. Kamu dapat menggunakan kata kunci dalam CV ATS tersebut pada bagian sub heading.

Kata kunci tersebut wajib disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar. Pasalnya diberbagai jenis lowongan pekerjaan, terdapat beberapa kata kunci yang berbeda beda. Mulai dari software engineer yang erat dengan kata kunci bahasa pemrograman, graphic designer yang erat dengan kata kunci Conceptualizing dan banyak lainnya.

CV ATS

4.  Kebanyakan CV ATS menggunakan Font Standar.

Ciri CV ATS lainnya adalah menggunakan font standar yang biasa digunakan untuk menulis dokumen resmi. Font yang biasa digunakan dalam membuat CV ATS umumnya tidak akan jauh dari penggunaan Arial, Helvetica, Times New Roman maupun font standar lainnya yang mudah dibaca. 

Karena hal tersebut dapat mempermudah sistem ATS dalam membaca CV kamu. Ukuran font juga mesti di perhatikan dalam pembuatan CV yang ATS Friendly. Umumnya ukuran font 11 menjadi batas minimum dan ciri CV ATS yang biasa digunakan banyak orang.

5. Mencantumkan Kontak di Bagian Atas CV

Kontak yang dapat dihubungi merupakan kewajiban yang mesti dicantumkan di dalam CV jenis apapun. Namun biasanya, penulisan kontak pada CV ATS juga memiliki ciri tersendiri. Umumnya, CV ATS akan meletakan posisi kontak telepon, email maupun sosial media pada bagian atas CV.

Bagikan Artikel: