Kapan CV ATS harus digunakan?

Kapan CV ATS harus digunakan? Berikut Jawaban Tepatnya!

Penggunaan CV ATS saat ini memang sudah diterapkan di banyak perusahaan. Umumnya, perusahaan yang menggunakan sistem screening CV melalui ATS adalah perusahaan perusahaan besar yang memiliki banyak pelamar atau calon kandidat. Lantas kapan CV ATS harus digunakan? berikut jawabannya, yuk simak!!!

Apa Itu CV ATS Friendly?

CV ATS Friendly adalah jenis CV yang dirancang dan diformat sedemikian rupa sehingga dapat dengan baik dibaca dan dianalisis oleh perangkat lunak yang dikenal sebagai Applicant Tracking System (ATS). ATS adalah alat yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengotomatisasi proses seleksi karyawan. ATS membantu perusahaan menyaring lamaran kerja dan CV yang masuk untuk mencocokkan kriteria tertentu sebelum CV diperiksa oleh manusia.

Baca juga : Bagaimana Foto Untuk CV Yang Bagus? Cek 5 Foto Untuk CV Berikut!

Apa Itu CV Desain?

CV Desain adalah jenis CV yang dirancang dengan estetika dan tampilan visual yang menarik. CV Desain bertujuan untuk menonjolkan kekreatifan, keterampilan desain, dan gaya personal pemiliknya sambil memberikan informasi yang relevan tentang pengalaman kerja, pendidikan dan keterampilan. CV Desain dapat menarik perhatian dan memberikan kesan yang kuat, terutama dalam bidang seperti desain grafis, seni atau kreatif, penting juga untuk memastikan bahwa informasi konten yang disampaikan tetap jelas, teratur dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Baca juga : Contoh CV Pramuniaga yang Menarik beserta Tipsnya

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Menggunakan Jenis-Jenis CV Tersebut?

Dilansir dari Universitas Multimedia Nusantara, Tidak ada ketentuan khusus kapan menggunakan CV ATS Friendly atau tidak. Berikut ini hal yang dapat Anda pertimbangkan saat mengirimkan CV untuk melamar kerja, yaitu :

1. Menyesuaikan dengan pekerjaan

Disarankan untuk menggunakan CV ATS Friendly ketika Anda melamar pekerjaan di perusahaan yang diketahui menggunakan sistem pengelolaan lamaran atau ATS untuk proses seleksi awal. Pekerjaan di berbagai sektor, termasuk administrasi, keuangan dan teknologi informasi, sering kali memerlukan CV ATS Friendly.

Sedangkan, CV Desain sebaiknya digunakan ketika Anda melamar pekerjaan di bidang yang mementingkan kreativitas, desain, atau tampilan visual. Ini termasuk pekerjaan di desain grafis, seni, pemasaran dan sektor kreatif lainnya di mana kemampuan desain dan kreativitas Anda perlu ditekankan.



2. Menyesuaikan dengan tujuan pengiriman lamaran

Selalu lebih baik menggunakan CV ATS Friendly jika Anda mengirimkan lamaran secara online melalui situs web perusahaan atau sistem pengelolaan lamaran yang mengandalkan ATS. Ini membantu memastikan bahwa CV Anda dapat dengan mudah diproses oleh sistem dan mencapai tangan tim HR.

Sedangkan, CV Desain dapat digunakan ketika Anda ingin mengirimkan lamaran melalui email atau secara langsung kepada pihak perusahaan, terutama jika Anda tahu bahwa perusahaan tersebut menerima CV dengan desain kreatif. Ini dapat memberikan kesan yang kuat dan menarik perhatian perekrut.

Baca juga: 5 Ciri CV ATS Friendly Yang Penting Untuk Diketahui!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!