10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Kapan CV ATS harus digunakan?

Kapan CV ATS harus digunakan? Berikut Jawaban Tepatnya!

Penggunaan CV ATS saat ini memang sudah diterapkan di banyak perusahaan. Umumnya, perusahaan yang menggunakan sistem screening CV melalui ATS adalah perusahaan perusahaan besar yang memiliki banyak pelamar atau calon kandidat. Lantas kapan CV ATS harus digunakan?

Kapan CV ATS Harus Digunakan?

CV ATS dapat digunakan pada perusahaan apapun saat kamu melamar kerja. Namun tidak semua perusahaan menggunakan sistem screening CV menggunakan ATS. Karena sortir menggunakan ATS membutuhkan alat tertentu dan juga biaya tambahan untuk dapat menggunakan sistem tersebut.

Namun untuk perusahaan besar yang telah terkenal, banyak dari mereka yang telah menggunakan ATS sebagai alat seleksi CV yang efisien karena banyaknya CV yang masuk ke lowongan kerja tersebut. 

Untuk itu, Saat kamu hendak melamar pekerjaan diperusahaan yang tergolong besar, tak ada salahnya kamu menggunakan CV ATS friendly yang dapat memperbesar peluang lolos kamu ke tahap selanjutnya.

Dapatkan CV ATS Gratis Dengan Klik Banner Dibawah!

CV ATS

Untuk CV Kreatif sendiri, dalam kamu gunakan dalam melamar pekerjaan di perusahaan yang tidak terlalu besar. Hal ini umumnya ditandai dengan lamaran yang dikirimkan melalui email. 

Karena umumnya CV yang dikirimkan melalui email akan melalui proses screening secara manual oleh recruiter. Berikut beberapa pertimbangan yang dapat kamu gunakan dalam menentukan Kapan CV ATS harus digunakan.

Pertimbangkan Hal Ini Saat Hendak Menggunakan CV ATS

1. Sesuaikan Dengan Pekerjaan Yang Dilamar

Dalam menentukan kapan CV ATS harus digunakan kamu dapat menyesuaikannya dengan pekerjaan yang kamu lamar. Kamu dapat mengetahui jenis CV apa yang sesuai untuk lowongan pekerjaan yang kamu tuju dengan melihat seberapa banyak orang yang melamar pada lowongan pekerjaan tersebut. 

Selain itu, jenis pekerjaan juga kerap menentukan CV apa yang tepat untuk kamu gunakan. Jika kamu melamar pada pekerjaan yang dituntut akan kreatifitas tinggi, kamu dapat menggunakan CV kreatif sebagai CV yang kamu andalkan.

Sebaliknya jika kamu melamar pada pekerjaan yang membutuhkan penggambaran teknis secara rinci seperti marketing maupun analis, CV ATS friendly sangat direkomendasikan untuk kamu gunakan.

Baca juga: 5 Ciri CV ATS Friendly Yang Penting Untuk Diketahui!

2. Sesuaikan Dengan Tujuan Lamaran Pekerjaan

Dalam menentukan kapan CV ATS harus digunakan, kamu tidak hanya dapat mempertimbangkan pekerjaan yang akan di lamar. Melainkan, kamu dapat mempertimbangkan kembali tujuan lamaran tersebut dikirimkan.

Karena biasanya tujuan pengiriman lamaran juga menentukan proses screening yang dilakukan oleh rekruiter. Umumnya lamaran pekerjaan yang dikirimkan melalui email, akan di seleksi secara langsung dan manual oleh rekriter tanpa bantuan sistem ATS. Untuk itu, untuk jenis lamaran pekerjaan dengan tujuan pengiriman menggunakan email, kamu dapat menggunakan CV kreatif dalam melamar pekerjaan tersebut.

Namun jika kamu melamar pekerjaan melalui job portal ataupun web perusahaan, jenis pengiriman lamaran pekerjaan seperti ini lah yang biasanya menggunakan ATS sebagai alat bantu rekruiter dalam seleksi CV kandidat yang paling sesuai.  Untuk itu, saat mengirimkan lamaran pekerjaan dengan tujuan ke web ataupun job portal, kamu dapat menggunakan CV ATS friendly agar CV kamu dapat terbaca dengan baik oleh sistem.

Bagikan Artikel: