10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips dan Contoh Foto Untuk CV, Pelamar Kerja Wajib Tahu

Mendapatkan tips dan contoh foto untuk CV sangat penting dilakukan. Karena dengan adanya tips ini akan sangat membantu dalam memberikan CV terbaik yang bisa dilakukan.

Memberikan CV (curriculum vitae) terbaik sangat penting karena ini merupakan salah satu dokumen yang akan dilampirkan pada saat melamar kerja. Semakin menarik CV yang diberikan ini akan menambah kesan positif.

Terlebih adalah foto yang harus ditampilkannya. Jadi bukan hanya bahasa dan penulisannya saja yang perlu diperhitungkan dalam memasukkan CV, tapi fotonya juga perlu dipikirkan agar terkesan menarik dan professional.

Meskipun tidak selamanya seluruh perusahaan akan memberikan kewajiban memasukkan foto dalam CV. Tapi tetap saja hal ini dirasa perlu untuk diketahui bagi Anda yang sedang menjadi pejuang pelamar kerja.

Tips dan Contoh Foto untuk CV

Sebagai seseorang yang ingin memberikan sesuatu yang maksimal, Anda sangat perlu mengetahui tips serta contoh foto untuk CV ini. Karena dengan mengetahuinya Anda bisa memberikan yang terbaik.

Untuk memberikan foto CV yang baik dan terkesan professional, ada beberapa hal yang kiranya perlu diperhatikan. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Wajah Dapat Terlihat Jelas

Apabila ingin menampilkan foto pada CV Anda, maka langkah pertama yang diperlukan adalah memastikan kalau foto yang dipilih menampilkan wajah yang terlihat jelas. Maksudnya adalah foto yang memiliki ukuran HD sehingga tidak pecah atau blur saat digunakan. 

Selain itu posisi tubuh juga harus tegap dan menyesuaikan. Selain itu, ada beberapa tata cara lain yang harus diperhatikan pada sisi wajah. Yakni bagi Anda yang tidak berhijab wajib memperlihatkan telinga agar terkesan lebih profesional.

  1. Gunakan Pakaian yang Sopan

Selain harus menampilkan wajah dengan jelas. Tips dan contoh foto untuk CV lainnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan.

Ini juga merupakan langkah wajib yang harus dimiliki dan dilakukan oleh Anda yang ingin mendapatkan hasil foto yang terbaik. Karena untuk terkesan lebih professional foto harus didasari dari pakaian yang sopan dan rapi.

Untuk penampilan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan kemeja atau jas sebagai pakaian wajib untuk foto. Karena pakaian tersebut akan memberikan kesan yang rapi juga sopan.

Jika untuk foto CV, sangat disarankan tidak memilih pakaian yang kesannya tidak professional. Seperti pakaian yang ketat, tidak berlengan maupun pakaian dengan warna-warna mencolok.

  1. Perhatikan Background Foto

Hal lainnya yang kiranya juga wajib dilakukan sebagai tips dan contoh foto untuk CV yakni dengan memperhatikan background foto. Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya memilih background polos saja.

Memang benar, meskipun foto dengan menggunakan kamera yang bagus dan wajah terlihat jelas sudah cukup baik. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sebaiknya memilih background yang tepat.

Jangan sampai pemilihan background terkesan tidak menunjukkan sisi profesionalisme Anda. Kalau Anda kesulitan untuk mendapatkan background polos Anda bisa langsung datang pada studio foto.

Karena biasanya di studio foto akan diberikan background polos untuk foto dan bisa menyesuaikan warna. Karena disana juga biasanya disediakan jasa edit foto jadi bisa lebih menyesuaikan keinginan.

  1. Hindari Make-up Berlebihan

Sebagian orang akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun terkadang bukannya tips dan contoh foto untuk CV malah justru tidak baik dilakukan.

Salah satunya yakni mereka yang terlalu menggunakan make-up berlebihan. Memang benar penggunaan make-up bisa membuat penampilan wajah menjadi lebih menarik.

Akan tetapi apabila terlalu berlebihan, itu tidak akan menjadi menarik lagi. justru terkesan tidak professional. Maka dari itu sebaiknya Anda kalau ingin menggunakan make-up pastikan tidak terlalu berlebihan dan masih indah dipandang.

  1. Hindari Penggunaan Filter Berlebihan

Selain itu, tips dan contoh foto untuk CV lainnya yakni Anda juga sebaiknya jangan terlalu menggunakan filter yang berlebihan. Ini juga merupakan langkah keliru yang bisa saja dilakukan sebagian orang para pelamar kerja.

Karena ingin memberikan penampilan yang sempurna pada foto CV, akhirnya memberikan filter yang sangat maksimal sehingga wajah menjadi tidak terkenali lagi.

Padahal langkah ini sebenarnya tidak terlalu baik dilakukan. Karena kebanyakan perekrut lebih menyukai foto natural dengan menampilkan ciri khas dari wajah tersebut.

Maka dari itu apabila Anda merupakan salah satu orang yang memang sedang mencari pekerjaan. Mengetahui berbagai tips dan contoh foto untuk CV ini sangat penting dilakukan.

Bagikan Artikel: