cara mengirim cv lewat email

Cara Mengirim CV Lewat Email ke Perusahaan

Seiring perkembangan teknologi, melamar kerja ke perusahaan kini semakin dimudahkan dengan cara mengirim CV lewat email. Sehingga, para pelamar kini tidak perlu lagi datang langsung ke kantor perusahaan untuk mengantarkan CV serta berkas lamaran lainnya. Berikut ini cara mengirim CV lewat email untuk melamar pekerjaan, yuk simak!!!

Apa Itu CV?

CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae merupakan dokumen tertulis yang digunakan untuk merangkum riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi seseorang.

Menurut University of Nebraska Omaha, CV adalah daftar terperinci dari keseluruhan pendidikan, publikasi, prestasi, proyek penting, penghargaan dan pengalaman profesional seseorang. CV harus jelas, ringkas, dan mudah dibaca, sehingga memudahkan pihak yang membaca untuk memahami potensi Anda sebagai kandidat yang sesuai untuk posisi tertentu.

Baca juga: Contoh mendeskripsikan diri sendiri

Cara Mengirim CV Lewat Email untuk Melamar Pekerjaan

1. Gunakan Subjek Email yang Jelas

Subjek email harus mencerminkan tujuan Anda secara singkat dan jelas. Misalnya, “Lamaran Pekerjaan: [Nama Posisi]” akan memberikan gambaran kepada penerima bahwa email tersebut adalah lamaran kerja.

2. Perhatikan format dan Struktur CV

Pastikan CV Anda memiliki format dan struktur yang rapi dan mudah dibaca. Gunakan huruf yang konsisten, judul, dan poin-poin yang memudahkan pembaca untuk melihat informasi penting seperti pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan.



3. Lampirkan CV dan Surat Lamaran

Pastikan Anda telah melampirkan CV dan surat lamaran kerja sebagai file terpisah. File CV dan surat lamaran biasanya lebih baik dalam format PDF, karena ini akan mempertahankan format dengan baik dan dapat dibuka di sebagian besar perangkat.

4. Tulis Kerangka Email yang Benar

Dalam isi email, sertakan pesan singkat yang menjelaskan niat Anda untuk melamar pekerjaan dan mengapa Anda tertarik pada perusahaan atau posisi tersebut. Sebutkan juga informasi kontak Anda seperti nomor telepon, sehingga mereka dapat dengan mudah menghubungi Anda jika diperlukan. Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan ketertarikan dan motivasi Anda.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Jaga Etika Email

Pastikan email Anda profesional dalam bahasa, tata bahasa, dan pengejaan. Hindari penggunaan emoji, tanda seru berlebihan, atau bahasa yang kurang formal. Selalu rapi dan hormati penerima dengan bahasa yang sopan.

6. Kirim Alamat Email yang Tepat

Pastikan alamat email yang Anda gunakan adalah alamat yang profesional dan relevan. Sebaiknya gunakan alamat email yang berisi nama Anda, bukan alamat email yang terlalu pribadi atau aneh.

Baca juga: Contoh perkenalan diri bahasa inggris

Contoh Kerangka Mengirim CV Lewat Email untuk Melamar Pekerjaan

“Subjek: Lamaran Pekerjaan: [Nama Posisi] – [Nama Anda

Kepada [Nama Penerima atau Perusahaan],

Saya ingin mengajukan lamaran untuk posisi [Nama Posisi] yang sedang dibuka di [Nama Perusahaan]. Terlampir dalam email ini, saya telah melampirkan CV saya sebagai bagian dari pengajuan saya.

Saya sangat tertarik dengan [Nama Perusahaan] dan [Nama Posisi] ini karena [sebutkan alasan mengapa Anda tertarik, seperti kecocokan dengan keterampilan Anda atau visi perusahaan]. Saya yakin bahwa pengalaman dan latar belakang pendidikan saya, yang mencakup [sebutkan beberapa poin yang relevan seperti pengalaman kerja, pendidikan, atau keterampilan khusus], akan menjadi aset berharga bagi tim [Nama Perusahaan].

Saya sangat berharap untuk memiliki kesempatan untuk berbicara lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi untuk [Nama Perusahaan]. Saya dapat dihubungi melalui email ini atau nomor telepon saya di [Nomor Telepon Anda] untuk mengatur wawancara atau berdiskusi lebih lanjut.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran kerja saya. Saya sangat menghargai kesempatan ini dan berharap untuk dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan [Nama Perusahaan].

Hormat saya,
[Nama Anda]
[Tanda tangan elektronik jika diperlukan]

Lampiran:

CV – [Nama Anda].pdf”


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!