contoh mendeskripsikan diri sendiri

Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri dan Tips Membuatnya

Contoh mendeskripsikan diri sendiri yang menarik tentunya akan mampu membuat rekruter atau HRD. Deskripsi diri di CV adalah salah satu gambaran profil seseorang yang ditulis secara singkat dan padat.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deskripsi berarti penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Secara umum, pengertian deskripsi diri merupakan gambaran tentang diri seseorang yang diuraikan dalam kalimat.

Tips Membuat Contoh Mendeskripsikan Diri Sendiri 

Ada beberapa tips dan cara membuat deskripsi diri sendiri. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait contoh dalam mendeskripsikan diri sendiri.

1. Buat Lebih Ringkas

Contoh mendeskripsikan diri sendiri adalah dengan membuat deskripsi diri yang pertama yakni dibuat dengan ringkas. Caranya kalimat pertama harus perkenalan diri dengan mencantumkan nama, jabatan maupun pengalaman.

Apabila Anda masih menganggur dan sedang mencari pekerjaan. Maka harus bisa menyebutkan jurusan, gelar pendidikan maupun tingkat sertifikasi.

2. Menguraikan Pengalaman dan Pencapaian

Pengalaman dan pencapaian ini dapat disesuaikan di bagian pengantar. Hal ini untuk bisa menyoroti detail yang paling relevan dengan orang ajak bicara. 

Jika Anda sedang ada dalam wawancara kerja, maka diskusikan tentang keterampilan dan pencapaian profesional. Apabila Anda akan memberikan presentasi, maka berikan informasi yang mendukung otoritas di area yang ajak bicara. 

Saat Anda memperkenalkan diri kepada klien potensial. Maka bisa sebutkan produk dan layanan terbaik.

Baca juga: Contoh kelebihan diri saat interview kerja

3. Akhiri dengan Baik Menyesuaikan Arah Tujuan

Saat membuat contoh mendeskripsikan diri sendiri untuk memperkenalkan diri, Anda juga harus menyimpulkan diri dengan mengarah ke apa yang diinginkan. Contohnya saja dalam interview kerja, sebutkan mengapa Anda orang terbaik untuk pekerjaan itu.

Contoh lainnya, perkenalan diri Anda ke klien atau kolega baru juga harus bisa diakhiri dengan ajakan untuk bertindak. Dalam hal bisnis, ini dapat berupa pertemuan, penjualan maupun korespondensi lebih lanjut. 

Misalnya saja harus ditulis secara ringkas, faktual, maupun mudah ditinjau secara sekilas. Perlu diingat, selain harus bisa dibuat dengan percaya diri, tulisan deskripsi diri juga dibuat dengan jujur maupun rendah hati. 

Jadi jangan sampai terkesan menyombongkan diri secara berlebihan. Hanya dengan melakukan perkenalan menggunakan deskripsi diri yang menarik.

Hal ini tentunya akan menjadi kunci yang membantu Anda membuat kesan pada rekruter atau lawan bicara. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung lagi jika harus isi kolom tentang diri sendiri.



Hal yang Harus Dihindari saat Menulis Deskripsi Diri

Ada beberapa hal yang perlu dihindari saat menulis deskripsi diri. Berikut ini sudah ada penjelasan contoh mendeskripsikan diri sendiri.

1. Melebih-lebihkan Kebenaran 

Hal yang harus dihindari saat menulis deskripsi diri yaitu berbohong. Namun seringkali, untuk mengesankan recruiter, akan mencoba berbohong dengan melebih-lebihkan kemampuannya.

Hal ini tentunya harus dihindari. Umumnya, jika nantinya Anda mendapatkan pekerjaan tersebut, kemungkinan akan merasa kesulitan dalam memenuhi harapan mereka. 

2. Kesalahan Penulisan Tata Bahasa

Saat Anda mencoba untuk menulis deskripsi diri, maka hindarilah kesalahan dalam penulisan. Memang, kesalahan seperti ejaan, ttp, kata rancu itu akan membuat recruiter tidak tertarik dengan CV.

Cobalah untuk segera meminta orang lain, agar memeriksa CV Anda dari awal sampai akhir. Jadi, Anda juga harus memperhatikan dan membacanya sebelum dikirim.

Baca juga: Contoh ppt menarik untuk jadi referensi

3. Tidak Fokus Pada Pencapaian

Saat menulis contoh mendeskripsikan diri sendiri di CV, memang harus kecenderungan untuk fokus pencapaian dari tugas Anda. Oleh karena itu, jangan sampai Anda lupa untuk menulis pencapaian dari apa yang telah lakukan.

Jangan sampai Anda menuliskan kata inovatif di CV tanpa benar-benar disertai dengan bukti maupun hasil dari pencapaiannya. Jika Anda benar-benar ingin menekankan betapa inovatifnya diri Anda.

Maka bisa mencoba untuk menulis atau berbicara tentang umpan balik positif orang lain. Selain itu, tentang ide yang Anda perkenalkan kepada mereka dalam pengalaman kerja sebelumnya.

4. Buat Deskripsi Diri Terlalu Panjang

Hal yang harus dihindari saat menulis contoh yang bisa ditiru untuk mendeskripsikan diri sendiri selanjutnya yakni menulisnya terlalu panjang. Contoh deskripsi diri yang menarik dan bisa dilirik HRD harus memiliki ciri khas.

Beberapa informasi terkait tips yang ada diatas tentunya akan bermanfaat untuk diri sendiri. Contoh mendeskripsikan diri sendiri ini akan membuat Anda lebih kreatif dalam melakukan banyak hal.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.