Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

contoh CV lamaran kerja lulusan SMK

12 Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK Beserta Cara Membuatnya

Kini banyak orang yang mencari contoh CV lamaran kerja lulusan SMK di internet. Sebab rata-rata lulusan SMK banyak yang lebih memilih langsung mencari kerja, dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Memang, lulusan SMK dikenal sebagai lulusan yang siap kerja, karena metode belajar di SMK lebih banyak praktik dibandingkan di SMA. Namun sebagai lulusan baru, mungkin Anda masih bingung.

Bagaimana cara membuat CV lamaran kerja untuk lulusan SMK. Tenang, Anda kini tidak perlu bingung lagi, dalam artikel kali ini kita akan membahas cara membuatnya beserta dengan contoh-contohnya.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMK

Cara membuat CV lamaran kerja untuk lulusan SMK sangatlah mudah, jadi bagi yang masih bingung Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara membuat CV lamaran kerja, antara lain :

1. Lengkapilah bagian-bagian penting yang ada dalam CV

Sebelum membahas contoh CV lamaran kerja lulusan SMK, ada baiknya kita membahas cara membuatnya. Pertama, Anda perlu menyiapkan bagian-bagian penting yang ada di dalam CV.

Bagian penting di dalam CV ialah informasi pribadi Anda, di mana pihak HRD nanti dapat mengontak Anda. Di antaranya seperti nama, nomor HP hingga alamat email.

Biasanya bagian penting ini ada di sebelah kiri atas atau bisa juga di sebelah foto diri. Tujuannya, tentu saja agar HRD bisa melihatnya dengan jelas. 

2. Tulislah deskripsi diri semenarik mungkin

Berikutnya, Anda bisa menulis deskripsi tentang diri Anda semenarik mungkin. Karena biasanya, HRD akan melakukan seleksi secara sekilas dan hanya melihat CV yang menarik menurutnya hanya dalam hitungan detik.

Deskripsi diri menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan. Terdiri dari gambaran skill serta pengalaman magang atau kerja. Tidak perlu terlalu panjang, hanya 1 atau 2 kalimat saja.

3. Tulislah riwayat pendidikan secara urut

Selama ini banyak orang mengira bahwa pada bagian riwayat pendidikan, harus memasukkan seluruh pendidikan mulai TK hingga SMK. Padahal Anda hanya perlu menuliskan nama SMK dan rentan tahun Anda bersekolah.

4. Cantumkan prestasi yang Anda miliki

Di dalam contoh CV lamaran kerja lulusan SMK jangan lupa untuk mencantumkan achievement atau prestasi yang pernah Anda raih. Prestasi tersebut akan memberikan kesan yang baik untuk HRD, bahwa Anda merupakan pelajar aktif.

5. Tulislah pengalaman organisasi dengan runtut

Pengalaman organisasi dapat membuat Anda terasa secara soft skill. Dengan mencantumkan pengalaman organisasi, Anda dapat memberi kesan bahwa Anda merupakan sosok yang bisa melakukan managemen waktu yang baik.

6. Tulis skill sesuai yang diperlukan

Tuliskan hal-hal penting yang memang perlu diketahui pihak perusahaan sebagai pertimbangan. Apakah Anda berhak menempati posisi yang dilamar atau tidak. Informasi penting yang perlu dicantumkan salah satunya skill.

7. Cantumkan pengalaman magang atau kerja

Jangan lupa cantumkan pengalaman magang, kerja atau proyek yang pernah Anda jalani. Tidak masalah bila Anda hanya memiliki pengalaman PKL saat sekolah, asal Anda memiliki tugas spesifik ketika menjalaninya.

Baca juga: 4 Contoh Body Email Lamaran Kerja Terbaik Dan Lengkap

Format Penulisan CV lamaran kerja lulusan SMK Yang Baik Dan Benar

1. Biodata Diri

Biodata diri menjadi format penulisan CV lulusan SMK yang penting untuk diperhatikan, Anda wajib membuat isi dari biodata diri tersebut terlihat singkat jelas dan padat dimata recruiter. Anda hanya perlu menuliskan Nama lengkap, alamat dan Kontak yang aktif yang dapat dihubungi kapanun. Usahakan tidak mencantumkan hal hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan seperti zodiak, golongan darah dan jumlah anggota keluarga

Tak lupa juga untuk melampirkan foto diri yang dapat memberikan gambaran akan diri Anda kepada recruiter. Usahakan foto diri tersebut dengan tampilan bersih, rapih, dan formal/semi-formal agar Anda dapat terkesan profesional.

2. Deskripsi Diri

Deskripsi diri menjadi salah satu format dan bagian yang memiliki peran yang sangat penting dalam membuat cv lulusan SMK. Ceritakan segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar dengan menyertakan bukti pendukung agar recruiter meyakini deskripsi diri yang Anda buat. 

Contoh Deskripsi Diri untuk CV Lamaran Kerja Lulusan SMK:

“Saya merupakan seorang siswa lulusan SMK Terbit Timur jurusan Akuntansi dengan pengalaman magang selama 6 bulan di PT. King Plastik sebagai akuntan yang berorientasi pada ketepatan perhitungan dan kerapihan data. Dengan pengalaman tersebut saya yakin saya mampu terus berkembang bersama perusahaan untuk kemajuan perusahaan dan diri saya.”

3. Riwayat Pendidikan

Dalam format penulisan riwayat pendidikan, usahakan Anda menuliskannya dengan mengurutkannya dari pendidikan terakhir yang Anda tempuh.  Selain itu, Anda hanya cukup memasukan dua jenjang pendidikan terakhir yang berhasil ditamatkan. 

Hal ini berguna agar CV Anda terlihat lebih rapi dan memiliki banyak space untuk menuliskan hal lainnya. Jika Anda pernah mengikuti pendidikan non formal, Anda juga perlu memasukan riwayat pendidikan tersebut ke CV lamaran kerja lulusan SMK yang Anda buat.

Contoh Format Penulisan Riwayat pendidikan Formal:

  • Nama Sekolah, Jurusan, Periode Tahun 
  • SMKN 87 Jakarta, Jurusan Administrasi Perkantoran, 2015-2018

Contoh Format Penulisan Riwayat Pendidikan Non Formal:

  • Nama lembaga, program, keterangan, Periode Tahun
  • LIA , Bahasa Inggris, Intermediate, 2018-2019

4. Pengalaman Kerja / Organisasi

Pada umumnya, Contoh Cv Lamaran Kerja Lulusan SMK tidak mencantumkan pengalaman kerja pada CV yang dibuat. Hal ini wajar terjadi karena banyak dari siswa SMK yang belum memiliki pengalaman kerja dan masih terhitung sebagai fresh graduate. Namun untuk Anda yang belum memiliki pengalaman kerja tidak perlu khawatir.

Walaupun belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menggantinya dengan mencantumkan pengalaman magang ataupun pengalaman organisasi yang pernah Anda tempuh. Usahakan Anda dapat mengaitkan pengalaman magang  atau organisasi tersebut dengan lowongan pekerjaan yang Anda lamar.

Berikan sedikit deskripsi dengan menjelaskan beberapa pencapaian yang pernah Anda lakukan dalam pengalaman organisasi tersebut agar CV Anda terlihat lebih menarik di mata recruiter.

Contoh penulisan pengalaman kerja untuk CV lulusan SMK:

RS Medan Sidempuan, Medan| PKL Asisten Apoteker (2019-2020)

Mampu menyiapkan, meracik, serta mengemas obat dengan selalu memperhatikan tepat jumlah obat, dosis, serta etiket obat. 

5. Skill atau Kemampuan

Anda dapat mencantumkan skill dan kemampuan tersebut dalam tiga bagian. Bagian bagian tersebut adalah soft skill, hard skills dan Bahasa. Dengan mencantumkan skill dan kemampuan dalam CV lamaran kerja lulusan SMK, Anda dapat membuat CV tersebut bernilai lebih menggantikan pengalaman kerja yang masih belum Anda miliki.

Contoh Penulisan Skill Bahasa CV lulusan SMK:

  • TOEFL 
  • IELTS
  • TOEIC 

Contoh Penulisan sertifikat skill untuk CV lulusan SMK:

  • Associate Android Developer
  • HTML5
  • JavaScript 
  • Analisis Data 
  • Microsoft Excel
  • Membaca Laporan Finansial
  • Berorientasi pada detail dan teliti

Baca juga: Inilah Contoh CV untuk Magang Bagi Anda Pencari Kerja

Tips Menulis CV Lamaran Kerja Lulusan SMK Yang Cepat Dilirik HRD

1. Buat Sisi Unik Dan Menarik Di Dirimu Menonjol di mata recruiter. 

Pengalaman kerja memang menjadi batasan dalam penulisan CV Lamaran Kerja Lulusan SMK. Hal ini sering terjadi karena banyak dari lulusan SMK yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Hal ini dapat Anda siasati dengan menonjolkan sisi unik dan menarik yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Hal ini dapat menjadi point lebih saat Anda tidak memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan kebutuhan recruiter. Anda bisa menuliskan beberapa keahlian dan keunikan yang Anda rasakan di lingkungan keluarga, sekolah hingga luar sekolah yang berhubungan dengan posisi lamaran kerja tersebut. 

2. Usahakan Menggunakan CV Yang Berbeda di Setiap Lamaran

Tips membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMK lainnya adalah dengan mengirimkan CV yang berbeda disetiap lamaran kerja yang akan Anda lamar. Hal ini penting untuk Anda lakukan karena dengan begitu Anda dapat menyesuaikan beberapa kata kunci pada deskripsi dan keahlian yang dibutuhkan oleh lowongan kerja yang akan Anda lamar.

3. Perhatikan Kata Kunci Di setiap Lowongan Kerja

Tips membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMK lainnya adalah dengan memahami kata kunci yang terdapat pada job description masing masing lowongan pekerjaan. Pasalnya dengan mengetahui beberapa kata kunci pada pekerjaan tersebut dan menyesuaikannya dengan CV yang Anda kirimkan akan membuat CV Anda memiliki nilai lebih dimata recruiter. Hal ini akan memperbesar peluang Anda lolos ke tahap interview dan tahap tahap selanjutnya.

4. CV Memang Menjadi Ajang Untuk Pamer, Jadi Jangan Malu Untuk Pamer

Salah satu keunggulan dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK adalah kemampuan atau skill yang selalu di poles selama tiga tahun di sekolah. Terlebih lagi, dalam pembelajaran tersebut, siswa diwajibkan untuk melakukan praktek kerja lapangan guna membuat skill tersebut semakin terasah. Jadi pamerkan semua skill dan kemampuan yang telah Anda dapatkan di sekolah tersebut dalam CV yang Anda buat.

Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK

Setelah tadi kita membahas cara membuat CV lamaran kerja, kini kita akan membahas contohnya. Berikut ini beberapa contoh CV lamaran kerja yang bisa dijadikan referensi antara lain :

1. Contoh CV lamaran kerja lulusan SMK jurusan administrasi perkantoran

Contoh CV lamaran kerja lulusan SMK jurusan administrasi perkantoran

2. Contoh CV lamaran kerja lulusan SMK jurusan akuntansi

Contoh CV lamaran kerja lulusan SMK jurusan akuntansi

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Tulis Tangan / Ketik

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Tulis Tangan / Ketik

4. Contoh CV Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK

Contoh CV Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Bahasa Inggris

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris untuk Anak SMK

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Otomotif 

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Otomotif 

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Pemasaran

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Pemasaran

8. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Pemasaran Animasi dan Multimedia

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Pemasaran Animasi dan Multimedia

9. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Tata Busana

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Tata Busana

10. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Pariwisata

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Pariwisata

11. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Farmasi

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Farmasi

12. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Barista

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Barista

Temukan Lowongan Pekerjaan Paling Pas Dengan Skill Anda di Pintarnya!

Dengan persaingan yang tinggi dan lowongan pekerjaan yang tidak banyak membuat mencari lowongan kerja bukan menjadi perkara yang mudah bagi sebagian orang. Namun dengan Pintarnya, mencari pekerjaan dapat dengan mudah dilakukan. Dengan ribuan loker yang tersedia, Anda dapat menemukan pekerjaan yang paling sesuai dengan skill yang dimiliki. Caranya Gampang Banget! 

1. Klik Tombol “Lihat Loker SD-SMA yang ada di bagian Atas Ponsel Anda

Dengan Klik tombol tersebut anda akan dibawa ke halaman yang akan menampilkan ribuan lowongan kerja yang tersedia untuk lulusan SD sampai SMA. Namun jangan khawatir Anda juga melakukan filter sesuai dengan jenjang pendidikan maupun wilayah yang Anda tuju.

2. Pilih Lowongan kerja Yang Sesuai Dengan Skill

Temukan lowongan kerja yang sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki agar kesempatan diterima semakin besar. Mulai dari Admin,Sales,Pabrik,Perhotelan,Restoran Hingga Perawat semua dapat Anda temukan di Pintarnya!

3. Klik, Lamar & Kerja

Jika Lowongan Telah ditemukan segera lamar dengan CV dan surat lamaran kerja yang telah dibuat sebelumnya. Pantau terus status lamaran kerja Anda dan nantikan panggilan Interview dari HRD!

Bagikan Artikel:

About The Author