10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh body email lamaran kerja

4 Contoh Body Email Lamaran Kerja Terbaik Dan Lengkap

Dalam mencari pekerjaan, memahami contoh body email lamaran kerja menjadi hal wajib untuk Anda ketahui. Sebagian besar perusahaan di sekarang menerima lamaran kerja dengan memanfaatkan email dikarenakan jauh lebih efisien.

Walaupun melamar kerja via email bukan menjadi hal asing lagi, tetapi banyak orang belum memahaminya. Sering dijumpai kesalahan dari pelamar kerja di perusahaan yang mengirimkan surat lamaran lewat email.

Kesalahan dalam menuliskan lamaran kerja pada body email membuat Anda tidak bisa diterima. Masalah ini menjadi fatal karena hampir semua perusahaan melihat kualitas dari calon karyawan yang ingin melamar kerja.

Apa Manfaat dan Fungsi dari Body email?

Body email lamaran kerja sendiri sangat dibutuhkan saat Anda mengirimkan lamaran kerja melalui email. Body email lamaran kerja berfungsi agar HRD dapat mengetahui secara singkat alasan dan maksud tujuan dari email yang Anda kirimkan tersebut. Untuk itu, Anda juga dapat menjelaskan secara singkat terkait dengan gambaran diri dan kualifikasi yang Anda miliki dalam email tersebut.

Kalau dari contoh body email lamaran kerja saja menyalahi aturan atau tidak tepat, otomatis langsung tersingkir dari pantauan HRD. Anda tidak perlu khawatir karena alasan ini akan menguntungkan calon karyawan.   

Jika Anda belum paham cara penulisan body email, sebaiknya ketahui contoh-contoh dan tips menulis sesuai ketentuan yang tepat. Memahami cara menulis body email saat melamar kerja bertujuan agar menarik perhatian.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Tepat

Struktur dan Format Penulisan body email lamaran kerja

Dalam menuliskan body email lamaran kerja, Anda wajib memperhatikan beberapa hal yang penting untuk masuk ke dalam penulisan body email lamaran kerja tersebut. Pasalnya, format dan struktur penulisan berikut kerap kurang menjadi perhatian sehingga body email yang Anda kirimkan kurang menarik perhatian HRD atau recruiter untuk membacanya. Berikut merupakan struktur dan format penulisan yang wajib ada saat Anda menuliskan body email lamaran kerja:

1. Salam pembuka

Awali body email lamaran kerja Anda dengan salam pembuka yang ditujukan untuk HRD maupun recruiter. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui Nama dari recruiter tersebut sehingga Anda dapat mencantumkan nama tersebut di salam pembuka. Namun jika tidak Anda dapat menuliskan salam pembuka secara umum pada body email lamaran kerja tersebut.

Contoh Salam Pembuka Body Email

  • Yth. Bapak ( Nama recruiter)
  • Yth Manager HRD [perusahaan terkait]
  • Dear, Ms ( Nama recruiter)
  • Dear hiring manager
  • Dear HRD of [nama perusahaan]

2. Isi Body email paragraf pertama

Paragraf pertama dalam body email sendiri dapat Anda isi dengan menjelaskan Nama dan siapa diri Anda secara singkat berikut dengan posisi yang Anda lamar serta sumber informasi dimana Anda menemukan lowongan pekerjaan tersebut.

Contoh Isi Paragraf Pertama Body Email 

“ Saya Ibnu Sinaga seorang customer service specialist yang tengah mencari peluang baru untuk mengembangkan karir saya. Saya tertarik dan berminat untuk melamar lowongan kerja customer service di PT (nama perusahaan) yang saya temukan di aplikasi Pintarnya”

3. Isi  body email paragraf kedua

Pada paragraf ketiga body email, Anda cukup menjelaskan terkait dengan latar belakang yang membuat Anda tertarik dengan posisi tersebut. Tambahkan juga beberapa alasan yang menggambarkan jika Anda merupakan kandidat yang paling sesuai dengan posisi yang sedang dibuka tersebut. Kaitkan alasan tersebut dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di pekerjaan sebelumnya. 

Contoh Isi Paragraf Kedua Body Email Lamaran Kerja: 

“Sebagai seorang customer service yang pernah bekerja di beberapa perusahaan selama kurang lebih 5 Tahun, tentu saya memiliki pengalaman dalam hal tersebut. Saya telah berhasil membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan yang berpengaruh dengan reputasi dan kredibilitas perusahaan tersebut. Selain itu, saya juga berpengalaman dalam menangani komplain yang diberikan oleh pelanggan dengan pemberian solusi terbaik. Untuk itu, dengan beberapa skill dan pengalaman yang saya miliki tersebut saya yakin saya merupakan kandidat yang sesuai dengan posisi tersebut. Dan saya sangat yakin saya mampu memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan jika saya diterima kerja nantinya.”

4. Isi body email paragraf penutup

Paragraf ketiga menjadi paragraf terakhir dalam penulisan body email lamaran kerja yang akan Anda kirimkan kepada recruiter. Di paragraf ini Anda dapat menjelaskan jika Anda telah mengirimkan dan melampirkan email beserta dengan CV dan berkas lamaran pendukung lainnya. 

Selain itu, ucapkan juga terima kasih kepada rekruiter karena telah mempertimbankan email lamaran kerja yang Anda kirimkan. Sisipkan kalimat yang menggambarkan Anda sangat semangat dan menantikan diskusi lanjutan terkait proses rekrutmen tersebut.

Contoh Penutup Dalam Body email

“Bersama email ini, saya lampirkan CV, cover letter, dan portofolio karya saya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Jika terdapat beberapa hal yang perlu di tanyakan saya siap untuk melakukan obrolan lebih lanjut.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung di tim Bapak/Ibu.” 

5. Signature Atau Informasi Kontak

Signature Atau informasi kontak adalah hal terpenting yang wajib Anda perhatikan karena didalamnya terdapat kontak yang menjadi jalan utama HRD dalam menghubungi Anda. Pastikan jika Kontak yang Anda cantumkan benar dan merupakan kontak yang Aktif agar tidak menjadi lamaran kerja yang sia sia.

Contoh Signature Body Email Lamaran Kerja

Kevin Rahajasa

0812345889071

kevinrahajasa@gmail.com 

Baca juga: Contoh pengalaman kerja yang dapat Anda masukan di CV

Hal Wajib Dicantumkan dalam Contoh Body Email Lamaran Kerja

Body email pada surat lamaran kerja sejatinya berfungsi sebagai pengantar secara singkat saja. Namun keberadaan ini harus diperhatikan secara maksimal oleh calon pegawai saat melamar ke dalam perusahaan manapun.

Surat pengantar secara singkat saat melamar kerja memuat beberapa hal penting yang wajib dicantumkan. Supaya tidak kesalahan dalam menuliskan body email untuk keperluan melamar kerja, inilah hal-hal wajib dicantumkan.

1. Alasan

Alasan mengirim lamaran kepada perusahaan harus dituliskan secara jelas dan singkat. Karena pihak HRD akan melihat alasan lengkap mengapa pelamar ingin bekerja di perusahaan yang sedang dilamarnya.

2. Posisi dalam Bekerja

Contoh body email lamaran kerja yang bagi pelamar wajib mencantumkan posisi dalam bekerja di perusahaan. Mengingat Anda harus memilih posisi saat akan bekerja di perusahaan tertentu agar tidak mengalami kesalahan.

3. Value atau Nilai Diri Sendiri

Hal penting wajib dicantumkan ke dalam body email adalah value atau nilai diri sendiri. Nilai kualitas yang Anda tawarkan ke perusahaan akan mempengaruhi kesempatan lebih besar untuk diterima.

4. Kontak Pribadi

Kontak pribadi dibutuhkan supaya pelamar bisa dihubungi perekrut jika masuk dalam kriteria perusahaan. Cantumkan kontak yang bisa dihubungi dengan nomor asli, sehingga tidak menyulitkan perekrut dalam menemukan Anda.

Empat hal penting tersebut wajib tercantum pada contoh body email lamaran kerja yang benar. Jangan lupa untuk menuliskan profil singkat mengenai diri Anda serta tanggal dikirimnya surat lamaran ke perusahaan.

Mengingat proses melamar kerja secara online via email, Anda harus paham tips menulis body email paling tepat. Inilah beberapa tips penting untuk menulis body email lamaran pekerjaan agar dilirik HRD.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK Beserta Cara Membuatnya

Tips Menuliskan Body Email Lamaran Pekerjaan

1. Pastikan Anda Menuliskan Subject Email Dengan Tepat

pastikan menuliskan subjek email secara tepat sesuai dengan ketentuan yang diberikan pihak perusahaan. Sebagai contoh Anda bisa menulis subjek dengan format “Nama dan posisi lamaran pekerjaan yang diinginkan”.

Contoh body email lamaran kerja dapat ditulis dengan memperhatikan alamat email secara profesional. Anda harus menggunakan alamat email dengan nama asli supaya HRD perusahaan melihat keseriusan dalam melamar pekerjaan.

2. Lampirkan CV Dan Berkas Lamaran Pendukung Lainnya

Terakhir lampirkan CV atau portfolio yang dibutuhkan sesuai posisi yang ingin Anda lamar di sebuah pekerjaan. CV harus dibuat semenarik mungkin dan unik supaya pihak HRD bisa mengetahui profil Anda.

Sedangkan untuk struktur pada body email, bagian pembuka berisi nama-nama yang ditujukan saat melamar kerja. Anda wajib menuliskan “Yth” diikuti format nama HRD beserta nama perusahaan setelahnya. 

Contoh body email lamaran kerja pada bagian paragraf awal berisi alasan mengapa Anda melamar di perusahaan tersebut. Contohnya yaitu mengenalkan identitas nama lengkap, posisi lamaran, dan sumber informasi lowongan kerja.

3. Jelaskan Semenarik Mungkin Jika Anda Merupakan Kandidat Yang Sesuai

Di paragraf pertengahan bisa ditulis hal yang membuat Anda tertarik mengisi posisi perusahaan tersebut. Contohnya dengan menulis posisi pekerjaan disertai alasan lengkap ingin mengisi posisi yang dibuka perusahaan.

Paragraf akhir sebagai penutup, Anda dapat membuat kesimpulan dari seluruh isi surat lamaran kerja. Simpulan berisi bahwa Anda layak mengisi posisi lamaran perusahaan dan menyatakan terima kasih kepada perekrut.

Pastikan memahami setiap bagian body email dengan teliti untuk menghindari kesalahan saat menulis lamaran kerja. Dengan melihat tips membuat dan contoh body email lamaran kerja dijamin benar sesuai ketentuan perusahaan.

Contoh Body Email Lamaran Kerja

Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate

Kepada HRD PT Bisa Jaya

Saya Sintia Maharani yang merupakan lulusan dari Universitas Bo*** jurusan Marketing Communication. Sebelumnya, saya melihat informasi lowongan kerja sebagai Copywriter dari PT Andalan Prima melalui platform pencarian kerja Pintarnya. Oleh karena itu, saya mengirim email ini dengan maksud mendaftarkan diri pada posisi tersebut. 

Saya memiliki pengalaman sebagai magang di PT CBN sebagai Copywriter selama 6 bulan. Dalam pengalaman tersebut, saya bertugas membuat copy untuk konten media sosial, jingle, dan beberapa tagline. Selain itu, saya juga aktif mengikuti organisasi dan lomba yang berkaitan dengan bidang yang saya lamar. Dengan bekal pengalaman tersebut, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik di perusahaan Bapak/Ibu.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan CV, cover letter, dan portofolio karya saya. Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya menunggu kabar baik selanjutnya dari Bapak/Ibu. 

Hormat saya, 

Sintia Maharani

081256443621

sintiamaharani123@gmail.com 

Contoh Body Email Lamaran Kerja Simple

Yth. HRD PT. ONYX Jaya

Perkenalkan saya Nelson Mahendra. Beberapa kesempatan sebelumnya saya menemukan informasi lowongan pekerjaan di Pintarnya.com dari PT. ONYX Jaya yang tengah membutuhkan copywriter. Dengan ini saya menyampaikan ketertarikan saya untuk mengisi posisi tersebut.

Semasa kuliah di Universitas Luhur Jati saya pernah menjadi anggota Badan Eksekutif Mahasiswa dan terlibat langsung pada bagian publikasi. Untuk itu beberapa kali Saya telah menerbitkan karya tulisan di media cetak. Selain itu saya memiliki ketertarikan dengan dunia menulis dan proses kreatif di dalamnya. Maka dari itu, saya sangat tertarik dengan posisi copywriter di PT. ONYX Jaya.

Sebelumnya saya juga pernah bekerja di PT Mundur Selangkah sebagai Admin website dan ecommerce. Meski kurang berkaitan dengan dunia copywriter, namun pengalaman tersebut juga memberi saya banyak pelajaran dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab selama bekerja Saya yakin saya bisa berkembang bersama PT. ONYX Jaya melalui copy yang saya buat nantinya.

Bersama ini saya lampirkan CV dan portofolio karya saya yang bisa dijadikan pertimbangan untuk tahap seleksi selanjutnya. Saya sangat terbuka apabila ada hal yang ingin Anda tanyakan terkait lamaran ini.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya

Nelson Mahendra

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Dear, PT. Tambah Terus

Please allow me to introduce myself. My name is Javier Hanafi, I am a fresh graduate majoring in Telecommunication Engineering from Jakarta University. I saw job vacancies as Graphic designer for PT. Tambah Terus on LinkedIn & Pintarnya. Therefore, I am writing this email to apply for the position.

During my studies, I had experience as a Graphic designer for two years on PT. Sumber Sejahtera. In that experience, I taught material about typography,illustration, and video motion. In addition, I also have internship experience at PT Kirana Kurnia with the scope of work to integrate between Videography and editing photo.

I have attached the latest Curriculum Vitae, portofolio, and cover letter for your consideration. 

I hope to be able to join your company. Thank you for your time and attention. 

Regards, 

Javier hanavi

081277865492

javierhan@gmail.com

Contoh Body Email Lamaran Magang

Yth. Bapak Sukma Wardana, HRD PT. Kojima Sukses Indo

Perkenalkan saya Albert yakobu, Seorang mahasiswa jurusan DKV di Universitas Jiwa Tenang. Terdapat program dari Universitas tempat saya berkuliah untuk mengharuskan setiap mahasiswanya mengikuti praktek kerja lapangan di suatu perusahaan pada semester 5, oleh karena itu saya tertarik untuk mengajukan permohonan magang pada PT. Kojima Sukses Indo. Selama 4 semester berkuliah, saya aktif mengikuti berbagai kegiatan seperti organisasi, kepanitiaan, hingga pengalaman bekerja sama untuk beberapa project. Berbagai kegiatan tersebut cukup membantu untuk pengembangan kreativitas hingga melatih teamwork saya. Bersama dengan email ini juga saya lampirkan resume terbaru beserta portofolio yang berisi berbagai hasil kerja saya. Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca dan mempertimbangkan permohonan magang berikut, jika ada hal lain yang ingin diketahui saya akan sangat senang dan berharap Ibu dapat menghubungi pada kontak tertera berikut.

Hormat saya,

Albert Yakobu

Yakobualbert@gmail.com +6281234567890

Cari Lowongan kerja terpercaya dan jauh dari loker hoax hanya di Pintarnya. Pintarnya dapat menjadi aplikasi pencarian kerja paling diandalkan untuk Anda yang tengah mencari kerja. Ada begitu banyak perusahaan yang sebelumnya telah melalui verifikasi melalui sistem maupun tim profesional yang membuat semua lowongan kerja di Pintarnya terjamin keamanannya. Download aplikasi pintarnya disini atau kunjungi website pintarnya sekarang juga!

Bagikan Artikel: