10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh amplop lamaran kerja

Contoh Amplop Lamaran Kerja Sukses Lolos Pekerjaan

Untuk membuat lamaran yang baik dan benar, Anda perlu memulai dari contoh amplop lamaran kerja. Jika pada awal dokumen ini sudah salah, maka kemungkinan lamaran untuk dilihat saja sangat kecil.

Untuk itu, sangat penting dalam memperhatikan hal-hal kecil dalam mengirimkan lamaran pekerjaan. Hal ini berlaku khususnya untuk lamaran yang dikirimkan melalui pos secara fisik. Penulisan pada amplop menjadi salah satu penilaian untuk rekruter dalam memilih Anda.

Agar lamaran Anda berhasil lolos ke HRD, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan amplop lamaran yang Anda buat. Cara ini bisa membantu Anda dalam mengirimkan berkas lamaran dengan benar dan akurat.

Contoh Amplop Lamaran Kerja dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum melamar langsung ke perusahaan atau institusi, sebaiknya Anda mendapatkan contoh lamaran lengkap. Sekalipun isi amplopnya sangat menarik, risiko tidak diperiksa sangat tinggi karena adanya kekurangan pada bagian amplop. Jadi, berikut hal yang perlu diperhatikan.

  1. Mencantumkan Identitas Diri Lengkap

Salah satu contoh amplop lamaran kerja yang perlu diperhatikan adalah identitas diri. Identitas lengkap harus ditulis. Mulai dari nama hingga alamat perlu dicantumkan secara lengkap dan jelas.

Data ini diperlukan karena beberapa perusahaan mengirimkan file penawaran kerja atau surat penawaran langsung ke alamatnya. Jangan sampai ada kesalahan pengiriman hanya karena Anda salah atau bahkan tidak mencantumkan data diri lengkap Anda sendiri.

Lalu, selalu ingat untuk memasukkan alamat email dan informasi kontak Anda dalam bentuk nomor ponsel. Kedua hal ini juga sangat penting karena memudahkan perusahaan untuk menghubungi rekan kerja saat wawancara atau penerimaan.

Yang perlu dihindari adalah hanya menuliskan nama lengkap saja. Karena jumlah orang yang diterima di perusahaan terkadang sangat banyak. Jadi pemilihannya biasanya lebih spesifik dan mencari orang yang benar-benar cocok.

  1. Memasukan Kode Kualifikasi dan Jabatan

Contoh amplop lamaran kerja kedua adalah dengan memasukkan kode kualifikasi dan jabatan yang Anda lamar. Biasanya yang menggunakan kode-kode ini adalah BUMN atau Kementerian. Informasi ini juga biasanya dicantumkan pada pengumuman lowongan pekerjaan tersebut.

Pada umumnya, kode kualifikasi atau jabatan ini dicantumkan pada bagian pojok kanan atas amplop. Pencantuman kode ini sangat penting untuk memudahkan proses pemilihan penerima berkas ke HR. Karena tidak hanya puluhan yang melamar, bisa jadi ratusan pelamar yang datang.

Sehingga cara ini menjadi langkah mempersingkat perekrut untuk menyalurkan lamaran Anda pada bagian yang tepat. Jika tidak ada kode yang muncul di amplop lamaran, bisa jadi lamaran Anda terbuang sia-sia.

Selain itu, sebutkan secara spesifik posisi yang ingin Anda lamar. Ini dapat membuat menyelesaikan proses pencarian kerja lebih mudah.

  1. Mencantumkan Alamat Perusahaan Lengkap

Hal penting lainnya seperti contoh amplop lamaran kerja yang benar adalah pencantuman alamat perusahaan yang dilamar. Hal ini sangat sering dilupakan namun memberikan efek yang cukup penting dalam mengirimkan lamaran pekerjaan.

Dengan demikian, selalu ingat untuk memasukkan alamat perusahaan serta nama orang yang akan Anda hubungi. Biasanya bisa langsung menggunakan nama atau juga tulis tim rekrutmen atau HRD perusahaan.

Dengan cara ini, surat dapat diterima lebih cepat dan lebih jelas. Selain itu juga menunjukkan nilai kesopanan dan etika dalam berkirim surat. Memberikan alamat ini sangat penting jika dikirim melalui pos. Meskipun dikirim langsung ke perusahaan, Anda juga harus menyertakannya.

  1. Perhatikan Penempatan Masing-Masing Informasi

Penempatan informasi pada amplop juga menjadi salah satu contoh amplop lamaran kerja yang baik dan benar. Untuk data diri, Anda bisa menempatkannya pada bagian kiri atas amplop. Dengan demikian, rekruter akan lebih mudah mengetahui nama Anda di sana.

Sedangkan pada bagian kanan bawah, Anda harus menempatkannya sebagai alamat perusahaan tujuan Anda melamar. Jika terdapat kode jabatan, maka bisa ditempatkan pada bagian kanan atas bersebrangan dengan data diri Anda.

Dari beberapa hal di atas, jangan sampai ada yang terlewat. Karena amplop lamaran merupakan hal pertama yang terlihat. Jika menggunakan contoh amplop lamaran kerja terlalu sulit, maka Anda bisa mencoba beberapa lamaran kerja secara online yang mudah dan praktis.

Bagikan Artikel: