10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Menulis Subject Email Lamaran Kerja yang Benar

Mau melamar pekerjaan via email? Pastikan Anda sudah tahu cara menulis subject email lamaran kerja yang baik agar dilirik oleh HRD. Dengan menulis subject email dengan tepat, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan juga akan lebih besar.

Jaman dulu jika ingin melamar pekerjaan maka harus datang ke kantor secara langsung dengan membawa surat lamaran pekerjaan. Akan tetapi di era digital seperti sekarang ini, melamar pekerjaan menjadi lebih praktis, karena bisa dilakukan via email.

Saat ini ada banyak perusahaan yang memiliki melakukan rekrutmen karyawan secara online. Selain lebih praktis, cara ini juga memungkinkan perusahaan untuk memperoleh karyawan yang lebih kompeten karena jangkauan informasi lowongan pekerjaan lebih luas.

Dalam proses rekrutmen online ini, pelamar biasanya diminta untuk mengirimkan CV dan surat lamaran melalui email perusahaan. Setiap perusahaan biasanya juga memiliki kriteria subject email lamaran kerja tersendiri sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menulis subject email untuk lamaran kerja yang baik dan benar, ketahui dulu pentingnya subject email saat melamar kerja seperti berikut ini :

Pentingnya Subject Email untuk Melamar Kerja

Subject email merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh perusahaan saat ingin mengecek lamaran pekerja. Maka dari itu, hal ini memiliki pengaruh besar dalam menentukan apakah perusahaan akan membuka email Anda atau tidak.

Dengan mencantumkan subject email lamaran kerja, maka perusahaan akan mengetahui bahwa Anda memang melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Dengan begitu, kemungkinan email Anda akan dibuka dan diperiksa akan lebih besar.

Jika tidak mencantumkan subject email, kemungkinan besar perusahaan akan mengagapnya sebagai spam. Jadi jangan heran jika email Anda tidak akan pernah mendapatkan balasan karena memang diabaikan oleh perusahaan.

Saat melamar pekerjaan via email, jangan lupa untuk mencantumkan subject email dengan jelas. Cara ini akan memudahkan perusahaan menemukan lamaran Anda dan besar kemungkinan akan diundang untuk interview oleh perusahaan tersebut.

Tips dan Cara Menulis Subject Email Lamaran Kerja yang Tepat

Meski terlihat sepele, nyatanya menulis subject email saat melamar pekerjaan secara online memiliki pengaruh besar terhadap peluang diterima atau tidak oleh perusahaan. Maka dari itu, Anda perlu tahu cara menulis subject email untuk melamar kerja yang tepat agar dilirik oleh perusahaan.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menulis subject email untuk melamar kerja dengan tepat, ikuti tips berikut ini :

  1. Singkat dan Sederhana

Saat mengirim lamaran kerja via email ke perusahaan, usahakan untuk menulis subject email lamaran kerja secara singkat dan sederhana saja. Jika terlalu panjang atau bertele-tele, biasanya justru akan membuat perusahaan malas untuk membukanya.

Subject email yang singkat dan sederhana akan memudahkan perusahaan untuk menemukan dan  melihat email tersebut. Ada baiknya, tulis subject email tidak lebih dari 50 karakter untuk memudahkan penerima memahami isi dari email tersebut.

Salah satu contohnya seperti : Lamaran SEO Content Writer – (Nama Anda). Penulisan subject email seperti ini sangat disukai oleh perusahaan dan HRD karena memudahkan untuk mengenali tujuan dari email yang dikirimkan tersebut.

  1. Ikuti Instruksi

Saat menulis subject email lamaran kerja pastikan juga telah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh perusahaan. Biasanya setiap perusahaan telah menyediakan format pengiriman subject email pada pamflet lowongan pekerjaan yang disebarkan.

Jika sudah disediakan format pengiriman subject email, maka pastikan untuk mengikuti instruksi tersebut. Jangan sampai Anda membuat aturan subject email sendiri yang tidak sesuai dengan ketentuan perusahaan karena sudah pasti email tersebut akan diabaikan.

Penting sekali sebelum mengirim email lamaran kerja untuk memperhatikan instruksi yang telah diberikan oleh perusahaan. Hal ini karena setiap perusahaan biasanya memiliki ketentuan dan format pengiriman subject email yang berbeda-beda.

Selain memperhatikan beberapa tips di atas, saat mengirim email lamaran kerja pastikan gunakan bahasa formal. Selain itu, gunakan email profesional dengan nama asli Anda. Hal ini penting untuk menjaga kredibilitas dan profesionalitas Anda di mata perusahaan.

Perkembangan teknologi memang membuat Anda banyak hal bisa dilakukan dengan mudah termasuk melamar kerja. Akan tetapi jika ingin diterima perusahaan, pastikan tulis subject email lamaran kerja dengan benar.

Bagikan Artikel: