cara nego gaji via email

Cara Nego Gaji via Email Secara Efektif dan Meyakinkan

Tidak selalu saat interview, cara nego gaji via email juga banyak dicari calon pekerja yang baru mendapatkan pekerjaan. Mengingat pembahasan ini memang cukup krusial dan sensitif, sehingga tidak sembarangan dilakukan.

Namun tentu bukan hal salah kalau Anda melakukan negosiasi, mengingat terkadang tawaran diterima tidak sesuai harapan. Apalagi harusnya besar kecil gajinya dilihat dari berbagai faktor, termasuk keahlian dan produktifitas.

Maka untuk Anda yang hendak melakukannya, ada beberapa cara efektif untuk diterapkan. Meliputi cara penyampaian paling tepat, penggunaan data pendukung, hingga etika yang sebaiknya diterapkan.

Sertakan Kemampuan Hingga Tidak Perlu Sebut Nominal, Ini Dia Cara Nego Gaji via Email

Memulai dengan terima kasih hingga memperhatikan penggunaan bahasa menjadi salah satu hal yang sebaiknya diperhatikan. Termasuk juga sampaikan fakta dan kemampuan diri, berikut adalah detail cara negosiasi gaji dengan efektif.

1. Mulai dengan Terima Kasih atas Penawaran Kerja

Khusus Anda yang baru diterima pada suatu perusahaan, maka jangan lupa ucapkan terima kasih terlebih dahulu atas penawarannya. Selain merupakan etika dasar, perusahaan juga memperoleh kejelasan kalau Anda bersedia bergabung.

Namun perlu diingat, walaupun menyampaikan terima kasih dan lainnya, tetap tidak boleh terlalu bertele-tele. Setelahnya usahakan to the point, langsung ke pembahasan mengenai harapan gajinya.

2. Sampaikan Tawaran Sesuai Harapan dengan Bahasa Sopan

Perlu juga untuk membalas sesegera mungkin sebagai cara nego gaji via email yang tepat. Karenanya HRD perusahaan juga bisa sesegera mungkin menyampaikan ke pihak atasan.

Selain itu apabila memang sudah ada penawaran gajinya dan tidak sesuai, langsung beri penawaran yang diharapkan. Tentunya dengan bahasa sopan, penuh hormat, dan pastinya profesional.

Misalnya Anda memilih kalimat seperti, ‘apakah memungkinkan untuk mendiskusikan perihal yang terkait dengan rencana kompensasi gaji?’. Menggunakannya, maka dirasa cukup profesional untuk seorang calon pegawai.

Hindari kalimat menyinggung dan tidak sopan seperti, ‘karena pertimbangan gaji yang kecil, saya menolak penawaran kerja’. Karena pastinya tidak sopan dan pihak perusahaan bisa menilai negatif attitude Anda.

3. Lakukan Riset Mengenai Fakta Lapangan

Cara nego gaji via email yang seharusnya dilakukan di awal adalah melakukan riset dahulu. Riset apa yang diperlukan? Terutama fakta berapa rentang gaji rata-rata pekerja pada bidang Anda geluti.

Apabila negosiasi berlanjut, Anda bisa mengutip sumber dari hasil risetnya. Lebih baik kalau menggunakan informasi numerik mengenainya. Sehingga akurat dan pastinya efektif ketika dilakukan nego melalui email.

Menjadi salah satu kunci keberhasilan, jangan sampai nego tanpa menyertakan fakta dan alasan mendukung. Sudah pasti hindari membuat alasan bohong juga, saat perusahaan menanyakan alasannya.

Baca juga: Contoh Perencanaan Karir



4. Sampaikan Fakta Mengenai Kemampuan Diri 

Selain itu menyampaikan fakta mengenai kredibilitas diri sendiri menjadi cara nego gaji via email yang efektif berikutnya. Apabila Anda baru mendapat penawaran, sampaikan kemampuan pendukung jabatannya.

Ketika Anda pekerja lama, maka tambahkan dengan prestasi hingga produktivitas yang sudah dilakukan selama bekerja di perusahaan. Langkah ini bisa menambah daya tawar tinggi terhadap keinginan Anda naik gaji.

Bahkan cara ini juga bisa mendukung hal lain selain penawaran gaji loh! Dapat dipakai juga saat Anda menawarkan pilihan lain terhadap perusahaan, misalnya tambahan bonus, cuti, hingga keinginan kerja remote.

5. Tidak Perlu Sebutkan Nominal

Ketika Anda tidak ingin menjawab pertanyaan berapa nominal yang diinginkan, maka beri jawaban berupa keberatan dengan penawaran. Cara nego gaji via email ini bisa disertai dengan gaji sebelumnya apabila ada.

Kemudian tambahkan diskusi mengenai keuntungan lain apa yang bisa diberikan perusahaan. Barulah tentukan angka secara bersama, berapa nominal didapatkan kalau memutuskan bergabung berdasarkan pembahasan tersebut.

Sehingga tidak harus selalu menyebutkan nominal, melainkan bisa diskusikan dengan pihak perusahaan. Cara ini cukup efektif, karena menegaskan kalau Anda punya kualifikasi tepat untuk mendapatkan gaji rentang nominal tertentu.

Baca juga: Bolehkah kontrak kerja diputus sebelum waktunya

6. Contoh Email Negosiasi Gaji

Berikut adalah contoh cara nego gaji via email secara umum, yaitu mulai dengan ucapan terima kasih. ‘Terima kasih atas kesempatan yang diberikan perusahaan, sehingga Saya dapat sampai di tahap ini.’

Lanjutkan dengan ungkapan keberatan. ‘Namun mempertimbangkan pengalaman, kemampuan, serta dedikasi yang sudah saya lakukan. Saya merasa bahwa gaji dan kompensasi dari perusahaan masih kurang sesuai.’

Setelahnya Anda bisa menyertakan fakta hasil riset, baik kutipan maupun numerik. Berikut juga tulis lebih detail prestasi, kemampuan, serta dedikasi apa yang sudah Anda lakukan.

Pada dasarnya saat negosiasi harus dilakukan dengan kalimat jelas, profesional, dan sopan. Pastinya sertakan juga hasil riset dan fakta mengenai kemampuan diri sebagai cara nego gaji via email yang efektif.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!