10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Tepat

Bagi Anda yang sedang ingin melamar pekerjaan, penting untuk mempelajari contoh surat lamaran kerja. Ini penting, karena penulisan surat yang baik bisa meningkatkan peluang untuk diterima di sebuah perusahaan.

Surat lamaran kerja atau biasa disebut juga cover letter adalah surat formal yang dibuat untuk tujuan mencari pekerjaan. Cover letter sendiri ditujukan kepada pimpinan perusahaan maupun institusi tempat kerja.

Penulisan cover letters ini menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan para jobseeker. Karena hal inilah yang pertama kali akan dilihat HRD saat proses rekrutmen atau seleksi masuk.

Jika Anda termasuk para jobseeker dan belum paham mengenai pembuatan cover letters yang tepat, kami akan bagikan informasinya. Kami akan berikan tata penulisan yang tepat agar mampu mendongkrak peluang Anda untuk diterima.

Baca juga: Cara menuliskan pengalaman kerja di CV dengan baik

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat guna menjelaskan ketertarikan Anda terhadap sebuah lowongan pekerjaan yang dikemas dalam sebuah surat agar Anda dapat diterima bekerja di jabatan dan perusahaan tersebut. Umumnya surat lamaran kerja juga dikenal dengan sebutan application letter.

Kapan Surat Lamaran Kerja Perlu Dibuat?

Saat Anda hendak melamar kerja, dokumen terpenting yang dapat Anda sertakan adalah surat lamaran kerja. Lantas kapan surat lamaran kerja tersebut dibutuhkan?

1. Saat Hendak Melamar Pekerjaan Ke Sebuah Perusahaan

Dengan adanya surat lamaran kerja, Anda dapat menjelaskan secara singkat terkait dengan keahlian dan pengalaman yang Anda miliki yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan yang ingin Anda lamar.

2. Saat Anda Hendak Menjelaskan Minat Terhadap Sebuah Posisi Yang Hendak Anda Lamar

Saat Anda merasakan ketertarikan terhadap sebuah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill yang Anda miliki, tak ada salahnya untuk mempersiapkan surat lamaran kerja yang terbaik untuk dapat menunjukan minat Anda terhadap lowongan pekerjaan tersebut kepada recruiter.

Format Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja

Ketika sebuah perusahaan membuka lowongan, pendaftar pastinya akan berjumlah ribuan bahkan lebih. Maka dari itu, pembuatan cover letter yang bagus bisa jadi salah satu senjata Anda.

Sebelum mulai membuat suratnya, tentu penting untuk Anda memahami format penulisan yang tepat. Berikut adalah format penulisan cover letters untuk melamar kerja yang baik dan benar.

1. Tempat dan tanggal penulisan

Pertama, pastikan untuk menuliskan tempat dan tanggal penulisan suratnya. Informasi ini bisa Anda tuliskan pada bagian pojok kanan atas cover letters dan pastikan penulisannya sesuai kaidah yang benar.

2. Tujuan serta nama perusahaan/institusi

Kemudian tuliskan nama penerima, bisa subjek ataupun perusahaan. Contoh surat lamaran kerja untuk penerima subjek tertentu, bisa pakai “Yth”, jika perusahaan maka bisa langsung menuliskan “Kepada”.

Pada bagian ini, penting untuk diperhatikan penulisan nama orang (jika penerima adalah subjek tertentu) maupun perusahaan. Jangan sampai melakukan kesalahan, baik penulisan nama, jabatan maupun perusahannya.

3. Salam pembuka

Setelah itu, mulailah menulis salam pembuka, contohnya menuliskan “Dengan hormat”. Lanjutkan dengan membuat kata pengantar, jelaskan mengenai informasi lowongan dan posisi yang Anda kehendaki.

Pada bagian kata pengantar, pastikan untuk membuatnya simple dan tidak berbelit-belit. Fokuskan pada informasi utama yang ingin Anda sampaikan, pakai bahasa yang efektif.

4. Data diri

Kemudian, format berikutnya pada contoh surat lamaran kerja adalah menuliskan data diri. Bagian ini tentunya sangat penting, karena berkaitan dengan data diri Anda sendiri, jangan sampai salah penulisan.

Untuk data-data diri yang harus dituliskan pada cover letters itu ada beberapa. Mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, pendidikan terakhir dan nomor kontak/hp.

5. Pengalaman kerja/keahlian

Kemudian, job seeker bisa menuliskan tentang pengalaman kerja ataupun keahlian lainnya. Anda dapat menuliskan keahlian baik itu softskill maupun hardskill pada bagian ini.

Utamakan menuliskan keahlian yang Anda rasa akan berguna bagi perusahaan. Misalnya saja keahlian seperti microsoft excel, bahasa inggris dan lain sebagainya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda adalah fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, bisa cantumkan pengalaman lain. Misalnya pengalaman ikut organisasi, pengalaman magang ataupun PKL, ini bisa jadi nilai tambah.

6. Lampiran

Kemudian, job seeker bisa menuliskan juga lampiran. Lampiran yang biasa dipakai adalah seperti daftar riwayat hidup atau CV, foto copy KTP, foto copy ijazah/transkrip nilai, pas foto hingga sertifikat-sertifikat.

Karena Anda juga akan melampirkan CV, maka saat penulisan pengalaman kerja/keahlian, jangan terlalu over. Tuliskan secara ringkas dan menarik sehingga tidak sama seperti yang tertulis di CV.

7. Penutup

Masuk pada bagian terakhir dari contoh surat lamaran kerja yakni penutup surat. Pada bagian ini, Anda dapat menuliskan tentang harapan besar agar bisa diterima dan bekerja di perusahaan tersebut.

Akan tetapi, pastikan untuk tetap menuliskannya secara efisien dan tidak berlebihan. Ini penting untuk tetap menjaga citra Anda di mata perusahaan. Jangan lupa untuk ucapkan terima kasih di bagian paling akhir.

Akhiri dengan menuliskan hormat saya dan menyertakan tanda tangan serta nama lengkap Anda. Ingat, jangan sampai lupa untuk menyertakan tanda tangan di bagian ini.

Baca juga: Contoh CV Simple Namun Menarik Perhatian

Tips agar Surat Lamaran Dilirik HRD

Surat lamaran kerja harus dibuat sebaik mungkin untuk menarik minat recruiter dan HRD. Untuk itu, Anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut agar recruiter tertarik dengan surat lamaran kerja yang Anda buat!

1. Buat Kesan Yang Menggambarkan Jika Anda Orang Yang Jujur dan Profesional

Surat lamaran kerja menjadi sarana untuk seorang recruiter memiliki gambaran terhadap calon kandidat yang melamar dalam posisi tersebut. Untuk itu, dalam surat lamaran kerja tersebut, Anda wajib memberikan kesan terbaik kepada recruiter agar surat lamaran kerja yang Anda buat dapat menarik perhatian mereka. 

Berikan kesan jika Anda merupakan pribadi yang jujur dan seorang yang profesional, namun Anda juga mesti menghindari penggunaan kata yang berlebihan dan membuat kesan tidak wajar di surat lamaran kerja yang Anda buat.

2. Beritahu Dari Mana Anda mendapatkan Lowongan Pekerjaan Tersebut

Umumnya, recruiter akan menggunakan banyak saluran untuk mempromosikan sebuah lowongan pekerjaan yang tengah dibuka. Untuk itu, penting bagi seorang calon kandidat dalam menuliskan sumber informasi dimana Anda mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini penting karena recruiter dapat menilai saluran mana yang dinilai efektif dalam mempromosikan lowongan tersebut.

3. Jelaskan Alasan Kenapa Anda Tertarik Dengan Lowongan Pekerjaan Tersebut

Tonjolkan pengalaman dan skill yang kamu miliki dalam point yang satu ini. Pasalnya, alasan paling tepat yang bisa Anda gunakan dalam menjawab pertanyaan tersebut adalah skill dan kemampuan. Berikan kesan kepada recruiter jika Anda memiliki skill dan pengalaman sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Buat Surat Lamaran Padat Singkat & Jelas

Buat surat lamaran kerja yang padat singkat namun jelas dapat menjadi nilai tambah dalam surat lamaran kerja yang Anda buat. Cukup hanya dengan mencantumkan informasi apa saja yang Anda tawarkan ke perusahaan yang Anda dilamar. Spesifikasikan informasi tersebut ke arah kemampuan dan skill yang Anda miliki yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan tersebut, dengan begitu 

5. Hindari Format Penulisan Yang Berantakan

Format penulisan menjadi hal terpenting yang tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya recuiter akan melihat penulisan surat lamaran kerja Anda dengan cepat dan terstruktur. Untuk itu, Anda wajib memahami format penulisan surat lamaran kerja dengan benar.

Apa Saja Yang Perlu Dilampirkan Dalam Surat Lamaran Kerja

Dalam membuka lowongan pekerjaan, perusahaan akan memberikan kualifikasi dan persyaratan tertentu untuk menjadi filter bagi calon kandidat dalam melamar pekerjaan tersebut. Tentunya filter tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Untuk memberikan penjelasan lebih lengkap dalam surat lamaran kerja yang dibuat, Anda dapat mencantumkan beberapa hal berikut:

  1. Pas foto (foto terbaru)
  2. Fotokopi KTP
  3. Daftar riwayat hidup atau Curiculum Vitae (CV)
  4. Fotokopi ijazah terakhir

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbagai Profesi Dan Keperluan

Kunci dari pembuatan surat lamaran kerja adalah menuliskannya dengan baik, hindari typo dan buat penulisan yang tidak berlebihan. Dengan contoh surat lamaran kerja yang baik, pastinya mampu meningkatkan peluang Anda untuk diterima.

Contoh Surat Lamaran Kerja Biasa

Contoh Surat Lamaran Kerja Biasa

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT

Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT

Contoh Surat Lamaran Kerja Word

Contoh Surat Lamaran Kerja Word

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Toko

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Toko

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik

Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Singkat

Contoh Surat Lamaran Kerja Singkat

Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart

Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart

Contoh Surat Lamaran Kerja Satpam

Contoh Surat Lamaran Kerja Satpam

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Restoran

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Restoran

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK

Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek

Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek

Contoh Surat Lamaran Kerja Barista

Contoh Surat Lamaran Kerja Supir Atau Driver

Contoh Surat Lamaran Kerja Supir Atau Driver

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai SPG

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai SPG

Contoh Surat Lamaran Kerja Freelance/Part Time

Contoh Surat Lamaran Kerja Freelance/Part Time

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Chef

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Chef

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Staf Manager

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Staf Manager

Itu tadi beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda gunakan sebagai referensi pembuatan untuk berbagai keperluan dan profesi. Dengan surat lamaran kerja yang baik, Anda dapat membuat kesempatan untuk lolos ke tahap berikutnya lebih besar!

Kembangkan karirmu sekarang juga dengan ribuan lowongan kerja yang ada di Pintarnya. Dapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, keahlian hingga daerah yang tersedia di hampir seluruh Indonesia. Gunakan filter yang tersedia di aplikasi pintarnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Tunggu Apalagi? Coba pintarnya sekarang juga dengan download dan kunjungi websitenya disini!

Bagikan Artikel: