10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Ini Dia Kesalahan Fresh Graduate yang Sering Dilakukan

Saat pertama kali tentu akan ada kesalahan fresh graduate yang sering dilakukan. Karena dunia kerja menjadi impian oleh semua orang fresh graduate atau memang belum memiliki pengalaman. 

Karena belum ada pengalaman, sehingga kerja menjadi langkah awal dari karir yang cemerlang. Sebenarnya melakukan sedikit kesalahan mungkin beberapa orang akan memakluminya, tetapi hal ini sebaiknya dihindari.

Karena biasanya, perusahaan akan melihat karakter Anda melalui pengenalan awal yang biasanya Anda kirimkan yaitu CV. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dan menghindari kesalahan untuk mendapat pekerjaan impian.

Sehingga baik kesalahan sebelum kerja atau sudah menjadi karyawan baru maka harus memperhatikan hal-hal yang dihindari. Begitu juga dengan skill wajib dimiliki oleh semua orang terutama belum memiliki pengalaman.

Kesalahan Fresh Graduate yang Sering Dilakukan

Kesalahan fresh graduate yang sering dilakukan kadang ada yang beranggapan hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Sehingga, tidak memperhatikan hal-hal yang sebaiknya dijaga supaya berhasil bekerja di perusahaan.

Kesalahan memang tidak dapat dihindari oleh orang yang belum memiliki pengalaman, namun bisa Anda perkecil. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan, karena itu akan berpengaruh terhadap jenjang karirnya.

Berikut ini hal sudah sering dilakukan para seseorang belum memiliki pengalaman kerja yaitu tidak memiliki rencana karir. Kemudian membuat CV apa adanya, terlalu berekpektasi tinggi, serta hanya menunggu.

Menjadi kesalahan fresh graduate sering sekali dilakukan adalah tidak memiliki rencana karir. Misalnya Anda memilih pekerjaan dengan coba-coba padahal bukan di bidangnya. Hal ini harus dihindari oleh beberapa orang.

Sehingga sebaiknya Anda memiliki target karir dahulu, supaya nanti memilih pekerjaan sesuai mendukung karir kedepan. Hal ini akan mudah dilakukan, dengan begitu tidak akan meminimalisir kesalahan.

Hal yang sebaiknya dihindari dan sering dilakukan oleh pekerja baru adalah membuat CV atau curriculum vitae seadanya. Karena CV juga memiliki aturan dan estetika, sehingga buat sesuai aturannya.

Karena CV tersebut akan dibaca HRD perusahaan, sehingga apabila dibuat apa adanya maka curriculum vitae Anda bisa diabaikan. Maka dari itu buat yang jelas, tidak bertele-tele serta informatif.

Memiliki ekspektasi yang tinggi, misalnya saat dilakukan interview maka Anda dapat menjawab sesuai skill yang dikuasai. Serta jangan minta gaji yang memang di luar gaji standar dari fresh graduate pada perusahaan.

Kesalahan fresh graduate yang sering dilakukan yaitu hanya menunggu pekerjaan tanpa ada usaha. Sehingga saat menunggu panggilan, lebih baik untuk meningkatkan keahlian dengan cara magang dahulu.

Skill yang Sebaiknya Dimiliki Fresh Graduate

Tentunya Anda sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, kini saatnya mencari pekerjaan sejalan dengan jurusan. Karena apabila Anda melamar di pekerjaan yang bidang sama dengan jurusan maka menjadi poin tambahan.

Berikut skill harus dimiliki agar terhindar dari kesalahan fresh graduate yang sering dilakukan saat bekerja. Komunikasi harus baik, memiliki problem solving yang bagus serta kemampuan dalam bekerja mandiri atau tim.

Berkuliah tentu komunikasi sering diasah baik formal atau non formal di kelas maupun organisasi. Hal ini juga perlu dimiliki oleh semua orang untuk dipekerjaan nantinya.

Bahkan komunikasi sangat membantu saat diperuntukkan menyelesaikan pekerjaan. Sehingga hal ini bisa juga meminimalisir kesalahan fresh graduate yang sering dilakukan saat sudah bekerja di suatu perusahaan.

Di dunia kerja tentu Anda akan berhadapan dengan masalah yang memang diharapkan bisa diselesaikan dengan baik dan cepat. Hal tersebut penting bagi perusahaan, sehingga kemampuan ini wajib dimiliki.

Memiliki problem solving baik maka Anda dapat melihat masalah dari beberapa sudut pandang, serta menganalisa permasalahan. Apabila tidak bisa maka Anda gampang untuk melakukan sebuah kesalahan.

Saat berada di dunia kerja selain bisa menyelesaikan masalah, namun juga mampu melakukan pekerjaan secara mandiri atau tim. Karena nanti bukan hanya tugas biasa diberikan, namun tugas pekerjaan lain.

Lalu kepemimpinan, walaupun nantinya Anda tidak menjadi manajer ataupun supervisor, namun kemampuan kepemimpinan ini penting. Karena bagi fresh graduate yang tidak memiliki keahlian ini maka akan sulit beradaptasi dengan pekerjaan.

Sesuatu hal yang dilakukan dengan target dan hati-hati tentu akan lebih baik, sehingga jangan asal-asalan. Sehingga sebaiknya untuk menghindari kesalahan fresh graduate yang sering dilakukan.

Bagikan Artikel: