surat lamaran kerja desain grafis

Contoh Surat Lamaran Kerja Desain Grafis untuk Fresh Graduate

Cara membuat surat lamaran kerja desain grafis ini banyak dicari. Sebab, di era yang serba digital ini sebagian besar perusahaan menjalankan digital marketing atau untuk membangun personal branding dengan melalui online.

Fakta tersebut membuat tenaga kerja visual di dunia kerja sangat dibutuhkan. sehingga banyak sekali lowongan desain grafis yang kerap muncul di berbagai iklan. Kegiatan digital marketing sendiri sering dilakukan oleh perusahaan startup.

4 Hal Penting dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Desain Grafis

Sebelum membahas surat lamaran kerja desain grafis, alangkah baiknya jika mengetahui hal penting apa saja yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan. Sebab, jika Anda salah dalam menulis, bisa menjadi salah satu penyebab Anda tidak lolos screening pihak perekrut.

1. Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Dalam melamar pekerjaan pastikan Anda membuat surat lamaran dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Apabila Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia baku dan yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

2. Nama Perusahaan yang Anda Tuju

Dalam surat lamaran kerja desain grafis jangan lupa untuk mencantumkan nama perusahaan yang nantinya akan Anda lamar. Anda bisa menuliskan informasi tersebut pada surat lamaran kerja, seperti ‘Kepada HRD Perusahaan Metalik di Tempat’.

Baca juga: Kesalahan Fresh Graduate yang Sering Dilakukan

3. Memberi Informasi Data Diri

Hal penting yang harus ada dalam surat lamaran kerja adalah perihal data diri. Anda bisa mencantumkan informasi pribadi, meliputi nama, pendidikan terakhir, nomor telepon, dan juga alamat.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan informasi lainnya pada CV tersebut. sebagai contohnya adalah tentang alamat email dan juga tempat tanggal lahir.



4. Terdapat Informasi Perihal Dokumen yang Dilampirkan

Hal yang tidak boleh terlewat ketika membuat surat lamaran kerja adalah dengan mencantumkan informasi tentang dokumen apa saja yang akan Anda lampirkan. Beberapa dokumen tersebut seperti, pas foto, fotocopy ijazah, dan yang lainnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Desain Grafis untuk yang Berpengalaman

Untuk Anda yang hendak melamar kerja sebagai desain grafis, maka Anda harus bisa meyakinkan perekrut melalui berkas-berkas yang dikirim. Salah satu caranya adalah dengan membuat curriculum vitae yang baik. Selain CV tentunya surat lamaran kerja juga harus menarik.

Untuk meyakinkan merekrut, Anda bisa memasukkan beberapa pengalaman kerja yang Anda peroleh dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Namun, jangan salah pengalaman yang Anda cantumkan adalah pengalaman yang sesuai dengan yang diminta.

Sebab, dengan pengalaman tersebut akan memperkuat profil dan membuat perekrut tertarik dengan lamaran Anda. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja desain grafis untuk Anda yang sudah berpengalaman.

Yth. Manager HRD PT. Mandiri Kreatif

Indonesia Jl. Panglima Sudirman No. 57

Surabaya

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja desain grafis yang tertera pada sosial media PT. Mandiri Kreatif pada 20 Desember 2022, saya tertarik dan berniat untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut. Berikut adalah data diri saya.

Nama : Muhammad Ali Ramadhan

Alamat : Gang. IV Jl. RA. Kartini No. 70 Surabaya, Indonesia.

Pendidikan Terakhir : S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Padjadjaran

Nomor Handphone : 085749000361

Email : MaliRa@gmail.com

Saya sudah berpengalaman sebagai desain grafis dan juga menangani urusan media sosial di beberapa perusahaan, seperti Lazada, Grab, dan Gojek. Selain itu saja juga sebagai desain grafis kaun pribadi CEO Gojek dan aktris Tamara dengan jumlah pengikut yang sudah mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

Saya juga seseorang yang memiliki motivasi yang tinggi, yaitu berkembang dan kemampuan komunikasi yang mumpuni, baik secara pribadi atau secara tim. Dengan maksud melengkapi data yang dibutuhkan, berikut saya lampirkan kelengkapan data yang diperlukan:

1. Daftar riwayat hidup (CV)

2. Fotokopi Ijazah terakhir

3. Fotokopi sertifikat pelatihan

4. Pas foto ukuran 3×4

Besar harapan saya untuk dipanggil agar bisa mengikuti tahap wawancara. Sehingga bisa menjelaskan potensi dan kemampuan yang saya miliki secara lebih jelas.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya mengucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

(TTD pelamar)

Muhammad Ali Ramadhan

Dalam membuat surat bagi Anda yang belum berpengalaman, Anda bisa mencantumkan pengalaman ketika magang. Namun, Anda juga diperbolehkan tidak melampirkan pengalaman kerja dengan menyertakan fresh graduate atau belum berpengalaman dalam surat lamaran kerja desain grafis. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!